Materi
Ajar : Kamis 16 Oktober 2025
Hari/Tanggal :
Kamis 16 Oktober 2025
Kelas
: IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum
warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar
anak sholih sholihah…
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari
kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan
diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan
lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu,
murojaah, sholat sunah Dhuha.
🏫 KISI-KISI STS GANJIL PJOK KELAS 4
Satuan
Pendidikan: SD
Al Azhar 1 Bandar Lampung
Tahun Pelajaran: 2025 / 2026
1.
Lingkup Materi:
Aktivitas
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor (berjalan,
berlari, melompat, meluncur).
Contoh Soal:
Gerakan yang termasuk lokomotor adalah...
A. Mengayunkan tangan
B. Berjalan maju
C. Memutar badan
D. Mengangguk kepala
2.
Lingkup Materi:
Koordinasi
dan keseimbangan dalam
gerak lokomotor.
Contoh Soal:
Saat berlari zig-zag, bagian tubuh yang berperan penting untuk menjaga
keseimbangan adalah...
A. Tangan dan kaki
B. Kepala dan mata
C. Kaki dan pinggul
D. Tangan dan lutut
3.
Lingkup Materi:
Karakteristik
gerak lokomotor.
Contoh Soal:
Gerakan melompat termasuk gerak lokomotor karena...
A. Dilakukan di tempat
B. Tidak berpindah tempat
C. Mengubah posisi tubuh dan berpindah tempat
D. Menggerakkan tangan saja
4.
Lingkup Materi:
Analisis
kombinasi gerak lokomotor.
Contoh Soal:
Saat bermain lompat tali, gerakan yang dominan dilakukan adalah...
A. Menendang dan memutar
B. Melompat dan mengayun
C. Menarik dan menekuk
D. Berjalan dan menendang
5.
Lingkup Materi:
Aktivitas
variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor (membungkuk,
memutar, meregangkan, mengayun).
Contoh Soal:
Gerakan nonlokomotor ditandai dengan...
A. Tubuh berpindah tempat
B. Tubuh tetap di tempat
C. Melibatkan bola atau alat
D. Dilakukan dengan cepat
6.
Lingkup Materi:
Manfaat
dan penerapan gerak nonlokomotor.
Contoh Soal:
Gerakan membungkuk menyentuh ujung kaki bermanfaat untuk...
A. Melatih kekuatan tangan
B. Melatih kelincahan
C. Melatih kelenturan tubuh
D. Melatih kecepatan lari
7.
Lingkup Materi:
Urutan
dan kombinasi gerak nonlokomotor.
Contoh Soal:
Urutan gerak yang paling efisien saat melakukan peregangan adalah...
A. Mengangkat tangan – membungkuk – memutar badan
B. Melompat – menekuk lutut – duduk
C. Berlari – berhenti – memutar tangan
D. Menendang – menarik – membungkuk
8.
Lingkup Materi:
Pemanasan
dan pencegahan cedera.
Contoh Soal:
Mengapa kita perlu melakukan pemanasan sebelum berolahraga?
A. Agar cepat selesai
B. Agar tubuh menjadi kaku
C. Agar tubuh siap dan terhindar dari cedera
D. Agar cepat lelah
9.
Lingkup Materi:
Aktivitas
variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif (melempar,
menangkap, menendang, memukul).
Contoh Soal:
Gerakan menangkap bola termasuk gerak...
A. Lokomotor
B. Nonlokomotor
C. Manipulatif
D. Relaksasi
10.
Lingkup Materi:
Akurasi
dan koordinasi gerak manipulatif.
Contoh Soal:
Saat melempar bola ke sasaran, hal yang perlu diperhatikan adalah...
A. Kekuatan kaki
B. Arah pandangan mata ke sasaran
C. Warna bola
D. Posisi teman
11.
Lingkup Materi:
Prosedur
dan tahapan gerak manipulatif.
Contoh Soal:
Urutan yang benar dalam menendang bola adalah...
A. Berdiri tegak – menendang – lari
B. Melangkah – ayunkan kaki – sentuh bola
C. Melompat – berputar – menendang
D. Jongkok – berdiri – tendang bola
12.
Lingkup Materi:
Klasifikasi
dan kategori gerak dasar.
Contoh Soal:
Gerakan “berlari sambil membawa bola” termasuk kombinasi dari...
A. Lokomotor dan nonlokomotor
B. Lokomotor dan manipulatif
C. Nonlokomotor dan manipulatif
D. Nonlokomotor dan keseimbangan
13.
Lingkup Materi:
Kombinasi
gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.
Contoh Soal:
Dalam permainan “bola tangan”, terdapat kombinasi gerak...
A. Melompat, berlari, dan melempar
B. Menunduk, duduk, dan berdiri
C. Melompat, jongkok, dan berputar
D. Menendang, menunduk, dan melambai
14.
Lingkup Materi:
Analisis
kombinasi gerak dalam permainan.
Contoh Soal:
Gerakan yang tidak termasuk dalam permainan sepak bola adalah...
A. Menendang bola
B. Menangkap bola
C. Berlari mengejar bola
D. Menggiring bola
15.
Lingkup Materi:
Kesimpulan
analisis gerak dasar.
Contoh Soal:
Saat melakukan jalan cepat, kemampuan tubuh yang paling dilatih adalah...
A. Kelincahan
B. Keseimbangan
C. Kekuatan
D. Koordinasi
16.
Lingkup Materi:
Pemahaman
konseptual dan aplikatif gerak dasar.
Contoh Soal (Uraian):
Sebutkan perbedaan antara gerak lokomotor, nonlokomotor,
dan manipulatif, serta berikan masing-masing satu contoh!
KISI-KISI
SOAL SUMATIF
TENGAH SEMESTER
(STS)
SEMESTER
1 TAHUN AJARAN 2025/2026
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung
Kelas / Semester / Fase :
IV
/ 1 / B
Mata Pelajaran : Matematika
Jumlah Soal : 40 Soal
Tahun Pelajaran : 2025/2026
|
No |
Kompetensi Dasar / Tujuan Pembelajaran |
Indikator Soal |
Nomor Soal |
Bentuk Soal |
Level Kognitif |
|
1 |
Membaca dan menulis bilangan
cacah sampai 10.000 |
Menuliskan lambang bilangan
dari bentuk kata |
1 |
Pilihan Ganda |
C1 |
|
2 |
Menentukan urutan bilangan
cacah |
Menentukan bilangan sebelum dan
sesudah |
2, Isian 1 |
Pilihan Ganda, Isian |
C2 |
|
3 |
Menentukan nilai tempat dan
nilai angka |
Menentukan nilai tempat angka
dalam bilangan |
3, 4, Isian 2 |
Pilihan Ganda, Isian |
C1 |
|
4 |
Membandingkan bilangan cacah
sampai 10.000 |
Menggunakan tanda <, >, =
untuk membandingkan bilangan |
5, Isian 4 |
Pilihan Ganda, Isian |
C2 |
|
5 |
Mengurutkan bilangan cacah |
Menyusun bilangan dari terbesar
atau terkecil |
6, Essay 2 |
Pilihan Ganda, Essay |
C3 |
|
6 |
Komposisi dan dekomposisi
bilangan cacah |
Menyusun bilangan ke dalam
bentuk ribuan, ratusan, puluhan, satuan |
7, 8, Essay 1 |
Pilihan Ganda, Essay |
C2 |
|
7 |
Melakukan operasi penjumlahan
bilangan cacah sampai 1.000 |
Menyelesaikan penjumlahan
langsung dan soal cerita |
9, 11, Isian 5, Essay 3 |
Pilihan Ganda, Isian, Essay |
C3 |
|
8 |
Melakukan operasi pengurangan
bilangan cacah sampai 1.000 |
Menyelesaikan pengurangan dan
soal cerita |
10, 12, Isian 6 |
Pilihan Ganda, Isian |
C3 |
|
9 |
Melakukan operasi perkalian
bilangan cacah sampai 100 |
Menghitung hasil perkalian dan
soal cerita sederhana |
13, 14, 15, Isian 7, Essay 5 |
Pilihan Ganda, Isian, Essay |
C3 |
|
10 |
Melakukan operasi pembagian
bilangan cacah sampai 100 |
Menyelesaikan pembagian dan
soal kontekstual |
16, 17, 18, Isian 8 |
Pilihan Ganda, Isian |
C3 |
|
11 |
Menentukan faktor suatu
bilangan |
Menuliskan faktor dari bilangan
tertentu |
19, 20, 23, Isian 9, Essay 4 |
Pilihan Ganda, Isian, Essay |
C4 |
|
12 |
Menentukan kelipatan suatu
bilangan |
Menuliskan kelipatan dari
bilangan tertentu |
21, 22, Isian 10 |
Pilihan Ganda, Isian |
C2 |
|
13 |
Menggabungkan operasi hitung
campuran |
Menyelesaikan soal penjumlahan,
pengurangan, dan perkalian campuran |
24, 25, Essay 3 |
Pilihan Ganda, Essay |
C4 |
Mengetahui, Bandar Lampung, Oktober 2025
Kepala SD Al-Azhar 1 Guru Kelas IV (Empat)
Achmad Zailani,S.Kom., S.Pd. Dessy Puji Astuti S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar