Materi
Ajar : Rabu 8 Oktober
2025
Hari/Tanggal
: Rabu8 Oktober 2025
Kelas
: IV Fatimah Az
Zahra
Assalamu'alaikum
warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar
anak sholih sholihah…
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari
kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan
diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan
lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu,
murojaah, sholat sunah Dhuha.
Ipas
Tujuan
Pembelajaran : Murid dapat mengidentifikasi kondisi geografis wilayah
tempat tinggal melalui peta konvensional/digital
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus
hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam
kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala
kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya
terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di
lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan
tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal
dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya
melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya
dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan
lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya
pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan
fungsinya
https://youtu.be/Tz37TEdmV5Y?si=kq9SiDQ9cn_Se1xf
https://youtu.be/Tz37TEdmV5Y?si=kq9SiDQ9cn_Se1xf
Materi :
Mengenal
Peta
1. Apa itu
Peta? Peta adalah gambaran atau representasi dari permukaan bumi atau suatu
wilayah yang digambarkan pada bidang datar dengan skala tertentu.
2.
Unsur-unsur Peta:
- Judul Peta: Menunjukkan nama wilayah yang digambarkan.
- Simbol: Digunakan untuk mewakili objek seperti jalan, sungai, atau bangunan.
- Skala: Menunjukkan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di
lapangan.
- Legenda: Menjelaskan arti dari simbol-simbol yang digunakan.
Matematika
Tujuan
Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami operasi pembagian bilangan cacah
sampai 100 menggunakan benda konkret, gambar, dan simbol
Capaian
Pembelajaran :
1. Peserta
didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan
cacah sampai 10.000.
2. Peserta
didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan,
mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi
bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan
uang menggunakan ribuan sebagai satuan.
3. Peserta
didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai
1.000.
4. peserta
didik dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100
menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga
dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
5. Peserta
didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu
dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan
senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
6. Peserta
didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan
desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan,
serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
Materi
:
A. Pengertian
Pembagian
Pembagian
adalah proses membagi suatu bilangan menjadi beberapa bagian sama besar atau
proses mengulang pengurangan dengan bilangan yang sama.
Contoh:
1. 12
÷ 3 artinya 12 dibagi menjadi 3 kelompok sama besar, hasilnya 4.
2. 12
– 3 – 3 – 3 – 3 = 0 → dilakukan pengurangan 3 sebanyak 4
kali.
B. Hubungan
Perkalian dan Pembagian
Pembagian
merupakan kebalikan dari perkalian.
Contoh: 4 × 3
= 12 → 12 ÷ 3 = 4 dan 12 ÷ 4 = 3.
C. Cara
Menghitung Pembagian
1. Dengan
Benda Konkret
Misal: 20
kelereng dibagi 4 anak, setiap anak mendapat 5 kelereng.
2. Dengan
Garis Bilangan / Pengurangan Berulang
15 ÷ 5 → kurangi
15 dengan 5 berulang kali (15–5–5–5).
3. Dengan
Tabel Perkalian
Cari bilangan yang jika dikalikan menghasilkan bilangan
D. Contoh
Soal
1) 24
÷ 6 = …
2) 35
÷ 5 = …
3) 48 ÷ 8 = …
Bahasa
Indonesia
Capaian
Pembelajarn: Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan
lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau
didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di
lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang
dibacakan atau dari media audio.
Tujuan
Pembelajaran : Melalui kegiatan menulis pengalaman, peserta didik dapat
menggunakan struktur deskripsi
A. Pengertian
Menyimak
Menyimak
adalah kegiatan mendengarkan dengan penuh perhatian untuk memperoleh informasi
atau pesan dari teks yang dibacakan.
B. Tujuan
Menyimak
1) Memahami
isi teks.
2) Menemukan
gagasan pokok dan informasi penting.
3) Menikmati
cerita atau pesan.
C. Cara
Menyimak yang Baik
1. Duduk
dengan posisi nyaman dan rapi.
2. Fokus pada
pembaca, tidak berbicara sendiri.
3. Mencatat
kata kunci atau informasi penting.
4. Mengajukan
pertanyaan setelah teks selesai.
D. Jenis Teks
yang Bisa Disimak
1) Cerita
rakyat
2) Pengumuman
3) Berita
sederhana
4) Puisi
atau pantun
E. Contoh
Teks Pendek
(Guru dapat
menyiapkan teks ±150 kata, misalnya cerita tentang “Gotong Royong di Kampung
Bersih”)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar