Materi
Ajar : Jumat 17 Oktober 2025
Hari/Tanggal : Jumat 17 Oktober 2025
Kelas
: IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum
warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar
anak sholih sholihah…
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita
awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa
tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu,
murojaah, sholat sunah Dhuha.
KISI-KISI
SOAL SUMATIF
TENGAH SEMESTER
(STS)
SEMESTER
1 TAHUN AJARAN 2025/2026
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung
Kelas / Semester / Fase :
IV
/ 1 / B
Mata Pelajaran : IPAS
Jumlah Soal : 50 Soal
Tahun Pelajaran : 2025/2026
|
No |
Kompetensi Dasar / Tujuan
Pembelajaran |
Indikator Soal |
Materi / Topik |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
|
1 |
Mengidentifikasi wujud benda dan perubahannya dalam
kehidupan sehari-hari |
Menentukan contoh wujud benda padat, cair, dan gas |
Wujud Benda |
C1 |
Pilihan Ganda |
1 |
|
2 |
Menjelaskan perubahan wujud benda akibat pengaruh
suhu |
Menentukan penyebab perubahan wujud air menjadi es |
Perubahan Wujud Benda |
C2 |
Pilihan Ganda |
2 |
|
3 |
Menjelaskan sifat udara dan perubahan volumenya |
Menjelaskan penyebab balon mengembang karena panas |
Perubahan Volume Gas |
C2 |
Pilihan Ganda |
3 |
|
4 |
Mengidentifikasi perubahan wujud akibat pemanasan |
Menjelaskan proses penguapan air saat direbus |
Perubahan Wujud Cair ke Gas |
C2 |
Pilihan Ganda |
4 |
|
5 |
Menjelaskan proses mencair |
Menentukan nama perubahan es menjadi air |
Perubahan Wujud |
C1 |
Pilihan Ganda |
5 |
|
6 |
Menjelaskan proses pengembunan |
Mengidentifikasi contoh perubahan wujud mengembun |
Pengembunan |
C2 |
Pilihan Ganda |
6 |
|
7 |
Mengidentifikasi peristiwa menyublim |
Menjelaskan perubahan pada kapur barus |
Penyubliman |
C2 |
Pilihan Ganda |
7 |
|
8 |
Menjelaskan proses penguapan |
Menentukan penyebab terbentuknya garam |
Penguapan Air Laut |
C3 |
Pilihan Ganda |
8 |
|
9 |
Mengaitkan panas dengan pemuaian |
Menjelaskan alasan balon panas terbang |
Energi Panas dan Pemuaian |
C3 |
Pilihan Ganda |
9 |
|
10 |
Menjelaskan penguapan dalam kehidupan |
Menentukan perubahan wujud air di pakaian |
Penguapan |
C1 |
Pilihan Ganda |
10 |
|
11 |
Mengidentifikasi sumber energi |
Menentukan benda yang menyimpan energi kimia |
Energi Kimia |
C2 |
Pilihan Ganda |
11 |
|
12 |
Mengidentifikasi sumber bunyi |
Menentukan alat yang menghasilkan bunyi |
Energi Bunyi |
C1 |
Pilihan Ganda |
12 |
|
13 |
Menjelaskan penyebab bunyi |
Menyimpulkan bahwa bunyi berasal dari getaran |
Energi Bunyi |
C2 |
Pilihan Ganda |
13 |
|
14 |
Mengidentifikasi perubahan energi listrik |
Menentukan alat yang mengubah energi listrik jadi
panas |
Energi Listrik ke Panas |
C2 |
Pilihan Ganda |
14 |
|
15 |
Mengidentifikasi bentuk perubahan energi |
Menjelaskan proses perubahan energi alat rumah
tangga |
Perubahan Energi |
C3 |
Pilihan Ganda |
15 |
|
16 |
Menjelaskan perubahan energi dalam kehidupan |
Menentukan alat sesuai bagan perubahan energi |
Perubahan Energi |
C3 |
Pilihan Ganda |
16 |
|
17 |
Mengaitkan alat dengan sumber energi |
Menentukan pasangan alat dan sumber energi |
Energi |
C3 |
Pilihan Ganda |
17 |
|
18 |
Menjelaskan proses fotosintesis |
Menentukan nama proses fotosintesis |
Fotosintesis |
C1 |
Pilihan Ganda |
18 |
|
19 |
Menjelaskan bahan fotosintesis |
Menentukan bahan utama fotosintesis |
Fotosintesis |
C2 |
Pilihan Ganda |
19 |
|
20 |
Menjelaskan hasil dan proses fotosintesis |
Menentukan pernyataan yang benar |
Fotosintesis |
C3 |
Pilihan Ganda |
20 |
|
21 |
Mengidentifikasi perubahan energi |
Menjelaskan energi pada microwave |
Energi Panas |
C2 |
Pilihan Ganda |
21 |
|
22 |
Mengidentifikasi fungsi alat listrik |
Menentukan fungsi energi alat rumah tangga |
Energi Listrik |
C3 |
Pilihan Ganda |
22 |
|
23 |
Menjelaskan energi pada mesin cuci |
Menentukan perubahan energi yang terjadi |
Energi Gerak |
C2 |
Pilihan Ganda |
23 |
|
24 |
Menjelaskan energi pada PLTA |
Menentukan perubahan energi pada PLTA |
Energi Air ke Listrik |
C2 |
Pilihan Ganda |
24 |
|
25 |
Menjelaskan pengertian gaya |
Menentukan definisi gaya |
Gaya |
C1 |
Pilihan Ganda |
25 |
|
26–34 |
Mengidentifikasi pengaruh gaya terhadap benda |
Menjelaskan contoh gaya, gaya gesek, magnet |
Gaya dan Magnet |
C2–C3 |
Pilihan Ganda |
26–34 |
|
35 |
Mengidentifikasi pemanfaatan magnet |
Menentukan contoh penggunaan magnet |
Gaya Magnet |
C2 |
Pilihan Ganda |
35 |
|
36–45 |
Menjelaskan perubahan wujud dan energi |
Melengkapi kalimat dengan jawaban singkat |
Wujud Benda & Energi |
C1–C2 |
Isian Singkat |
1–10 |
|
46 |
Menyebutkan contoh perubahan wujud |
Memberikan contoh mencair/menguap di sekitar |
Perubahan Wujud |
C4 |
Essay |
1 |
|
47 |
Menjelaskan perubahan energi |
Menjelaskan energi pada alat rumah tangga (gambar) |
Energi Listrik ke Panas |
C4 |
Essay |
2–3 |
|
48 |
Mengidentifikasi jenis gaya |
Menyebutkan jenis gaya dalam kehidupan sehari-hari |
Jenis Gaya |
C4 |
Essay |
4 |
|
49 |
Menjelaskan pemanfaatan gaya magnet |
Menyebutkan contoh penggunaan gaya magnet |
Gaya Magnet |
C4 |
Essay |
5 |
Mengetahui,
Bandar
Lampung, Oktober 2025
Kepala SD
Al-Azhar 1 Guru Kelas IV (Empat)
KISI-KISI
SOAL SUMATIF
TENGAH SEMESTER
(STS)
SEMESTER
1 TAHUN AJARAN 2025/2026
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung
Kelas / Semester / Fase :
IV
/ 1 / B
Mata Pelajaran : Pendidikan Anti Korupsi
Jumlah Soal : 15 Soal
Tahun Pelajaran : 2025/2026
|
No |
Kompetensi
Dasar |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
|
1 |
Menunjukkan
perilaku jujur dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari |
Menentukan
sikap yang tepat ketika menemukan barang milik orang lain |
C2 (Memahami) |
Pilihan Ganda |
1 |
|
2 |
Menunjukkan
sikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain |
Mengidentifikasi
contoh perilaku tidak jujur |
C2 |
Pilihan Ganda |
2 |
|
3 |
Menunjukkan
disiplin dalam kegiatan belajar |
Menentukan
contoh perilaku disiplin di sekolah |
C2 |
Pilihan Ganda |
3 |
|
4 |
Menunjukkan
perilaku jujur dalam mengerjakan tugas |
Menentukan
perilaku yang termasuk tidak jujur dalam belajar |
C2 |
Pilihan Ganda |
4 |
|
5 |
Menunjukkan
kejujuran dalam menghadapi ujian |
Menentukan
contoh perilaku jujur saat ujian |
C2 |
Pilihan Ganda |
5 |
|
6 |
Menunjukkan
kedisiplinan terhadap aturan sekolah |
Mengidentifikasi
perilaku tidak disiplin di sekolah |
C2 |
Pilihan Ganda |
6 |
|
7 |
Menunjukkan
tanggung jawab dan kedisiplinan terhadap waktu |
Menentukan
contoh sikap disiplin dalam mengumpulkan tugas |
C2 |
Pilihan Ganda |
7 |
|
8 |
Menunjukkan
sikap jujur ketika menghadapi kesalahan |
Menentukan
sikap jujur yang tepat ketika tidak membawa alat tulis |
C2 |
Pilihan Ganda |
8 |
|
9 |
Menunjukkan
sikap jujur dan berani mengakui kesalahan |
Menentukan
contoh sikap jujur terhadap kesalahan |
C2 |
Pilihan Ganda |
9 |
|
10 |
Menunjukkan
perilaku disiplin dan tertib saat kegiatan sekolah |
Mengidentifikasi
perilaku disiplin dalam kegiatan upacara |
C2 |
Pilihan Ganda |
10 |
|
11 |
Menjelaskan
sikap yang tepat dalam menghadapi kesulitan belajar |
Menguraikan
sikap jujur dalam ujian |
C3 (Menerapkan) |
Essay |
1 |
|
12 |
Menjelaskan
contoh kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari |
Memberikan
contoh sikap disiplin di rumah |
C3 |
Essay |
2 |
|
13 |
Menjelaskan
dampak perilaku tidak jujur |
Menjelaskan
mengapa mencontek termasuk perbuatan tidak jujur |
C3 |
Essay |
3 |
|
14 |
Menjelaskan
sikap tanggung jawab terhadap waktu |
Menjelaskan
tindakan yang tepat jika datang terlambat ke sekolah |
C3 |
Essay |
4 |
|
15 |
Menjelaskan
pengalaman pribadi tentang kejujuran |
Menceritakan
pengalaman pribadi tentang kejujuran |
C4
(Menganalisis) |
Essay |
5 |
Mengetahui,
Bandar Lampung, Oktober 2025
Kepala SD
Al-Azhar 1 Guru Kelas IV (Empat)
Achmad
Zailani,S.Kom., S.Pd. Dessy Puji Astuti, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar