Materi Ajar
: Senin, 6 Oktober 2025
Hari/Tanggal
: Senin,6 Oktober 2025
Kelas
: IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum
warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar
anak sholih sholihah…
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari
kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan
diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan
lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu,
murojaah, sholat sunah Dhuha.
1. Matematika
Tujuan Pembelajaran
: -Peserta didik mampu memahami operasi pembagian bilangan cacah sampai 100
menggunakan benda konkret, gambar, dan simbol
Capaian
Pembelajaran : -Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan
(number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. -Mereka dapat membaca,
menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai
tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga
dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.-
Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan
cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika.
-Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan
pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. -Mereka dapat
mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
-Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
Materi
:
A. Pengertian
Pembagian
Pembagian
adalah proses membagi suatu bilangan menjadi beberapa bagian sama besar atau
proses mengulang pengurangan dengan bilangan yang sama.
Contoh:
1. 12 ÷ 3 artinya 12 dibagi menjadi 3
kelompok sama besar, hasilnya 4.
2. 12 – 3 – 3 – 3 – 3 = 0 →
dilakukan pengurangan 3 sebanyak 4 kali.
B. Hubungan
Perkalian dan Pembagian
Pembagian
merupakan kebalikan dari perkalian.
1.
Contoh: 4 × 3 = 12 → 12 ÷ 3 = 4 dan 12 ÷ 4 = 3.
C. Cara
Menghitung Pembagian
1. Dengan
Benda Konkret
Misal: 20
kelereng dibagi 4 anak, setiap anak mendapat 5 kelereng.
2. Dengan
Garis Bilangan / Pengurangan Berulang
15 ÷ 5 →
kurangi 15 dengan 5 berulang kali (15–5–5–5)
3. Dengan
Tabel Perkalian
Cari bilangan
yang jika dikalikan menghasilkan bilangan yang dibagi.
D. Contoh
Soal
a) 24 ÷ 6 = …
b) 35 ÷ 5 = …
c) 48 ÷ 8 = …
E. Soal
Cerita
Siti memiliki
36 permen yang akan dibagikan kepada 9 temannya secara merata. Berapa permen
yang diterima setiap teman?
2. IPAS
Tujuan Pembelajaran
: Murid dapat mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggal
melalui peta konvensional/digital
Capaian Pembeljaran: Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya
Materi
:
A. Pengertian
Peta
Peta adalah
gambar permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan skala tertentu
dan dilengkapi tanda-tanda atau simbol.
B.
Unsur-Unsur Peta
1. Judul : Menjelaskan isi peta.
2. Skala : Perbandingan jarak di peta
dengan jarak sebenarnya.
3. Simbol : Gambar/tanda khusus yang
mewakili benda di permukaan bumi (misal gunung, sungai, jalan).
4. Legenda : Keterangan arti simbol.
5. Arah Mata Angin : Petunjuk arah
utara, selatan, timur, barat.
C. Jenis Peta
Peta Umum
(menunjukkan wilayah secara keseluruhan, misal peta Indonesia).
Peta Khusus
(menunjukkan informasi tertentu, misal peta curah hujan, peta jalan).
D. Manfaat
Peta
a. Menunjukkan lokasi suatu tempat.
b. Mengetahui jarak dan arah.
c. Membantu perencanaan perjalanan.
3. Bahasa
Indonesia : Paragraf Deskripsi
Tujuan
Pembelajaran : -Mengidentifikasi pengertian, ciri-ciri, dan tujuan
paragraf deskripsi. -Membedakan paragraf deskripsi dengan jenis paragraf
lainnya melalui contoh. -Menentukan unsur-unsur yang dapat digunakan untuk
menulis paragraf deskripsi (pancaindra, kata sifat, dan detail).
-Menyusun
sebuah paragraf deskripsi sederhana tentang benda, hewan, tempat, atau suasana
dengan bahasa yang jelas dan menarik.
A.
Paragraf Deskripsi
1.
Pengertian
Paragraf deskripsi Adalah paragraph yang
menuliskan atau menggambarkan suatu benda , tempat,hewan,atau suasana sehingga pembaca
seolah-olah dapat melihat, mendengar, atau merasakan hal yang digambarkan.
2.
Ciri-ciri Paragraf Deskripsi
a.
Menggambarkan
objek dengan jelas dan detail.
b.
Menggunakan
pancaindra(melihat,mendengar,merasakan,mencium dan menyentuh).
c. Menggunakan kata sifat untuk
memberikan Kesan(indah,harum,luas,dingin dan ramai.
d. Membuat pembaca seolah-olah hadir
dalam suasana yang diceritakan.
3. Tujuan
Agar pembaca dapat membayangkan dengan
jelas benda,tempat,atau suasana yang digambarkan.
4. Contoh Paragraf
Deskripsi
Contoh 1:
Tentang Tempat
"Pantai
itu sangat indah. Pasirnya putih bersih, air lautnya biru jernih, dan ombak
berkejar-kejaran menuju bibir pantai. Angin sepoi-sepoi membuat suasana menjadi
sejuk dan menyenangkan."
Contoh 2:
Tentang Benda
"Sepedaku
berwarna merah cerah. Rangkanya kuat dan rodanya berkilau. Di bagian depan
terdapat keranjang kecil berwarna hitam. Setiap pagi aku mengayuhnya menuju
sekolah dengan gembira."
5. Langkah Menulis Paragraf Deskripsi
1. Tentukan objek yang akan dideskripsikan (benda, tempat, hewan, suasana).
2. Amati objek dengan pancaindra.
3. Catat ciri-ciri pentingnya.
4. Susun menjadi paragraf dengan
bahasa yang jelas dan menarik.
6. Latihan
Tulislah paragraf deskripsi berdasarkan tema berikut:
1. Kelasmu
2. Hewan
kesayanganmu
3. Taman di
dekat rumahmu
4 Pendidikan
Pancasila
- Tujuan Pembelajaran
: Murid dapat memahami dan membuat aturan di lingkungan tempat tinggal
- Capaian Pembelajaran
: Peserta didik memahami pentingnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di
rumah, sekolah, dan masyarakat serta menunjukkan sikap patuh pada aturan untuk
mewujudkan ketertiban dan kerukunan
Materi
:
A. Pengertian
Aturan
Aturan adalah
ketentuan yang dibuat untuk mengatur tingkah laku agar kehidupan bersama
berjalan tertib dan aman.
B. Contoh
Aturan di Lingkungan Sekitar
1. Di Rumah
a. Bangun pagi dan membantu orang tua.
b. Tidak menyalakan televisi saat
belajar.
c. Mematikan lampu saat siang hari.
2. Di Sekolah
a. Datang tepat waktu.
b. Memakai seragam sesuai jadwal.
c. Menghormati guru dan teman.
3. Di
Masyarakat
a. Membuang sampah pada tempatnya.
b. Tidak bermain di jalan raya.
c. Mengikuti jadwal ronda atau kerja
bakti.
C. Manfaat
Mematuhi Aturan
a. Lingkungan menjadi tertib, aman, dan
nyaman.
b. Menghindari perselisihan.
c. Melatih tanggung jawab dan disiplin.
D. Akibat
Melanggar Aturan
a. Lingkungan menjadi kacau.
b. Mendapat teguran atau sanksi.
c. Merugikan diri sendiri dan orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar