Materi
Ajar :
Selasa, 7 Oktober 2025
Hari/Tanggal
: Selasa, 7 Oktober 2025
Kelas
:
IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum
warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar
anak sholih sholihah…
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
Pendidikan
Pancasila
Capaian Pembelajaran
: Peserta didik mengidentifikasi dan melaksanakan aturan di sekolah dan
lingkungan tempat tinggal; mengidentifikasi dan melaksanakan hak dan kewajiban
sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
Tujuan Pembelajaran
: Murid dapat memahami dan membuat aturan di lingkungan tempat
tinggal.
Materi
: https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=eCLI6_tFi0m4KSi3
https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=eCLI6_tFi0m4KSi3
Aturan di
Lingkungan Sekitar
1. Pentingnya
Aturan: Aturan dibuat untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan
bersama di lingkungan sekitar seperti rumah, sekolah, dan masyarakat.
2. Contoh
Aturan di Lingkungan:
a) Di sekolah: Mengikuti aturan
berpakaian, menghormati guru, tidak berbuat gaduh di kelas.
b) Di rumah: Membantu orang tua, menjaga
kebersihan, tidak membuat keributan.
c) Di masyarakat: Menghormati tetangga,
menjaga kebersihan lingkungan, mengikuti aturan lalu lintas.
Nilai-nilai
Pancasila yang Terkait
1. Sila
Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa (menghormati aturan sebagai bentuk ketaatan
pada nilai-nilai ketuhanan).
2. Sila Kedua:
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (menghargai hak dan kewajiban diri sendiri
dan orang lain).
3. Sila
Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia (menjaga keadilan dan
ketertiban untuk kebaikan bersama).
IPAS
Tujuan Pembelajaran
: Murid dapat mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggal
melalui peta konvensional/digital
Capaian Pembelajaran: Peserta
didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud
zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk
dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam
kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk
benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap
kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial
yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak
kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta
konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan
profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal,
sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya;
perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya
https://youtu.be/Tz37TEdmV5Y?si=kq9SiDQ9cn_Se1xf
https://youtu.be/Tz37TEdmV5Y?si=kq9SiDQ9cn_Se1xf
Materi :
Mengenal
Peta
1. Apa itu
Peta? Peta adalah gambaran atau representasi dari permukaan bumi atau suatu
wilayah yang digambarkan pada bidang datar dengan skala tertentu.
2. Unsur-unsur
Peta:
- Judul Peta: Menunjukkan nama wilayah yang digambarkan.
- Simbol: Digunakan untuk mewakili objek seperti jalan, sungai, atau bangunan.
- Skala: Menunjukkan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di
lapangan.
- Legenda: Menjelaskan arti dari simbol-simbol yang digunakan.
Matematika
Tujuan Pembelajaran
: Peserta didik mampu memahami operasi pembagian bilangan cacah sampai 100
menggunakan benda konkret, gambar, dan simbol
Capaian Pembelajaran
:
1.
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada
bilangan cacah sampai 10.000.
2.
Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan,
mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi
bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan
uang menggunakan ribuan sebagai satuan.
3. Peserta
didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai
1.000.
4.
peserta didik dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah
sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika.
Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.
5.
Peserta didik dapat membandingkan dan
mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan
penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar
dan simbol matematika.
6. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
Materi
:
A. Pengertian
Pembagian
Pembagian
adalah proses membagi suatu bilangan menjadi beberapa bagian sama besar atau
proses mengulang pengurangan dengan bilangan yang sama.
Contoh:
1. 12 ÷ 3 artinya 12 dibagi menjadi 3
kelompok sama besar, hasilnya 4.
2. 12 – 3 – 3 – 3 – 3 = 0 →
dilakukan pengurangan 3 sebanyak 4 kali.
B. Hubungan
Perkalian dan Pembagian
Pembagian
merupakan kebalikan dari perkalian.
Contoh: 4 × 3 = 12 → 12 ÷ 3 = 4 dan 12 ÷ 4 = 3.
C. Cara
Menghitung Pembagian
1. Dengan
Benda Konkret
Misal: 20
kelereng dibagi 4 anak, setiap anak mendapat 5 kelereng.
2. Dengan
Garis Bilangan / Pengurangan Berulang
15 ÷ 5 →
kurangi 15 dengan 5 berulang kali (15–5–5–5).
3. Dengan
Tabel Perkalian
Cari bilangan yang jika dikalikan menghasilkan bilangan
D. Contoh
Soal
1) 24 ÷ 6 = …
2) 35 ÷ 5 = …
3) 48 ÷ 8 = …
E. Soal
Cerita
Siti memiliki 36 permen yang akan dibagikan kepada 9 temannya secara merata. Berapa permen yang diterima setiap teman?
Bahasa
Indonesia
Capaian
Pembelajarn: Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan
lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau
didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di
lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang
dibacakan atau dari media audio.
Tujuan
Pembelajaran : Melalui kegiatan menulis pengalaman, peserta didik dapat
menggunakan struktur deskripsi
A. Pengertian
Menyimak
Menyimak adalah kegiatan mendengarkan dengan penuh perhatian untuk memperoleh informasi atau pesan dari teks yang dibacakan.
B. Tujuan
Menyimak
1) Memahami isi teks.
2) Menemukan gagasan pokok dan informasi
penting.
3) Menikmati cerita atau pesan.
C. Cara
Menyimak yang Baik
1. Duduk
dengan posisi nyaman dan rapi.
2. Fokus pada
pembaca, tidak berbicara sendiri.
3. Mencatat
kata kunci atau informasi penting.
4. Mengajukan pertanyaan setelah teks selesai.
D. Jenis Teks
yang Bisa Disimak
1) Cerita rakyat
2) Pengumuman
3) Berita sederhana
4) Puisi atau pantun
E. Contoh
Teks Pendek
(Guru dapat
menyiapkan teks ±150 kata, misalnya cerita tentang “Gotong Royong di Kampung
Bersih”)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar