Materi Ajar
: Selasa,23 September
2025
Hari/Tanggal
: Selasa, 23 September 2025
Kelas
:
IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum
warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar
anak sholih sholihah…
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Pendidikan
Pancasila
- Capaian Pembelajaran
: Peserta didik mengidentifikasi dan melaksanakan aturan di sekolah dan
lingkungan tempat tinggal; mengidentifikasi dan melaksanakan hak dan kewajiban
sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
- Tujuan Pembelajaran
: Murid dapat memahami dan membuat aturan di lingkungan tempat
tinggal.
Materi
: https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=eCLI6_tFi0m4KSi3
https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=eCLI6_tFi0m4KSi3
Aturan di
Lingkungan Sekitar
1. Pentingnya
Aturan: Aturan dibuat untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan
bersama di lingkungan sekitar seperti rumah, sekolah, dan masyarakat.
2. Contoh
Aturan di Lingkungan:
a) Di sekolah: Mengikuti aturan
berpakaian, menghormati guru, tidak berbuat gaduh di kelas.
b) Di rumah: Membantu orang tua, menjaga
kebersihan, tidak membuat keributan.
c) Di masyarakat: Menghormati tetangga,
menjaga kebersihan lingkungan, mengikuti aturan lalu lintas.
Nilai-nilai
Pancasila yang Terkait
1. Sila
Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa (menghormati aturan sebagai bentuk ketaatan
pada nilai-nilai ketuhanan).
2. Sila Kedua:
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (menghargai hak dan kewajiban diri sendiri
dan orang lain).
3. Sila
Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia (menjaga keadilan dan
ketertiban untuk kebaikan bersama).
IPAS
-Capaian Pembelajaran
: Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup
makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan
dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah,
gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan
pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab
serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah;
mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta
konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan
profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal,
sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya;
perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya
- Tujuan Pembelajaran: Murid
dapat mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggal melalui peta
konvensional/digital
https://youtu.be/Tz37TEdmV5Y?si=kq9SiDQ9cn_Se1xf
https://youtu.be/Tz37TEdmV5Y?si=kq9SiDQ9cn_Se1xf
Materi :
Mengenal
Peta
1. Apa itu peta?:
Peta adalah gambaran atau representasi dari permukaan bumi atau suatu wilayah
yang digambarkan pada bidang datar dengan skala tertentu.
2. Unsur-unsur
Peta:
a) Judul Peta: Menunjukkan nama wilayah
yang digambarkan.
b) Simbol: Digunakan untuk mewakili objek
seperti jalan, sungai, atau bangunan.
c) Skala: Menunjukkan perbandingan jarak
pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan.
d) Legenda: Menjelaskan arti dari
simbol-simbol yang digunakan.
Matematika
Capaian Pembelajaran:
1. -Peserta
didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan
cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat,
membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan
dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah
berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.
2. -
Peserta
didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai
1.000.
3. -Peserta
didik dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100
menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga
dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
4. -Peserta
didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu
dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan
senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
5. -Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
- Tujuan Pembelajaran
: Peserta didik mampu memahami operasi perkalian bilangan cacah sampai 100
menggunakan benda konkret, gambar, dan simbol
Materi:
Sumatif Materi Perkalian
a) Perkalian tanpa menyimpan
b) Perkalian dengan menyimpan
c) Perkalian dengan benda konkrit
https://youtu.be/NxskNLa2aUU?si=Sz1UJLhpGqznzEnv
https://youtu.be/NxskNLa2aUU?si=Sz1UJLhpGqznzEnv
4. Bahasa
Indonesia
Capaian Pembelajarn: Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
Tujuan Pembelajaran : Melalui kegiatan menulis pengalaman, peserta didik dapat menggunakan struktur deskripsi
Hari ini
kegiatan kita adalah evaluasi pembelajaran atau penilaian sumatif dengan Materi
:
- Kosakata
baru pada teks
- Homonim
- Awalan Me-
- Menemukan
informasi
- Kalimat
Majemuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar