Minggu, 21 September 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az Zahra. Senin, 22 September 2025

 Materi Ajar                        : Senin, 22 September 2025

 Hari/Tanggal                   :  Senin, 22 September 2025

Kelas                                : IV Fatimah Az Zahra



Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.

1. Matematika : Sumatif 

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami operasi perkalian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda konkret, gambar, dan simbol 

Capaian Pembelajaran : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. 

Hari ini kegiatan kita adalah evaluasi pembelajaran atau penilaian sumatif dengan Materi : 

 

- Perkalian tanpa menyimpan

- Perkalian dengan menyimpan

- Perkalian dengan simbol dan benda konkrit

2. IPAS : Sumatif 

Tujuan Pembelajaran : Murid dapat menjelaskan ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari                

Capaia Pembelajaran : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Hari ini kegiatan kita adalah evaluasi pembelajaran atau penilaian sumatif dengan Materi : 

- Ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari

- Gejala gaya gesek dalam kehiduan sehari-hari

- Gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari


3. Bahasa Indonesia : Sumatif 

Tujuan Pembelajaran : Melalui kegiatan menulis pengalaman, peserta didik dapat menggunakan struktur deskripsi     
Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Hari ini kegiatan kita adalah evaluasi pembelajaran atau penilaian sumatif dengan Materi : 

 

- Kosakata baru pada teks

- Homonim

- Awalan Me-

- Menemukan informasi 

- Kalimat Majemuk


. Pancasila : Sumatif 
- CP : Murid Membedakan dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

- TP : Murid dapat mengenal dan mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hari ini kegiatan kita adalah evaluasi pembelajaran atau penilaian sumatif dengan Materi : 

- lingkungan tempat tinggalku

- desa, kelurahan, dan kecamatan 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS kelas 4 Fatimah Az Zahra. Selasa, 14 Oktober 2025

Materi Ajar      : Selasa 14 Oktober 2025 Hari/Tanggal  : Selasa 14 Oktober 2025 Kelas                : IV Fatimah Az Zahra   As...