Rabu, 15 Oktober 2025

STS kelas 4 Fatimah Az-Zahra kamis 16 Oktober 2025

 

Materi Ajar      : Kamis 16 Oktober 2025

Hari/Tanggal  : Kamis 16  Oktober 2025

Kelas                : IV Fatimah Az Zahra

 

A cartoon of a child and a child giving thumbs up

AI-generated content may be incorrect.


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.

 

🏫 KISI-KISI STS GANJIL PJOK KELAS 4

Satuan Pendidikan: SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Tahun Pelajaran: 2025 / 2026


1. Lingkup Materi:

Aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor (berjalan, berlari, melompat, meluncur).
Contoh Soal:
Gerakan yang termasuk lokomotor adalah...
A. Mengayunkan tangan
B. Berjalan maju
C. Memutar badan
D. Mengangguk kepala


2. Lingkup Materi:

Koordinasi dan keseimbangan dalam gerak lokomotor.
Contoh Soal:
Saat berlari zig-zag, bagian tubuh yang berperan penting untuk menjaga keseimbangan adalah...
A. Tangan dan kaki
B. Kepala dan mata
C. Kaki dan pinggul
D. Tangan dan lutut


3. Lingkup Materi:

Karakteristik gerak lokomotor.
Contoh Soal:
Gerakan melompat termasuk gerak lokomotor karena...
A. Dilakukan di tempat
B. Tidak berpindah tempat
C. Mengubah posisi tubuh dan berpindah tempat
D. Menggerakkan tangan saja


4. Lingkup Materi:

Analisis kombinasi gerak lokomotor.
Contoh Soal:
Saat bermain lompat tali, gerakan yang dominan dilakukan adalah...
A. Menendang dan memutar
B. Melompat dan mengayun
C. Menarik dan menekuk
D. Berjalan dan menendang


5. Lingkup Materi:

Aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor (membungkuk, memutar, meregangkan, mengayun).
Contoh Soal:
Gerakan nonlokomotor ditandai dengan...
A. Tubuh berpindah tempat
B. Tubuh tetap di tempat
C. Melibatkan bola atau alat
D. Dilakukan dengan cepat


6. Lingkup Materi:

Manfaat dan penerapan gerak nonlokomotor.
Contoh Soal:
Gerakan membungkuk menyentuh ujung kaki bermanfaat untuk...
A. Melatih kekuatan tangan
B. Melatih kelincahan
C. Melatih kelenturan tubuh
D. Melatih kecepatan lari


7. Lingkup Materi:

Urutan dan kombinasi gerak nonlokomotor.
Contoh Soal:
Urutan gerak yang paling efisien saat melakukan peregangan adalah...
A. Mengangkat tangan – membungkuk – memutar badan
B. Melompat – menekuk lutut – duduk
C. Berlari – berhenti – memutar tangan
D. Menendang – menarik – membungkuk


8. Lingkup Materi:

Pemanasan dan pencegahan cedera.
Contoh Soal:
Mengapa kita perlu melakukan pemanasan sebelum berolahraga?
A. Agar cepat selesai
B. Agar tubuh menjadi kaku
C. Agar tubuh siap dan terhindar dari cedera
D. Agar cepat lelah


9. Lingkup Materi:

Aktivitas variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif (melempar, menangkap, menendang, memukul).
Contoh Soal:
Gerakan menangkap bola termasuk gerak...
A. Lokomotor
B. Nonlokomotor
C. Manipulatif
D. Relaksasi


10. Lingkup Materi:

Akurasi dan koordinasi gerak manipulatif.
Contoh Soal:
Saat melempar bola ke sasaran, hal yang perlu diperhatikan adalah...
A. Kekuatan kaki
B. Arah pandangan mata ke sasaran
C. Warna bola
D. Posisi teman


11. Lingkup Materi:

Prosedur dan tahapan gerak manipulatif.
Contoh Soal:
Urutan yang benar dalam menendang bola adalah...
A. Berdiri tegak – menendang – lari
B. Melangkah – ayunkan kaki – sentuh bola
C. Melompat – berputar – menendang
D. Jongkok – berdiri – tendang bola


12. Lingkup Materi:

Klasifikasi dan kategori gerak dasar.
Contoh Soal:
Gerakan “berlari sambil membawa bola” termasuk kombinasi dari...
A. Lokomotor dan nonlokomotor
B. Lokomotor dan manipulatif
C. Nonlokomotor dan manipulatif
D. Nonlokomotor dan keseimbangan


13. Lingkup Materi:

Kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.
Contoh Soal:
Dalam permainan “bola tangan”, terdapat kombinasi gerak...
A. Melompat, berlari, dan melempar
B. Menunduk, duduk, dan berdiri
C. Melompat, jongkok, dan berputar
D. Menendang, menunduk, dan melambai


14. Lingkup Materi:

Analisis kombinasi gerak dalam permainan.
Contoh Soal:
Gerakan yang tidak termasuk dalam permainan sepak bola adalah...
A. Menendang bola
B. Menangkap bola
C. Berlari mengejar bola
D. Menggiring bola


15. Lingkup Materi:

Kesimpulan analisis gerak dasar.
Contoh Soal:
Saat melakukan jalan cepat, kemampuan tubuh yang paling dilatih adalah...
A. Kelincahan
B. Keseimbangan
C. Kekuatan
D. Koordinasi


16. Lingkup Materi:

Pemahaman konseptual dan aplikatif gerak dasar.
Contoh Soal (Uraian):
Sebutkan perbedaan antara gerak lokomotornonlokomotor, dan manipulatif, serta berikan masing-masing satu contoh!

 

KISI-KISI SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS)

SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2025/2026

 

Satuan Pendidikan                             : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung

Kelas / Semester / Fase    : IV / 1 / B

Mata Pelajaran                       : Matematika

Jumlah Soal                             : 40 Soal 

Tahun Pelajaran                    : 2025/2026

 

No

Kompetensi Dasar / Tujuan Pembelajaran

Indikator Soal

Nomor Soal

Bentuk Soal

Level Kognitif

1

Membaca dan menulis bilangan cacah sampai 10.000

Menuliskan lambang bilangan dari bentuk kata

1

Pilihan Ganda

C1

2

Menentukan urutan bilangan cacah

Menentukan bilangan sebelum dan sesudah

2, Isian 1

Pilihan Ganda, Isian

C2

3

Menentukan nilai tempat dan nilai angka

Menentukan nilai tempat angka dalam bilangan

3, 4, Isian 2

Pilihan Ganda, Isian

C1

4

Membandingkan bilangan cacah sampai 10.000

Menggunakan tanda <, >, = untuk membandingkan bilangan

5, Isian 4

Pilihan Ganda, Isian

C2

5

Mengurutkan bilangan cacah

Menyusun bilangan dari terbesar atau terkecil

6, Essay 2

Pilihan Ganda, Essay

C3

6

Komposisi dan dekomposisi bilangan cacah

Menyusun bilangan ke dalam bentuk ribuan, ratusan, puluhan, satuan

7, 8, Essay 1

Pilihan Ganda, Essay

C2

7

Melakukan operasi penjumlahan bilangan cacah sampai 1.000

Menyelesaikan penjumlahan langsung dan soal cerita

9, 11, Isian 5, Essay 3

Pilihan Ganda, Isian, Essay

C3

8

Melakukan operasi pengurangan bilangan cacah sampai 1.000

Menyelesaikan pengurangan dan soal cerita

10, 12, Isian 6

Pilihan Ganda, Isian

C3

9

Melakukan operasi perkalian bilangan cacah sampai 100

Menghitung hasil perkalian dan soal cerita sederhana

13, 14, 15, Isian 7, Essay 5

Pilihan Ganda, Isian, Essay

C3

10

Melakukan operasi pembagian bilangan cacah sampai 100

Menyelesaikan pembagian dan soal kontekstual

16, 17, 18, Isian 8

Pilihan Ganda, Isian

C3

11

Menentukan faktor suatu bilangan

Menuliskan faktor dari bilangan tertentu

19, 20, 23, Isian 9, Essay 4

Pilihan Ganda, Isian, Essay

C4

12

Menentukan kelipatan suatu bilangan

Menuliskan kelipatan dari bilangan tertentu

21, 22, Isian 10

Pilihan Ganda, Isian

C2

13

Menggabungkan operasi hitung campuran

Menyelesaikan soal penjumlahan, pengurangan, dan perkalian campuran

24, 25, Essay 3

Pilihan Ganda, Essay

C4

 

 

Mengetahui,                                                                    Bandar Lampung,  Oktober 2025 

 Kepala   SD Al-Azhar 1                                                  Guru Kelas IV (Empat)

 

 

 Achmad Zailani,S.Kom., S.Pd.                                                   Dessy Puji Astuti S.Pd.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Remedial dan Pengayaan kelas 4 Fatimah Az-Zahra Rabu 10 Desember 2025

  Materi Ajar      : Rabu 10 Desember 2025 Hari/Tanggal  : Rabu 10 Desember  2025 Kelas                : IV Fatimah Az Zahra   Assalamu'...