Materi
Ajar : Rabu 3 Desember 2025
Hari/Tanggal :
Rabu 3 Desember 2025
Kelas
: IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa
kabar anak sholih sholihah…
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.
KISI-KISI
SOAL
SUMATIF AKHIR
SEMESTER
GANJIL
TAHUN 2025/2026
Kelas/Fase : IV
(Empat) / B
Semester : 1 (Satu)
Mata Pelajaran :
Matematika
|
FASE |
MATA PELAJARAN |
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
TUJUAN PELAJARAN |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
NO SOAL |
|
B |
Matematika |
Bilangan |
Peserta
didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca,
menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai
tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka
juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai
satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan
cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika.
Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. |
1.
Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 10.000 |
Bilangan
cacah sampai dengan 10.000 |
Disajikan dengan data peserta
didik mampu menuliskan lambang bilangan.dengan tepat |
PG |
L1/C2 |
1 |
|
|
|
|
|
|
Bilangan
cacah sampai dengan 10.000 |
Disajikan dengan data peserta
didik mampu menuliskan lambang bilangan.dengan tepat |
PG |
L1/C2 |
2 |
|
|
|
|
|
2.
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai
10.000 |
Bilangan cacah sampai 10.000 |
Disajikan dengan data peserta
didik mampu menentukan urutan bilangan dari yang terkecil dengan tepat. |
PG |
L2/C3 |
3 |
|
|
|
|
|
|
Bilangan cacah sampai 10.000 |
Disajikan dengan data peserta
didik mampu menentukan symbol matematika
bilangan dengan tepat. |
PG |
L2/C3 |
4 |
|
|
|
|
|
3.
Peserta didik dapat menuliskan komposisi dan dekomposisi bilangan cacah
sampai 10.000 |
Komposisi dan dekomposisi
bilangan cacah sampai 10.000 |
Disajikan data bilangan peserta
didik dapat menuliskan simbol bilangan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
5 |
|
|
|
Aljabar |
Peserta
didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika
yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100. |
|
Penjumlahan dan pengurangan
bilangan |
Disajikan penjumlahan lambang
bilangan peserta didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
6 |
|
|
|
|
|
|
Penjumlahan dan pengurangan
bilangan |
Disajikan soal cerita peserta
didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
7 |
|
|
|
|
|
|
Penjumlahan dan pengurangan
bilangan |
Disajikan soal pengurangan
bilangan, peserta didik dapat mengurangi bilangan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
8 |
|
|
|
|
|
|
Faktor dan kelipatan bilangan |
Disajikan data peserta didik
dapat menuliskan kelipatan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
9 |
|
|
|
|
|
|
Faktor dan kelipatan bilangan |
Disajikan data peserta didik
dapat menuliskan faktor dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
10 |
|
|
|
|
|
|
Faktor dan kelipatan bilangan |
Disajikan data peserta didik
dapat menuliskan faktor dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
11 |
|
B |
Matematika |
Bilangan |
Peserta
didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu
dan antar- pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai
menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta
didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan
desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan
dengan konsep persen. |
|
Pecahan |
Disajikan data gambar pecahan,
peserta didik dapat menentukan nilai pecahan dari gambar yang diarsir dengan
tepat |
PG |
L1/C2 |
12 |
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan data pecahan peserta
didik dapat mengisi bilangan yang sesuai dengan simbol matematika |
PG |
L2/C3 |
13 |
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan data pecahan peserta
didik dapat mengisi bilangan yang sesuai dengan simbol matematika |
PG |
L2/C3 |
14 |
|
|
|
|
|
|
Pecahan senilai |
Disajikan data pecahan peserta
didik dapat menentukan bilangan dari pecahan senilai dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
15 |
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan data pecahan peserta
didik dapat menentukan bilangan dari pecahan senilai dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
16 |
|
|
|
|
|
|
Penjumlahan pecahan |
Disajikan data pecahan peserta
didik dapat menghitung penjumlahan pecahan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
17 |
|
|
|
|
|
|
Pecahan desimal dan persen |
Disajikan soal cerita peserta
didik dapat mengubah pecahan dalam bentuk desimal dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
18 |
|
B |
Matematika |
Aljabar |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau
objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan
dan pengurangan pada bilangan
cacah sampai 100. |
|
Pola gambar/obyek |
Disajikan pola gambar peserta
didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
19 |
|
|
|
|
|
|
Pola gambar/obyek |
Disajikan pola gambar peserta
didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
20 |
|
|
|
|
|
|
Pola gambar/obyek |
Disajikan pola gambar peserta
didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
21 |
|
|
|
|
|
|
Pola gambar/obyek |
Disajikan pola gambar peserta
didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
22 |
|
|
|
|
|
|
Pola gambar/obyek |
Disajikan pola gambar peserta
didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
23 |
|
|
|
|
|
|
Pola bilangan |
Disajikan soal cerita peserta
didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
24 |
|
|
|
|
|
|
Pola bilangan |
Disajikan data peserta didik
dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
PG |
L2/C3 |
25 |
|
B |
Matematika |
Bilangan |
Peserta
didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca,
menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai
tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka
juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai
satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan
cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika.
Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. |
1.
Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 10.000 |
Bilangan
cacah sampai dengan 10.000 |
Disajikan dengan data peserta
didik mampu menuliskan lambang bilangan.dengan tepat |
ISIAN |
L1/C2 |
1 |
|
|
|
|
|
|
Bilangan cacah sampai 10.000 |
Disajikan data peserta didik
dapat membandingkan bilangan dengan tepat |
ISIAN |
L1/C2 |
2 |
|
|
|
Aljabar |
Peserta
didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika
yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100. |
Peserta didik dapat menuliskan
penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000 |
Penjumlahan dan pengurangan
bilangan |
Disajikan penumlahan lambang bilangan
peserta didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat |
ISIAN |
L2/C3 |
3 |
|
B |
Matematika |
Bilangan |
Peserta
didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu
dan antar- pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai
menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta
didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan
desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan
dengan konsep persen. |
|
Pecahan |
Disajikan data gambar pecahan,
peserta didik dapat menentukan nilai pecahan dari gambar yang diarsir dengan
tepat |
ISIAN |
L1/C2 |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan soal data didik dapat
mengurutkan pecahan dari yang terbesar dengan tepat. |
ISIAN |
L2/C3 |
4 |
|
|
|
|
|
|
Pecahan desimal dan persen |
Disajikan soal cerita peserta
didik dapat mengubah desimal ke dalam pecahan dengan tepat |
ISIAN |
L2/C3 |
5 |
|
|
|
|
|
|
Pecahan desimal dan persen |
Disajikan soal cerita peserta
didik dapat mengubah desimal ke dalam persen dengan tepat |
ISIAN |
L2/C3 |
6 |
|
B |
Matematika |
Aljabar |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau
objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan
dan pengurangan pada bilangan
cacah sampai 100. |
Peserta didik dapat menentukan
pola bilangan |
Pola bilangan |
Disajikan data peserta didik
dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
ISIAN |
L2/C3 |
7 |
|
|
|
|
|
|
Pola bilangan |
Disajikan data peserta didik
dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
ISIAN |
L2/C3 |
8 |
|
|
|
|
|
|
Pola bilangan |
Disajikan soal cerita peserta
didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
ISIAN |
L2/C3 |
9 |
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan
pola gambar |
Pola gambar/obyek |
Disajikan pola gambar peserta
didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
ISIAN |
L2/C3 |
10 |
|
B |
Matematika |
Bilangan |
Peserta
didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca,
menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai
tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka
juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai
satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah
sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan
cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika.
Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. |
|
Bilangan cacah sampai 10.000 |
Disajikan data peserta didik
dapat membandingkan bilangan dengan tepat |
ESSAY |
L2/C3 |
1 |
|
|
|
Aljabar |
Peserta
didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika
yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.
|
|
Penjumlahan dan pengurangan
bilangan |
Disajikan penjumlahan lambang
bilangan peserta didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat |
ESSAY |
L2/C3 |
2 |
|
B |
Matematika |
Bilangan |
Peserta
didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu
dan antar- pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai
menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta
didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan
desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan
dengan konsep persen. |
Peserta didik dapat menentukan
nilai pecahan dari gambar |
Pecahan |
Disajikan data gambar pecahan,
peserta didik dapat menentukan nilai pecahan dari gambar yang diarsir dengan
tepat |
ESSAY |
L2/C3 |
3 |
|
B |
Matematika |
Aljabar |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau
objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan
dan pengurangan pada bilangan cacah
sampai 100. |
Peserta didik dapat menentukan
pola bilangan |
Pola bilangan |
Disajikan data peserta didik dapat
menentukan pola bilangan dengan tepat |
ESSAY |
L2/C3 |
4 |
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan
pola gambar |
Pola gambar/obyek |
Disajikan pola gambar peserta
didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
ESAAY |
L2/C3 |
5 |
Seni Rupa
:
Kelas 4
Semester 1 (Kurikulum Merdeka)
1. Seni
Rupa dan Unsur-unsurnya
Seni rupa
adalah karya seni yang dapat dilihat dan diraba.
Unsur-unsur
seni rupa meliputi:
Titik:
unsur paling dasar
Garis:
goresan yang memanjang
Bentuk/Bidang:
hasil dari pertemuan garis
Warna:
memberi kesan indah pada karya
Tekstur:
kesan kasar atau halus
Ruang:
kesan kedalaman atau jarak
2. Warna
dalam Seni Rupa
Warna
memiliki peran penting dalam karya seni.
Macam-macam
warna:
Warna
primer: merah, kuning, biru
Warna
sekunder: campuran dua warna primer
Warna
tersier: campuran warna primer dan sekunder
Warna
panas & dingin: memberi kesan hangat atau sejuk
3. Bentuk
Dua Dimensi (2D)
Karya seni
rupa dua dimensi adalah karya yang hanya memiliki panjang dan lebar.
Contoh
karya 2D:
Gambar
Lukisan
Poster
Hiasan
dinding
4.
Menggambar Bentuk dan Objek Sekitar
Menggambar
merupakan kegiatan menuangkan ide ke dalam gambar.
Objek
gambar:
Benda alam
(buah, daun, gunung)
Benda
buatan (masjid, rumah, kendaraan)
Teknik
menggambar:
Sketsa
Arsir
Pewarnaan
5. Seni
Dekorasi
Seni
dekorasi adalah seni menghias benda agar tampak indah.
Contoh
seni dekorasi:
Hiasan
dinding
Bendera
hias
Hiasan
buku atau kelas
Motif hias
bisa berbentuk:
Geometris
Flora
Fauna
6.
Ekspresi dan Apresiasi Seni
Dalam
berkarya seni, siswa diajak:
Menyampaikan
ide dan perasaan
Menghargai
karya sendiri dan orang lain
Bersikap
percaya diri dan kreatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar