Selasa, 30 September 2025

Materi ajar kelas 4 Fatimah Az-Zahra Rabu 1 Oktober 2025


Materi Ajar              : Rabu 1 Oktober 2025

Hari/Tanggal         :  Rabu 1 Oktober 2025

Kelas                      : IV Fatimah Az Zahra

A cartoon of a child and a child giving thumbs up

AI-generated content may be incorrect.
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.

 

1. Ipas

-Capaian Pembelajaran : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

- Tujuan Pembelajaran : Murid dapat mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggal melalui peta konvensional/digital

https://youtu.be/Tz37TEdmV5Y?si=kq9SiDQ9cn_Se1xf

https://youtu.be/Tz37TEdmV5Y?si=kq9SiDQ9cn_Se1xf

Materi :

*Mengenal Peta*

a. Apa itu Peta?: Peta adalah gambaran atau representasi dari permukaan bumi atau suatu wilayah yang digambarkan pada bidang datar dengan skala tertentu.

2. Unsur-unsur Peta:

a.   Judul Peta: Menunjukkan nama wilayah yang digambarkan.

b.   Simbol: Digunakan untuk mewakili objek seperti jalan, sungai, atau bangunan.

c.   Skala: Menunjukkan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan.

d.   Legenda : Menjelaskan arti dari simbol-simbol yang digunakan.

 

2. Matematika

    Capaian Pembelajaran : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. 

 

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami operasi pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda konkret, gambar, dan simbol 

 

Materi : 

A. Pengertian Pembagian

Pembagian adalah proses membagi suatu bilangan menjadi beberapa bagian sama besar atau proses mengulang pengurangan dengan bilangan yang sama.

Contoh:

1.   12 ÷ 3 artinya 12 dibagi menjadi 3 kelompok sama besar, hasilnya 4.

2.   12 – 3 – 3 – 3 – 3 = 0 dilakukan pengurangan 3 sebanyak 4 kali.


B. Hubungan Perkalian dan Pembagian

Pembagian merupakan kebalikan dari perkalian.

Contoh: 4 × 3 = 12 12 ÷ 3 = 4 dan 12 ÷ 4 = 3.


C. Cara Menghitung Pembagian

1. Dengan Benda Konkret

Misal: 20 kelereng dibagi 4 anak, setiap anak mendapat 5 kelereng.

2. Dengan Garis Bilangan / Pengurangan Berulang

15 ÷ 5 kurangi 15 dengan 5 berulang kali (15555).

 

3. Dengan Tabel Perkalian

Cari bilangan yang jika dikalikan menghasilkan bilangan yang dibagi.

 

D. Contoh Soal

1.   24 ÷ 6 = …

2.   35 ÷ 5 = …

3.   48 ÷ 8 = …

 

E. Soal Cerita

1. Siti memiliki 36 permen yang akan dibagikan kepada 9 temannya secara merata. Berapa permen yang diterima setiap teman?

 

3. Seni Rupa

Capaian Pembelajaran : Pada akhir Fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya, dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya seni dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari

 Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memahami pengertian dan jenis-jenis tekstur


(Sumatif seni rupa )

Materi : 

A person touching a wall

AI-generated content may be incorrect.

https://youtu.be/9Fqf3fbi7b4?si=_tsuwWqldE_BPvIi

 

Atau video bisa dilihat pada link berikut ini : https://youtu.be/9Fqf3fbi7b4?si=_tsuwWqldE_BPvIi

 

1. Pengertian Tekstur

a.   Tekstur adalah kualitas permukaan suatu benda yang dapat dirasakan melalui sentuhan atau penglihatan.

b.   Tekstur dapat mempengaruhi kesan dan emosi yang ditimbulkan oleh suatu karya seni.

2. Jenis-Jenis Tekstur

a.   Tekstur nyata (tekstur aktual): tekstur yang dapat dirasakan melalui sentuhan, seperti kasar, halus, atau lembut.

b.   Tekstur visual (tekstur ilusi): tekstur yang hanya dapat dilihat, tetapi tidak dapat dirasakan melalui sentuhan, seperti tekstur yang dihasilkan melalui teknik lukisan atau cetak.

Contoh Tekstur dalam Seni Rupa

- Tekstur kasar: dapat dihasilkan melalui penggunaan bahan seperti pasir, batu, atau kayu.

- Tekstur halus: dapat dihasilkan melalui penggunaan bahan seperti kertas, kain, atau cat yang diaplikasikan dengan halus.

- Tekstur lembut: dapat dihasilkan melalui penggunaan bahan seperti bulu, wol, atau kain yang lembut.

 

Kegiatan Pembelajaran

1. Pengenalan konsep tekstur dan jenis-jenis tekstur.

2. Eksperimen dengan berbagai bahan untuk menciptakan tekstur yang berbeda.

3. Membuat karya seni yang menggunakan tekstur sebagai elemen utama.

4. Diskusi tentang peran tekstur dalam karya seni dan bagaimana tekstur dapat mempengaruhi kesan dan emosi.

 

Manfaat Pembelajaran

1.   Siswa dapat memahami konsep tekstur dan jenis-jenis tekstur dalam seni rupa.

2.   Siswa dapat mengembangkan kemampuan untuk menciptakan tekstur yang berbeda melalui eksperimen dengan berbagai bahan.

3.   Siswa dapat meningkatkan kesadaran tentang peran tekstur dalam karya seni dan bagaimana tekstur dapat mempengaruhi kesan dan emosi.

 

Dengan memahami materi ini, siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menciptakan karya seni yang menggunakan tekstur sebagai elemen utama dan mengembangkan kesadaran tentang peran tekstur dalam karya seni.

 

4. Bahasa Indonesia

    Capaian Pembelajarn: Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

 

Tujuan Pembelajaran : Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.

 

Materi: 

A. Pengertian Menyimak

Menyimak adalah kegiatan mendengarkan dengan penuh perhatian untuk memperoleh informasi atau pesan dari teks yang dibacakan.

 

B. Tujuan Menyimak

1.   Memahami isi teks.

2.   Menemukan gagasan pokok dan informasi penting.

3.   Menikmati cerita atau pesan.

 

C. Cara Menyimak yang Baik

1. Duduk dengan posisi nyaman dan rapi.

2. Fokus pada pembaca, tidak berbicara sendiri.

3. Mencatat kata kunci atau informasi penting.

4. Mengajukan pertanyaan setelah teks selesai.

 

D. Jenis Teks yang Bisa Disimak

1.   Cerita rakyat

2.   Pengumuman

3.   Berita sederhana

4.   Puisi atau pantun

 

E. Contoh Teks Pendek

(Guru dapat menyiapkan teks ±150 kata, misalnya cerita tentang “Gotong Royong di Kampung Bersih”)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS kelas 4 Fatimah Az Zahra. Selasa, 14 Oktober 2025

Materi Ajar      : Selasa 14 Oktober 2025 Hari/Tanggal  : Selasa 14 Oktober 2025 Kelas                : IV Fatimah Az Zahra   As...