Materi Ajar : Kamis, 2 Oktober 2025
Hari/Tanggal : Kamis, 2 Oktober 2025
Kelas : IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Pendidikan antikorupsi merupakan tindakan untuk mengendalikan dan mengurangi korupsi berupa keseluruhan upaya untuk mendorong generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas terhadap setiap bentuk korupsi.
Pendidikan anti korupsi adalah program pendidikan tentang korupsi yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kepedulian warganegara terhadap bahaya dan akibat dari tindakan korupsi.
Pendidikan anti korupsi diberikan agar terciptanya generasi muda yang dengan sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi, dan juga mengetahui sanksi-sanksi yang akan diterima jika seseorang melakukan korupsi.
2. Matematika
Capaian Pembelajaran matematika :
Elemen Bilangan: Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.
3. Bahasa Indonesia :
Tujuan Pembelajaran : Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi
Paragraf Deskripsi
1. Pengertian
Paragraf deskripsi adalah paragraf yang melukiskan atau
menggambarkan suatu benda, tempat, hewan, atau suasana sehingga pembaca
seolah-olah dapat melihat, mendengar, atau merasakan hal yang digambarkan.
2. Ciri-ciri Paragraf Deskripsi
Menggambarkan objek dengan jelas dan detail.
Menggunakan pancaindra (melihat, mendengar, merasakan,
mencium, menyentuh). Menggunakan kata sifat untuk memberikan kesan (indah,
harum, luas, dingin, ramai).
Membuat pembaca seolah-olah hadir dalam suasana yang
diceritakan.
3. Tujuan
Agar pembaca dapat membayangkan dengan jelas benda, tempat,
atau suasana yang digambarkan.
4. Contoh Paragraf Deskripsi
Contoh 1: Tentang Tempat
"Pantai itu sangat indah. Pasirnya putih bersih, air
lautnya biru jernih, dan ombak berkejar-kejaran menuju bibir pantai. Angin
sepoi-sepoi membuat suasana menjadi sejuk dan menyenangkan."
Contoh 2: Tentang Benda
"Sepedaku berwarna merah cerah. Rangkanya kuat dan
rodanya berkilau. Di bagian depan terdapat keranjang kecil berwarna hitam.
Setiap pagi aku mengayuhnya menuju sekolah dengan gembira."
5. Langkah Menulis Paragraf Deskripsi
1. Tentukan objek yang akan dideskripsikan (benda, tempat,
hewan, suasana).
2. Amati objek dengan pancaindra.
3. Catat ciri-ciri pentingnya.
4. Susun menjadi paragraf dengan bahasa yang jelas dan
menarik.
5. Latihan
Tulislah paragraf deskripsi berdasarkan tema berikut:
1. Kelasmu
2. Hewan kesayanganmu
3. Taman di dekat rumahmu
Capaian Pembelajaran Seni Rupa :
Pada akhir Fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya, dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya seni dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat Mengetahui teknik pembuatan tekstur
Seni Rupa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar