Senin, 22 September 2025

Materi ajar kelas 4 Fatimah Az-Zahra selasa 23 September 2025

 

Materi Ajar               : Selasa,23 September 2025

Hari/Tanggal         :  Selasa, 23 September 2025

Kelas                       : IV Fatimah Az Zahra

 

A cartoon of a child and a child giving thumbs up

AI-generated content may be incorrect.


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.

 Pendidikan Pancasila

- Capaian Pembelajaran : Peserta didik mengidentifikasi dan melaksanakan aturan di sekolah dan lingkungan tempat tinggal; mengidentifikasi dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. 

- Tujuan Pembelajaran : Murid dapat memahami dan membuat aturan di lingkungan tempat tinggal. 

Materi : https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=eCLI6_tFi0m4KSi3

https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=eCLI6_tFi0m4KSi3

Aturan di Lingkungan Sekitar

1. Pentingnya Aturan: Aturan dibuat untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan bersama di lingkungan sekitar seperti rumah, sekolah, dan masyarakat.

2. Contoh Aturan di Lingkungan:

a)   Di sekolah: Mengikuti aturan berpakaian, menghormati guru, tidak berbuat gaduh di kelas.

b)  Di rumah: Membantu orang tua, menjaga kebersihan, tidak membuat keributan.

c)   Di masyarakat: Menghormati tetangga, menjaga kebersihan lingkungan, mengikuti aturan lalu lintas.

Nilai-nilai Pancasila yang Terkait

1. Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa (menghormati aturan sebagai bentuk ketaatan pada nilai-nilai ketuhanan).

2. Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (menghargai hak dan kewajiban diri sendiri dan orang lain).

3. Sila Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia (menjaga keadilan dan ketertiban untuk kebaikan bersama).

 

 IPAS

-Capaian Pembelajaran : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

- Tujuan Pembelajaran: Murid dapat mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggal melalui peta konvensional/digital

A map of the east asia

AI-generated content may be incorrect.

https://youtu.be/Tz37TEdmV5Y?si=kq9SiDQ9cn_Se1xf

https://youtu.be/Tz37TEdmV5Y?si=kq9SiDQ9cn_Se1xf

Materi :

Mengenal Peta

1. Apa itu peta?: Peta adalah gambaran atau representasi dari permukaan bumi atau suatu wilayah yang digambarkan pada bidang datar dengan skala tertentu.

2. Unsur-unsur Peta:

a)   Judul Peta: Menunjukkan nama wilayah yang digambarkan.

b)  Simbol: Digunakan untuk mewakili objek seperti jalan, sungai, atau bangunan.

c)   Skala: Menunjukkan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan.

d)  Legenda: Menjelaskan arti dari simbol-simbol yang digunakan.


Matematika

Capaian Pembelajaran:

1.   -Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.

2.      - Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

3.  -Peserta didik dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

4.   -Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 

5.   -Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. 

- Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami operasi perkalian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda konkret, gambar, dan simbol 

Materi: Sumatif Materi Perkalian

a)   Perkalian tanpa menyimpan

b)  Perkalian dengan menyimpan

c)   Perkalian dengan benda konkrit

A person holding a pen

AI-generated content may be incorrect.

 

https://youtu.be/NxskNLa2aUU?si=Sz1UJLhpGqznzEnv

https://youtu.be/NxskNLa2aUU?si=Sz1UJLhpGqznzEnv

 

4. Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajarn: Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran : Melalui kegiatan menulis pengalaman, peserta didik dapat menggunakan struktur deskripsi 

Hari ini kegiatan kita adalah evaluasi pembelajaran atau penilaian sumatif dengan Materi : 

- Kosakata baru pada teks

- Homonim

- Awalan Me-

- Menemukan informasi 

- Kalimat Majemuk

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS kelas 4 Fatimah Az Zahra. Selasa, 14 Oktober 2025

Materi Ajar      : Selasa 14 Oktober 2025 Hari/Tanggal  : Selasa 14 Oktober 2025 Kelas                : IV Fatimah Az Zahra   As...