Selasa, 02 Desember 2025

Kisi-Kisi SAS kelas 4 Fatimah Az-Zahra Rabu 3 Desember 2025

 

Materi Ajar      : Rabu 3 Desember 2025

Hari/Tanggal  : Rabu 3 Desember  2025

Kelas                : IV Fatimah Az Zahra

 

A cartoon of a child and a child giving thumbs up

AI-generated content may be incorrect.


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.

KISI-KISI SOAL

SUMATIF AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN 2025/2026

Kelas/Fase                 : IV (Empat) / B

Semester                    : 1 (Satu)

Mata Pelajaran         : Matematika


FASE

MATA PELAJARAN

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PELAJARAN

MATERI

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

LEVEL KOGNITIF

NO SOAL

B

Matematika

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.

 

Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

1.    Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 10.000

 

 

Bilangan cacah sampai dengan 10.000

Disajikan dengan data peserta didik mampu menuliskan lambang bilangan.dengan tepat

PG

L1/C2

1

 

 

 

 

 

Bilangan cacah sampai dengan 10.000

Disajikan dengan data peserta didik mampu menuliskan lambang bilangan.dengan tepat

PG

L1/C2

2

 

 

 

 

2. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000

 

Bilangan cacah sampai 10.000

Disajikan dengan data peserta didik mampu menentukan urutan bilangan dari yang terkecil dengan tepat.

 

PG

L2/C3

3

 

 

 

 

 

Bilangan cacah sampai 10.000

Disajikan dengan data peserta didik mampu menentukan symbol matematika  bilangan dengan tepat.

 

PG

L2/C3

4

 

 

 

 

3. Peserta didik dapat menuliskan komposisi dan dekomposisi bilangan cacah sampai 10.000

Komposisi dan dekomposisi bilangan cacah sampai 10.000

Disajikan data bilangan peserta didik dapat menuliskan simbol bilangan dengan tepat

PG

L2/C3

5

 

 

Aljabar

Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

  1. Peserta didik dapat menuliskan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000

Penjumlahan dan pengurangan bilangan

Disajikan penjumlahan lambang bilangan peserta didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat

PG

L2/C3

6

 

 

 

 

 

Penjumlahan dan pengurangan bilangan

Disajikan soal cerita peserta didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat

PG

L2/C3

7

 

 

 

 

 

Penjumlahan dan pengurangan bilangan

Disajikan soal pengurangan bilangan, peserta didik dapat mengurangi bilangan dengan tepat

PG

L2/C3

8

 

 

 

 

  1. Peserta didik dapat menuliskan faktor dan kelipatan bilangan.

Faktor dan kelipatan bilangan

Disajikan data peserta didik dapat menuliskan kelipatan dengan tepat

PG

L2/C3

9

 

 

 

 

 

Faktor dan kelipatan bilangan

Disajikan data peserta didik dapat menuliskan faktor dengan tepat

PG

L2/C3

10

 

 

 

 

 

Faktor dan kelipatan bilangan

Disajikan data peserta didik dapat menuliskan faktor dengan tepat

PG

L2/C3

11

B

Matematika

Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar- pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

  1. Peserta didik dapat menentukan nilai pecahan dari gambar

Pecahan

Disajikan data gambar pecahan, peserta didik dapat menentukan nilai pecahan dari gambar yang diarsir dengan tepat

PG

L1/C2

12

 

 

 

 

  1. Peserta didik dapat membandingkan pecahan dengan simbol matematika.

 

Disajikan data pecahan peserta didik dapat mengisi bilangan yang sesuai dengan simbol matematika

PG

L2/C3

13

 

 

 

 

 

 

Disajikan data pecahan peserta didik dapat mengisi bilangan yang sesuai dengan simbol matematika

PG

L2/C3

14

 

 

 

 

  1. Peserta didik dapat menentukan pecahan senilai

Pecahan senilai

Disajikan data pecahan peserta didik dapat menentukan bilangan dari pecahan senilai dengan tepat

PG

L2/C3

15

 

 

 

 

 

 

Disajikan data pecahan peserta didik dapat menentukan bilangan dari pecahan senilai dengan tepat

PG

L2/C3

16

 

 

 

 

  1. Peserta didik dapat menghitung penjumlahan pecahan

Penjumlahan pecahan

Disajikan data pecahan peserta didik dapat menghitung penjumlahan pecahan dengan tepat

PG

L2/C3

17

 

 

 

 

  1. Peserta didik dapat menentukan pecahan desimal dan persen.

Pecahan desimal dan persen

Disajikan soal cerita peserta didik dapat mengubah pecahan dalam bentuk desimal dengan tepat

PG

L2/C3

18

B

Matematika

Aljabar

Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar

atau objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

  1. Peserta didik dapat menentukan pola gambar

Pola gambar/obyek

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

PG

L2/C3

19

 

 

 

 

 

Pola gambar/obyek

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

PG

L2/C3

20

 

 

 

 

 

Pola gambar/obyek

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

PG

L2/C3

21

 

 

 

 

 

Pola gambar/obyek

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

PG

L2/C3

22

 

 

 

 

 

Pola gambar/obyek

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

PG

L2/C3

23

 

 

 

 

  1. Peserta didik dapat menentukan pola bilangan

Pola bilangan

Disajikan soal cerita peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

PG

L2/C3

24

 

 

 

 

 

Pola bilangan

Disajikan data peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

PG

L2/C3

25

B

Matematika

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.

 

Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

1.    Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 10.000

 

 

Bilangan cacah sampai dengan 10.000

Disajikan dengan data peserta didik mampu menuliskan lambang bilangan.dengan tepat

ISIAN

L1/C2

1

 

 

 

 

  1. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000

 

Bilangan cacah sampai 10.000

Disajikan data peserta didik dapat membandingkan bilangan dengan tepat

ISIAN

L1/C2

2

 

 

Aljabar

Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

Peserta didik dapat menuliskan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000

Penjumlahan dan pengurangan bilangan

Disajikan penumlahan lambang bilangan peserta didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat

ISIAN

L2/C3

3

B

Matematika

Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar- pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

  1. Peserta didik dapat menentukan nilai pecahan dari gambar

Pecahan

Disajikan data gambar pecahan, peserta didik dapat menentukan nilai pecahan dari gambar yang diarsir dengan tepat

ISIAN

L1/C2

4

 

 

 

 

  1. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan pecahan.

 

Disajikan soal data didik dapat mengurutkan pecahan dari yang terbesar dengan tepat.

ISIAN

L2/C3

4

 

 

 

 

  1. Peserta didik dapat menentukan pecahan desimal dan persen.

Pecahan desimal dan persen

Disajikan soal cerita peserta didik dapat mengubah desimal ke dalam pecahan dengan tepat

ISIAN

L2/C3

5

 

 

 

 

 

Pecahan desimal dan persen

Disajikan soal cerita peserta didik dapat mengubah desimal ke dalam persen dengan tepat

ISIAN

L2/C3

6

B

Matematika

Aljabar

Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar

atau objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

Peserta didik dapat menentukan pola bilangan

Pola bilangan

Disajikan data peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

ISIAN

L2/C3

7

 

 

 

 

 

Pola bilangan

Disajikan data peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

ISIAN

L2/C3

8

 

 

 

 

 

Pola bilangan

Disajikan soal cerita peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

ISIAN

L2/C3

9

 

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan pola gambar

Pola gambar/obyek

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

ISIAN

L2/C3

10

B

Matematika

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut.

 

Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

  1. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000

 

Bilangan cacah sampai 10.000

Disajikan data peserta didik dapat membandingkan bilangan dengan tepat

ESSAY

L2/C3

1

 

 

Aljabar

Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

  1. Peserta didik dapat menuliskan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000

Penjumlahan dan pengurangan bilangan

Disajikan penjumlahan lambang bilangan peserta didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat

ESSAY

L2/C3

2

B

Matematika

Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar- pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Peserta didik dapat menentukan nilai pecahan dari gambar

Pecahan

Disajikan data gambar pecahan, peserta didik dapat menentukan nilai pecahan dari gambar yang diarsir dengan tepat

ESSAY

L2/C3

3

B

Matematika

Aljabar

Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar

atau objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan

cacah sampai 100.

Peserta didik dapat menentukan pola bilangan

Pola bilangan

Disajikan data peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

ESSAY

L2/C3

4

 

 

 

Peserta didik dapat menentukan pola gambar

Pola gambar/obyek

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

ESAAY

L2/C3

5

 

 

 

 

 

Seni Rupa : 

Kelas 4 Semester 1 (Kurikulum Merdeka)

1. Seni Rupa dan Unsur-unsurnya

Seni rupa adalah karya seni yang dapat dilihat dan diraba.

Unsur-unsur seni rupa meliputi:

Titik: unsur paling dasar

Garis: goresan yang memanjang

Bentuk/Bidang: hasil dari pertemuan garis

Warna: memberi kesan indah pada karya

Tekstur: kesan kasar atau halus

Ruang: kesan kedalaman atau jarak

2. Warna dalam Seni Rupa

Warna memiliki peran penting dalam karya seni.

Macam-macam warna:

Warna primer: merah, kuning, biru

Warna sekunder: campuran dua warna primer

Warna tersier: campuran warna primer dan sekunder

Warna panas & dingin: memberi kesan hangat atau sejuk

3. Bentuk Dua Dimensi (2D)

Karya seni rupa dua dimensi adalah karya yang hanya memiliki panjang dan lebar.

Contoh karya 2D:

Gambar

Lukisan

Poster

Hiasan dinding

4. Menggambar Bentuk dan Objek Sekitar

Menggambar merupakan kegiatan menuangkan ide ke dalam gambar.

Objek gambar:

Benda alam (buah, daun, gunung)

Benda buatan (masjid, rumah, kendaraan)

Teknik menggambar:

Sketsa

Arsir

Pewarnaan

5. Seni Dekorasi

Seni dekorasi adalah seni menghias benda agar tampak indah.

Contoh seni dekorasi:

Hiasan dinding

Bendera hias

Hiasan buku atau kelas

Motif hias bisa berbentuk:

Geometris

Flora

Fauna

6. Ekspresi dan Apresiasi Seni

Dalam berkarya seni, siswa diajak:

Menyampaikan ide dan perasaan

Menghargai karya sendiri dan orang lain

Bersikap percaya diri dan kreatif

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi-Kisi SAS Kelas 4 Fatimah Az-Zahra Kamis 4 Desember

  Materi Ajar      : Kamis 4   Desember 2025 Hari/Tanggal  : Kamis 4 Desember  2025 Kelas                : IV Fatimah Az Zahra   ...