Materi
Ajar : Kamis 4 Desember 2025
Hari/Tanggal :
Kamis 4 Desember 2025
Kelas
: IV Fatimah Az Zahra
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa
kabar anak sholih sholihah…
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari
kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan
diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan
lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu,
murojaah, sholat sunah Dhuha.
KISI-KISI SOAL
SUMATIF AKHIR SEMESTER
Kelas/Fase :
4 (Satu) / B
Semester :
1 (Ganjil)
Mata Pelajaran : IPAS
|
FASE |
MATA PELAJARAN |
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
NO SOAL |
|
B |
IPAS |
Pemahaman IPAS |
Peserta
didik memahami sumber dan bentuk energi serta perubahan bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari. Peserta didik menggunakan pemahamannya untuk
mendeskripsikan bagaimana manfaat perubahan energi itu terhadap dirinya dan
lingkungan di sekitarnya. |
BAB 1 Mengubah bentuk energi Perubahan bentuk energi Fotosintesis Manfaat
perubahan energi |
Disajikan narasi, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi dengan benar. |
PG |
L1 /
C3 |
1 |
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan pernyataan
yang merupakan definisi dari energi dengan benar |
PG |
L1/C3 |
2 |
|||||
|
Disajikan
narasi, siswa dapat menentukan tujuan dari fotosintesis dengan benar. |
PG |
L1/C3 |
3 |
|||||
|
Disajikan
soal, siswa dapat menentukan kapan terjadinya fotosintesis dengan tepat. |
PG |
L1/C2 |
4 |
|||||
|
Disajikan soal, siswa dapat menganalisi energi
yang dibutuhkan untuk mengeringkan baju dengan benar |
PG |
L1/C3 |
5 |
|||||
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan
sumber energi yang tak terbatas dengan tepat |
PG |
L1/C3 |
6 |
|||||
|
Disajiakan soal,
siswa dapat melengkapi dari definisi energi dengan tepat |
ISIAN |
L1/C2 |
1 |
|||||
|
Disajikan soal,
siswa dapat menentukan benda yang memanfaatkan energi listrik menjadi energi
panas dengan benar |
ISIAN |
L1/C3 |
2 |
|||||
|
Disajikan
narasi, siswa dapat menganalisis energi yang digunakan untuk mengeringkan
pakaian dengan tepat |
ISIAN |
L1/C3 |
3 |
|||||
|
|
|
|
|
|
Disajikan gambar,
siswa dapat menentukan huruf pada gambar bagian tubuh tumbuhan tempat
terjadinya fotosintesis dengan tepat. |
ISIAN |
L1/C3 |
4 |
|
Disajikan
soal, siswa dapat menentukan tanaman yang menyimpan makanan di akar dengan
tepat |
ISIAN |
L1/C3 |
5 |
|||||
|
Disajikan
soal, siswa dapat menentukan masing-masing dari contoh energi listri dengn
perubahannya menjadi energi gerak, panas, dan bunyi |
ESAY |
L1/C3 |
1 |
|||||
|
|
|
|
|
|
Disajikan gambar,
siswa dapat mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan beserta fungsi bagian dari
tubuh tumbuhan dengan benar |
ESAY |
L1/ C4 |
2 |
|
|
||||||||
|
|
|
|
Peserta didik dapat membedakan jenis gaya dan pengaruhnya
terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; |
Bab 2: Gaya di Sekitar Kita Pengaruh gaya terhadap benda Gaya gesek Sifat dan
manfaat gaya magnet |
Disajiakan narasi, siswa dapat mengidentifikasi
fungsi dari alat yang dapat menggerakan air sungai dengan benar |
PG |
L1/C4 |
7 |
|
Disajikan
gambar, siswa dapat menganalisis gaya yang terjadi dengan tepat |
PG |
L1/C3 |
8 |
|||||
|
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi hal
yang terjadi dengan benar. |
PG |
L1/C4 |
9 |
|||||
|
Disajikan soal, siswa dapat mengidentifikasi cara
yang dapat memperbesar gaya gesek dengan benar. |
PG |
L1/C4 |
10 |
|||||
|
Disajikan
soal, siswa dapat menyebutkan gaya yang dihasilkan dari gaya otot dengan
tepat. |
PG |
L1/C1 |
11 |
|||||
|
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat
mengidentifikasi cara memperbesar gaya gesek dengan menentukan nomor yang
telah tersaji dengan benar. |
PG |
L1/C4 |
12 |
|||||
|
|
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi
peristiwa yang terjadi pada kutup magnet A dan B yang sesama dengan tepat |
PG |
L1/C4 |
13 |
||||
|
Disajikan narasi, siswa dapat menentukan dua kutup
yang berbeda jika didekatkan dngan benar |
PG |
L1/C3 |
14 |
|||||
|
Disajiakn soal siswa dapat mengidentifikasi alat
rumah tangga yang memanfaatkan magnet dengan tepat |
PG |
L1/C4 |
15 |
|||||
|
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya
yang terjadi dengan benar |
ISIAN |
L1/C4 |
6 |
|||||
|
Disajikan narasi, siswa dapat mengidentifikasi
gaya yang digunakan untuk mendorong, menarik atau mengangkat benda dengan
benar |
ISIAN |
L1/C4 |
7 |
|||||
|
Disajikan
soal, siswa dapat menentukan 4 macam gaya dengan tepat |
ESAY |
L1/C3 |
3 |
|||||
|
|
||||||||
|
|
|
|
Peserta
didik mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui
peta konvensional/digital. Peserta didik mengenal ragam bentang alam. |
Bab 3: Di Sini Tempat Tinggalku! Komponen dan fungsi peta Letak geografis daerah Ragam
bentang alam |
Disajikan narasi, siswa dapat menentukan bentang
alam buatan dengan tepat |
PG |
L1/C3 |
16 |
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan dua jenis
peta dengan benar |
PG |
L1/C3 |
17 |
|||||
|
Disajikan soal, siswa dapat menganalisis
kenampakan muka bumi yang berbentuk datar dengan tepat |
PG |
L1/C3 |
18 |
|||||
|
Disajiakan soal, siswa dapat mengidentifikasi
komponen dari peta yang disebut dengan Kunci Peta dengan tepat |
PG |
L1/C4 |
19 |
|||||
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan bentang
alam perairan dengan tepat |
PG |
L1/C3 |
20 |
|||||
|
|
|
|
|
|
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi
daerah yang cocok pada mata pencarian dengan tepat |
PG |
L1/C4 |
21 |
|
|
|
|
|
|
Disajiakan soal, siswa dapat menganalisis tanaman
yang biasa tumbuh di sekitar pantai dengan benar |
PG |
L1/C3 |
22 |
|
|
|
|
|
|
Disajikan soal, siswa dapat mencirikan perairan
yang memiliki ciri-ciri air yang asin dengan tepat |
ISIAN |
L1/C2 |
8 |
|
|
||||||||
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menelaah masalah yang berkaitan dengan perubahan iklim. |
Bab 4: Iklim dan Perubahannya Perbedaan cuaca, musim, iklim Efek rumah kaca Dampak
perubahan iklim |
Disajikan soal, siswa dapat menentukan dua musim
yang ada di Indonesia dengan benar. |
PG |
L1/C3 |
23 |
|
Disajiakan soal, siswa dapat menganalisis cara
untuk mengurangi efek rumah kaca dengan benar |
PG |
L1/C4 |
24 |
|||||
|
Disajikan gambar, siswa dapat menentukan situasi
musim dengan tepat |
PG |
L1/C1 |
25 |
|||||
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan batas
antara laut dan daratan dengan tepat. |
ISIAN |
L1/C3 |
9 |
|||||
|
|
|
|
|
|
Disajiakn soal, siswa dapat mentukan dua musim
yang ada di Indonesia dengan tepat |
ISIAN |
L1/C3 |
10 |
|
Disajikan soal, siswa dapat menentukan 5 komponen-koponen
dari peta |
ESAY |
L1/C3 |
4 |
|||||
|
Disajikan soal, siswa dapat mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa yang terjadi selama musim panas dengan benar |
ESAY |
L1/C4 |
5 |
|||||
KISI-KISI
SAS BAHASA LAMPUNG KELAS 4 SEMESTER 1
TAHUN AJARAN 2025-2026
|
NO |
KD |
LINGKUP
MATERI |
MATERI |
INDIKATOR
SOAL / STIMULUS |
LEVEL
KOGNITIF |
BENTUK
SOAL |
|
|
4.3.1
Memahami wacana dari teks cerita yang berisi tentang indahnya kebersamaan
dengan menggunakan Bahasa lampung. 4.3.2
Memahami bentuk bentuk kata dari teks yang berisi tentang hemat energy. 4.3.3.
Memahami ragam Bahasa dari teks percakapan yang berisi kasih sayang terhadap
makhluk hidup. 4.3.4.
Memahami kata Tanya dalam dialog sederhana berbahasa lampung tentang
pekerjaan. 4.3.5.
memahami teks cerita mengenai pahlawan Radin Intan dan pahlawan-pahlawan
lampung lainnya. |
Bahasa |
4.3.1.1.
mengidentifikasi kata dasar dan berimbuhan berdasarkan wacana. 4.3.1.2.
mencari kata-kata sulit dan mengartikannya. 4.3.1.3.
mengidentifikasi pola kalimat. 4.3.2.1.
mengamati gambar dan menceritakan isi gambar tersebut. 4.3.2.2.
melengkapi kalimat rumpang. 4.3.2.3.
mengelompokkan kata berawalan dan kata berakhiran 4.3.2.4.
mengidentifikasi kata ulang dalam bahsa lampung. 4.3.3.1.
mengamati dan menceritakan isi gambar. 4.3.3.2.
membaca teks percakapan. 4.3.4.3
mengidentifikasi kata ganti yang ada dalam teks percakapan. 4.3.3.4.
mengidentifikasi ragam Bahasa dalam Bahasa lampung. 4.3.4.1.
membaca teks percakapan. 4.3.4.2.
mengamati kata tanya yang ada dalam. teks percakapan. 4.3.4.3.
mengidentifikasi alat petanian,peralatan dapur, dan peralatan rumah tangga. 4.3.4.4.
melengkapi teks percakapan dengan kata Tanya yang tepat dalam Bahasa lampung. 4.3.5.1.
membaca teks Radin Intan II 4.3.5.2.
mengidentifikasi pahlawan pahlawan dari lampung lainnya 4.3.5.3.
membaca teks tentang propinsi lampung 4.3.5.4.
mencari nama ibukota kabupaten dan ibukota yang ada di propinsi lampung. |
1. Disajikan
teks “ragam Bahasa lampung” murid dapat menyebutkan judul wacana. 2. Disajikan
teks“ragam Bahasa lampung” murid dapat menyebutkan penggunaan ragam bahasa. 3. Disajikan
teks“ragam Bahasa lampung” murid dapat menyebutkan penggunaan ragam bahasa
yang tepat. 4. Disajikan
teks “ragam Bahasa lampung” murid dapat menyebutkan yang dimaksud. 5. Disajikan
teks “ragam Bahasa lampung” murid dapat menjawab pertanyaan dengan benar. 6. Disajikan
kalimat tanya murid dapat melengkapi kalimat dengan kata Tanya yang sesuai. 7. Disajikan
kalimat murid dapat melengkapi dengan kata ganti orang yang benar. 8. Disajikan
kalimat murid dapat menyebutkan tanda Tanya. 9. Disajikan
gambar murid dapat menyebutkan gambar yang dimaksud. 10. Disajikan
kalimat murid dapat menyebutkan nama ibukota kabutpaten yang dimaksud. 11. Disajikan
sebuah kalimat murid dapat menentukan pola kalimatnya. 12. Disajikan
sebuah kalimat murid dapat menyebutkan unsur kalimatnya. 13. Disajikan
kalimat murid dapat menyebutkan macam macam keterangan. 14. Disajikan
sebuah kata acak murid dapat menyusun kata acak menjadi kalimat yang benar. 15. Disajikan
sebuah kalimat aksara lampung murid dapat membaca kasara dengan benar. 16. Disajikan
kalimat murid dapat menuliskan aksaranya. 17. Disajikan
gambar murid dapat menyebutkan gambar yang dimaksud. 18. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan kata dasar dari kata berimbuhan yang
dimaksud. 19. Disajikan
kata dasar murid dapat menyambungkan dengan imbuhan yang diberikan. 20. Disajikan
percakapan murid dapat melengkapi dengan kata ganti orang. 21. Disajikan
kalimat murid dapat menyebutkan arti kata yang digaris bawahi. 22. Disajikan
kalimat aksara lampung murid dapat membaca aksara dengan benar. 23. Disajikan
gambar murid dapat menyebutkan gambar yang dimaksud. 24. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan letak propinsi lampung. 25. Disajikan
kalimat murid dapat menyebutkan arti dari kata ganti orang yang dimaksud. 26. Disajikan
kalimat murid dapat menuliskan aksaranya. 27. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan judul lagu lampung. 28. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan hasil palawija dari lampung. 29. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan makanan khas dari lampung. 30. Disajikan
gambar murid dapat mengidentifikasi gambar yang dimaksud. 31. Disajikan
kalimat murid dapat menuliskan aksara dari kata yang dimaksud. 32. Disajiakn
kata ulang murid dapat menyebutkan jenis kata ulangnya. 33. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan jenis pekerjaan yang dimaksud. 34. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan alat untuk bertani yang di maksudkan. 35. Disajikan
kalimat murid dapat menyebutkan alat yang digunakan untuk menangkap ikan. 1. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan ari kata ganti orang. 2. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan arti kata ganti orang yang dimaksud. 3. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan ragam Bahasa lampung. 4. Disajikan
gambar murid dapat menyebutkan jenis pekerjaan pada gambar. 5. Disajikan
pernyataan murid dapat menjawab nama pahlwan yang dimaksud. 6. Disajikan
pernyataan murid dapat menjawab pertanyaan dengan benar. 7. Disajikan
gambar murid dapat menyebutkan kata yang dimaksud. 8. Disajikan
kalimat aksara murid dapat membaca aksaranya dengan tepat. 9. Disajikan
pernyataan murid dapat membuat kalimat sesuai dengan pola yang diperintahkan. 10. Disajikan
pernyataan muird dapat menyebutkan unsur kalimatnya dengan benar. 1. Disajikan
pernyataan murid dapat menuliskan kata ganti orang dengan benar. 2. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan macam macam ragam Bahasa lampung. 3. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan jenis jenis profesi. 4. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan macam-macam alat-alat yang digunakan untuk
bertani. 5. Disajikan
pernyataan murid dapat menyebutkan unsur-unsur kalimat. |
|
|
untuk
evaluasi :
1.
Silahkan kalian pahami materi atas.
2.
Kerjakan pertanyaan yang sudah miss berikan.
3.
Silahkan hubungi Miss Rere apabila ada kendala.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar