Materi Ajar Kelas 4B
Hari : Rabu, 13 September 2023
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : IPAS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
BAB 2 : Dibawah atap
1. BAHASA INDONESIA
Bab : 3 Lihat Sekitar
Materi : Paragraf Argumentasi
CP :
1. Menyimak
· Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
2. Membaca dan Memirsa
· Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informasi dan mampu menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
3. Berbicara dan Mempresentasikan
· Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh (gestur) yang santun; menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks; serta mengajukan dan menanggapi pertanyaan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan lebih aktif. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan menerapkan tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beragam.
4. Menulis
· Peserta didik mampu menulis teks narasi, deskripsi, rekon, prosedur, dan eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam serta informasi yang lebih terperinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta didik makin terampil menulis tegak bersambung.
TP/ ATP:
1
- Melalui beragam teks dan kegiatan, peserta didik dapat menulis dengan struktur argumentasi, mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ dan menggunakannya, menyampaikan petunjuk arah, serta menulis teks dengan struktur deskripsi.
CP IPAS
1. Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra)
2. Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup
3. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup
Apa kabar anak-anak bu Dessy hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
Paragraf argumentasi adalah pendapat yang disampaikan lewat paragraf tertulis.
Pendapat yang disampaikan secara lisan atau tertulis adalah bentuk argumentasi yang bisa menjelaskan fungsi dan bukti-bukti peraturan dan data ilmiah.
Paragraf argumentasi berisikan pendapat atau sikap disertai alasan, contoh, dan bukti untuk meyakinkan pembacanya.
Contoh dan bukti ini berguna agar pendapat dan sikap yang dipilih kuat dan valid.
Paragraf argumentasi juga diartikan sebagai jenis paragraf yang membuktikan tentang kebenaran suatu hal.
Untuk bisa menyusun argumentasi dengan sempurna harus mempertimbangkan pola pikir logis dan kritis.
Berikutnya akan dijelaskan tentang ciri-ciri dan contoh dari paragraf argumentasi.
Yuk, simak sama-sama detail tentang ciri-cirinya dan contohnya di bawah ini.
Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi
1. Mengandung pendapat, keyakinan, dan pandangan terhadap sebuah kondisi dan permasalahan;
2. Memiliki data akurat yang dipakai untuk meyakinkan orang lain;
3. Menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisis dan menganalogikan;
4. Ada kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas, tetapi bukan merupakan penegasan kembali sebagai topik utama.
Contoh Kalimat yang Mengawali Paragraf Argumentatif
- "Menurutku ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum kamu pergi liburan"
- "Betul sekali, aku setuju. Tentunya kamu perlu mengikuti jalur atau jadwal supaya kegiatanmu enggak berlarut-larut selama liburan"
- "Aku Tidak setuju, karena selama liburan harusnya kita bisa menikmati waktu tanpa perlu terlalu terpaku dengan rencananya"
- "Aku sependapat denganmu, karena ketika terlalu berpaku pada rencana kita jadi enggak menikmati momentum dan liburannya".
tag: Bahasa Indonesia Kelas 4 SD
Pertanyaan: |
Apakah yang dimaksud dengan paragraf argumentatif? |
1.Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang didalamnya berisi….
a.cerita fiksi
b.pandangan pengarang
c.pendapat, pandangan dan keyakinan yang disertai data akurat
d.menggambarkan sesuatu secara detail
Jawaban :c.pendapat, pandangan dan keyakinan yang disertai data akurat
2.Rambu lalu lintas digunakan untuk memberikan…,kecuali…
a.petunjuk jalan
b.hiasan jalan
c.larangan
d.perintah
Jawaban:b.hiasan jalan
3.Gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya yang berfungsi memudahkan petunjuk lokasi disebut…..
a.rute
b.gambar
c.denah
d.kompas
Jawaban:c.denah
4.Lampu lalu lintas berwarna kuning memiliki arti….
a.berhenti
b.jalan
c.persiapan
d.jalan lurus
Jawaban:c.persiapan
5.Rudi ….. sepeda hati-hati dan memperhatikan rambu lalu lintas.
a.menjalankan
b.mengayuh
c.gowes
d.mengendarai
Jawaban:b.mengayuh
6.Bunyi ….. motor membuat Rudi mengayuh sepeda ke pinggir jalan.
a.bel
b.klakson
c.teriakan
d.raungan
Jawaban:b.klakson
7.Setiap pengendara motor harus menggunakan ….. untuk melindungi kepala dari benturan.
a.topi
b.helm
c.penutup kepala
d.pelindung kepala
Jawaban:b.helm
8.Ayah ….. motor supaya berhenti.
a.gas
b.mengurangi kecepatan
c.rem
d.mematikan
Jawaban:c.rem
9.Jika …… berwarna hijau maka kendaraan dapat berjalan kembali.
a.lampu lalu lintas
b.penerangan jalan
c.tanda
d.rambu lalu lintas
Jawaban:a.lampu lalu lintas
Perhatikan teks berikut ini untuk menjawab pertanyaan nomor 10 dan 11!
Kendaraan juga disebut alat transportasi. Berdasarkan tenaga penggeraknya, kendaraan terbagi menjadi dua yaitu kendaraan yang digerakkan oleh mesin dan kendaraan yang digerakkan oleh makhluk hidup, termasuk manusia. Kendaraan yang digerakkan oleh mesin antara lain mobil, sepeda motor, pesawat terbang, dan kereta api. Sementara itu, delman, gerobak, kereta kuda digerakkan oleh hewan, sedangkan sepeda digerakkan oleh kaki pengendaranya.
10. Alat transportasi yang digerakkan oleh mesin adalah….
a.sepeda
b.delman
c.kereta kuda
d.pesawat terbang
11.Hewan dibawah ini dapat dimanfaatkan untuk alat transportasi, kecuali ….
a.sapi
b.keledai
c.kuda
d.rusa
Jawaban: d.rusa
12.Alat transportasi air yang menggunakan tenaga mesin tetapi ukurannya kecil dan hanya untuk beberapa orang dan jarak tempuhnya dekat adalah …..
a.sampan
b.kapal laut
c.speedboat
d.kapal pesiar
Jawaban:c.speedboat
13.Kupu-kupu …… di udara.
a.terbang
b.beterbangan
c.terbangan
d.berterbangan
Jawaban :b.beterbangan
14.Ayah …. di instansi pemerintah.
a.berkerja
b.kerja
c.bekerja
d.pekerja
Jawaban: c.bekerja
15. Alat transportasi yang dapat menjangkau suatu tempat hingga mancanegara adalah….
a.kereta
b.bus
c.pesawat terbang
d.mobil
Jawaban:c.pesawat terbang
16.Cerita yang ditulis dalam paragraf deskripsi merupakan tulisan….
a.menggambar suatu objek berdasarkan hasil pengamatan,perasaan, dan pengalaman penulisnya.
b.pendapat, pandangan dan keyakinan yang disertai data akurat.
c.menampilkan peristiwa secara kronologis dan memiliki alur gagasan yang pasti.
d.menampilkan kejadian suatu peristiwa dengan tujuan untuk diceritakan kembali
Jawaban:a.menggambar suatu objek berdasarkan hasil pengamatan,perasaan, dan pengalaman penulisnya.
17.Lala mematikan lampu lalu menuju ke kamar,...... Andi menghidupkan kembali lampunya.
Kata penghubung yang tepat untuk kalimat di atas adalah….
a.tetapi
b.namun
c.dan
d. karena
Jawaban:a.tetapi
18.Homonim adalah ……
a.kata yang sama lafal dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya
b.kata yang sama maknanya
c.kata yang berbeda lafal dan ejaannya
d.kata yang berbeda maknanya
Jawaban:a.kata yang sama lafal dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya
19.Yuni menangis.
Contoh kalimat di atas disebut kalimat….
a.tidak utuh
b.sempurna
c.intransitif
d.transitif
Jawaban:c.intransitif
20.Arman sakit perut …… tidak makan tepat waktu.
Kata penghubung yang tepat untuk kalimat di atas adalah….
a.tetapi
b.namun
c.dan
d. karena
Jawaban:d.karena
Perubahan wujud zat sendiri kerap terjadi pada kehidupan sehari-hari.
Nah, untuk kali ini Gridkids akan membahas perubahan wujud zat yang merupakan materi kelas 4 bab 2.
Secara umum perubahan wujud zat bisa terjadi karena sejumlah faktor.
Contoh perubahan wujud yang paling sering dilihat ialah es batu yang padat berubah wujud menjadi cair.
Umumnya es batu akan mencair ketika diletakkan di ruangan terbuka.
Selain itu, perubahan wujud zat terjadi akibat aksi pada benda seperti menerima atau melepas kalor.
Lantas, apa saja perubahan wujud zat yang merupakan materi kelas 4 bab 2 Kurikulum Merdeka?
Yuk, kita cari tahu!
1. Perubahan Wujud Zat Membeku
Perubahan wujud zat yang pertama ialah membeku, yaitu air yang berubah menjadi padat.
Hal tersebut bisa terjadi karena air yang cair didinginkan hingga mencapai titik beku sehingga mengalami perubahan.
Kamu bisa melihat perubahan tersebut ketika memasukkan air ke dalam lemari pendingin, lalu beberapa saat akan berubah membeku atau menjadi es.
2. Mencair
Perubahan wujud yang kedua ialah mencair seperti benda padat yang dipanaskan hingga suhu tertentu.
Hal tersebut seperti es batu yang diletakkan pada suhu tertentu maka akan mencair.
3. Menguap
Perubahan wujud yang ketiga ialah menguap, yaitu perubahan dari cair menjadi gas.
Umumnya peristiwa tersebut membutuhkan energi panas, Kids.
Contohnya ketika Ibu merebus air dan dibiarkan dalam jangka waktu tertentu, maka akan habis akibat menguap.
4. Mengembun
Perubahan wujud yang ketiga ialah mengembun, yaitu benda gas menjadi cair.
Contohnya es batu yang diletakkan di dalam wadah, sehingga luar wadah akan menjadi basah.
5. Mengkristal
Perubahan wujud yang satu ini terjadi karena adanya gas yang berubah menjadi padat.
Contohnya uap yang menjadi es atau salju di negara tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar