Rabu, 24 September 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Kamis, 25 September 2025

 Materi Ajar              : Kamis, 25 September 2025

Hari/Tanggal                   :  Kamis, 25 September 2025

Kelas                                : IV Fatimah Az Zahra



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.


1. PAK            

         

Pendidikan antikorupsi merupakan tindakan untuk mengendalikan dan mengurangi korupsi berupa keseluruhan upaya untuk mendorong generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas terhadap setiap bentuk korupsi.

Pendidikan anti korupsi adalah program pendidikan tentang korupsi yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kepedulian warganegara terhadap bahaya dan akibat dari tindakan korupsi.

Pendidikan anti korupsi diberikan agar terciptanya generasi muda yang dengan sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi, dan juga mengetahui sanksi-sanksi yang akan diterima jika seseorang melakukan korupsi.

2. Matematika

Capaian Pembelajaran matematika :

Elemen Bilangan: Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

Materi :

Materi : Sumatif Materi Perkalian
- Perkalian tanpa menyimpan
- Perkalian dengan menyimpan
- Perkalian dengan benda konkrit

3. Bahasa Indonesia       :  

Tujuan Pembelajaran : Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi



Kegiatan Menyimak Teks

1. Menyimak Teks yang Dibacakan: Guru membacakan teks dengan jelas dan peserta didik menyimak dengan saksama.

2. Menyimpulkan Informasi: Setelah menyimak, peserta didik diminta untuk menyimpulkan informasi utama dari teks yang dibacakan.

3. Memahami Kosakata Baru: Peserta didik mengidentifikasi dan memahami arti kosakata baru yang muncul dalam teks.

 

Strategi Pembelajaran

- Guru membacakan teks dengan intonasi yang tepat dan berhenti sejenak untuk memberikan kesempatan peserta didik memahami.

- Setelah menyimak, peserta didik diminta menjawab pertanyaan tentang teks atau menceritakan kembali informasi yang didapat.

- Diskusikan kosakata baru dan contoh penggunaannya dalam kalimat.

 

Manfaat Kegiatan Menyimak

- Meningkatkan kemampuan menyimak dan memahami informasi.

- Memperkaya kosakata dan kemampuan berbahasa


https://youtu.be/Kz4X2Db051g?feature=shared

Atau klik link berikut ini untuk melihat videonya : https://youtu.be/Kz4X2Db051g?feature=shared

Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri dari dua atau lebih klausa yang dihubungkan dengan konjungsi atau kata penghubung lainnya. Kalimat majemuk dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. *Kalimat Majemuk Setara*: Kalimat yang terdiri dari dua klausa yang setara dan dihubungkan dengan konjungsi seperti "dan", "atau", "tetapi".
Contoh: Saya suka membaca buku dan saya juga suka menulis cerita.

2. *Kalimat Majemuk Bertingkat*: Kalimat yang terdiri dari klausa utama dan klausa anak kalimat yang dihubungkan dengan konjungsi seperti "karena", "sehingga", "agar".
Contoh: Saya tidak bisa datang karena saya sakit.

3. *Kalimat Majemuk Bertingkat dengan Konjungsi Temporal*: Kalimat yang terdiri dari klausa utama dan klausa anak kalimat yang dihubungkan dengan konjungsi temporal seperti "ketika", "setelah", "sebelum".
Contoh: Saya akan pergi ke pantai ketika cuaca cerah.

4. *Kalimat Majemuk Bertingkat dengan Konjungsi Kondisional*: Kalimat yang terdiri dari klausa utama dan klausa anak kalimat yang dihubungkan dengan konjungsi kondisional seperti "jika", "kalau".
Contoh: Saya akan pergi ke bioskop jika ada film yang menarik.




 4. Seni Rupa  : Mengetahui teknik pembuatan tekstur

Capaian Pembelajaran Seni Rupa :

Pada akhir Fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya, dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya seni dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari

Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat Mengetahui teknik pembuatan tekstur

 Seni Rupa

Pengertian Tekstur
Tekstur adalah kesan atau rasa yang dapat dirasakan pada permukaan suatu benda atau karya seni. Tekstur dapat dibuat dengan berbagai teknik untuk menciptakan kesan yang berbeda-beda.

Teknik Pembuatan Tekstur
1. Teknik Gosok: Menggunakan alat seperti pensil, crayon, atau pastel untuk menciptakan tekstur dengan cara menggosok permukaan kertas.
2. Teknik Semprot: Menggunakan cat semprot atau alat lainnya untuk menciptakan tekstur yang kasar atau halus.
3. Teknik Tempel: Menggunakan bahan seperti kertas, kain, atau benda lainnya untuk menciptakan tekstur dengan cara menempelkannya pada permukaan karya seni.
4. Teknik Pahat: Menggunakan alat pahat untuk menciptakan tekstur pada bahan seperti kayu atau batu.
5. Teknik Cetak: Menggunakan teknik cetak untuk menciptakan tekstur pada permukaan kertas atau kain.

Contoh Pembuatan Tekstur
1. Membuat tekstur kasar dengan menggunakan crayon dan teknik gosok.
2. Membuat tekstur halus dengan menggunakan cat air dan teknik semprot.
3. Membuat tekstur timbul dengan menggunakan teknik tempel dan bahan seperti kertas atau kain.

Aktivitas Pembelajaran
1. Siswa dapat membuat karya seni dengan menggunakan teknik pembuatan tekstur yang berbeda-beda.
2. Siswa dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan tekstur yang ada pada karya seni.
3. Siswa dapat membuat karya seni dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk menciptakan tekstur yang unik.

Dengan memahami teknik pembuatan tekstur, siswa dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan seni rupa mereka.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS kelas 4 Fatimah Az Zahra. Selasa, 14 Oktober 2025

Materi Ajar      : Selasa 14 Oktober 2025 Hari/Tanggal  : Selasa 14 Oktober 2025 Kelas                : IV Fatimah Az Zahra   As...