Selasa, 19 September 2023

Materi Ajar Kelas 4B. Rabu, 20 September 2023

 Materi Ajar Kelas 4B

Hari                          : Rabu, 20 September 2023

Kelas                        : VI (Empat) B

Mata Pelajaran       : IPAS

Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia

BAB   2                    :  Dibawah atap

A.    Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat mengidentifikasi ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari dengan benar.

2.      Peserta didik dapat memanfaatkan gaya tersebut untuk membantu manusia mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

 

Capaian Pembelajaran Pemahaman IPAS:

1.      Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Peserta didik mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda.

No

Pertanyaan

1.       

Apa pengaruh gaya otot terhadap benda?

2.       

Apa pengaruh gaya gesek terhadap benda?

3.       

Apa yang memengaruhi gaya gesek?

4.       

Apa manfaat gaya pada kehidupan sehari-hari?

5.       

Apa pengaruh gaya magnet terhadap benda?

6.       

Apa manfaat gaya magnet pada kehidupan sehari-hari?

7.       

Apa pengaruh gaya pegas terhadap benda?

8.       

Apa manfaat gaya pegas pada kehidupan sehari-hari?

9.       

Apa pengaruh gaya gravitasi terhadap benda?

10.   

Apa manfaat gaya gravitasi pada kehidupan sehari-hari?

 

A.    Tujuan Pembelajaran

1.      Melalui kegiatan membaca cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat.

2.      Melalui kegiatan  berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas!” dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

3.      Melalui kegiatan mengemukakan pendapat terhadap kejadian pada cerita “Awas!”, peserta didik menulis argumentasi dengan benar.

4.      Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.

5.      Melalui kegiatan mendiskusikan isi teks yang dibacakan, peserta didik dapat membandingkan objek dan ciri-cirinya dengan tepat.

6.      Melalui kegiatan berdiskusi memilih kendaraan, peserta didik dapat mempresentasikan topik dengan antusias dan intonasi yang menarik.

7.      Melalui kegiatan melengkapi kalimat, peserta didik mampu menggunakan awalan ‘ber-’ dengan tepat.

8.      Melalui kegiatan menuliskan pengalaman saat bepergian, peserta didik mampu menulis dengan menggunakan tanda baca dan huruf kapital dengan tepat.

9.      Melalui kegiatan mengamati denah, peserta didik dapat mengidentifkasi objek dan lokasi, serta mendeskripsikan cara mencapainya dengan tepat.

10.  Melalui kegiatan memberikan petunjuk cara mencapai suatu tempat, peserta didik mampu menyampaikan petunjuk arah dengan tepat. 

11.  Melalui kegiatan menuliskan perjalanan ke sekolah, peserta didik dapat menulis struktur deskripsi dengan benar.

 

Capaian Pembelajaran:

1.      Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.      Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.      Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.      Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.      Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.      Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.      Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.      Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.      Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.  Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.  Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

12.  Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

13.  Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.

No

Pertanyaan

1.       

Apakah kamu pernah melihat rambu-rambu lalu lintas?

2.       

Rambu lalu lintas apa yang sering kamu temui di jalan?

3.       

Pernahkah kamu menyampaikan pendapat?

4.       

Jenis alat transportasi apa saja yang kamu ketahui?

5.       

Dapatkah kamu membaca maps/peta?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar kelas 4B. Selasa, 26 November 2024

 Hari/Tanggal : Selasa, 19 November 2024 Kelas : IV B Muatan Pelajaran :  1. Matematika  2. Pendidikan Pancasila  3. Bahasa Indonesia  4. IP...