Materi Ajar : Senin, 29 September 2025
Hari/Tanggal : Senin, 29 September 2025
Kelas : IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami operasi perkalian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda konkret, gambar, dan simbol
Capaian Pembelajaran : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat menjelaskan ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari
Capaia Pembelajaran : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya
Mengenal Peta
1. Apa itu Peta?: Peta adalah gambaran atau representasi
dari permukaan bumi atau suatu wilayah yang digambarkan pada bidang datar
dengan skala tertentu.
2. Unsur-unsur Peta:
- Judul Peta: Menunjukkan nama wilayah yang
digambarkan.
- Simbol: Digunakan untuk mewakili objek
seperti jalan, sungai, atau bangunan.
- Skala: Menunjukkan perbandingan jarak pada
peta dengan jarak sebenarnya di lapangan.
- Legenda: Menjelaskan arti dari simbol-simbol
yang digunakan.
Hari ini kegiatan kita adalah evaluasi pembelajaran atau penilaian sumatif dengan Materi :
- Kosakata baru pada teks
- Homonim
- Awalan Me-
- Menemukan informasi
- Kalimat Majemuk
- TP : Murid dapat mengenal dan mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Aturan di Lingkungan Sekitar
1. Pentingnya Aturan: Aturan dibuat untuk menjaga
ketertiban, keamanan, dan kenyamanan bersama di lingkungan sekitar seperti
rumah, sekolah, dan masyarakat.
2. Contoh Aturan di Lingkungan:
- Di sekolah: Mengikuti aturan berpakaian,
menghormati guru, tidak berbuat gaduh di kelas.
- Di rumah: Membantu orang tua, menjaga
kebersihan, tidak membuat keributan.
- Di masyarakat: Menghormati tetangga, menjaga
kebersihan lingkungan, mengikuti aturan lalu lintas.
Nilai-nilai Pancasila yang Terkait
1. Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa (menghormati aturan
sebagai bentuk ketaatan pada nilai-nilai ketuhanan).
2. Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (menghargai
hak dan kewajiban diri sendiri dan orang lain).
3. Sila Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat
Indonesia (menjaga keadilan dan ketertiban untuk kebaikan bersama).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar