Materi Ajar Kelas 4B
Hari : Rabu, 20 September 2023
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : IPAS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
BAB 2 : Dibawah atap
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik dapat
mengidentifikasi ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari dengan benar.
2. Peserta didik dapat
memanfaatkan gaya tersebut untuk membantu manusia mengatasi tantangan dalam
kehidupan sehari-hari dengan baik.
Capaian Pembelajaran
Pemahaman IPAS:
1. Peserta
didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Peserta
didik mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah,
gerak dan bentuk benda.
No |
Pertanyaan |
1. |
Apa
pengaruh gaya otot terhadap benda? |
2. |
Apa
pengaruh gaya gesek terhadap benda? |
3. |
Apa
yang memengaruhi gaya gesek? |
4. |
Apa manfaat gaya pada kehidupan
sehari-hari? |
5. |
Apa pengaruh gaya magnet terhadap benda? |
6. |
Apa manfaat gaya magnet pada kehidupan
sehari-hari? |
7. |
Apa pengaruh gaya pegas terhadap benda? |
8. |
Apa manfaat gaya pegas pada kehidupan
sehari-hari? |
9. |
Apa pengaruh gaya gravitasi terhadap
benda? |
10. |
Apa manfaat gaya gravitasi pada
kehidupan sehari-hari? |
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui kegiatan membaca
cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan
tepat.
2. Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan
penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas!” dan mengaitkannya dengan
pengalaman pribadi.
3. Melalui kegiatan mengemukakan
pendapat terhadap kejadian pada cerita “Awas!”, peserta didik menulis
argumentasi dengan benar.
4. Melalui kegiatan
menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan
memahami kosakata baru.
5. Melalui kegiatan
mendiskusikan isi teks yang dibacakan, peserta didik dapat membandingkan objek
dan ciri-cirinya dengan tepat.
6. Melalui kegiatan
berdiskusi memilih kendaraan, peserta didik dapat mempresentasikan topik dengan
antusias dan intonasi yang menarik.
7. Melalui kegiatan
melengkapi kalimat, peserta didik mampu menggunakan awalan ‘ber-’ dengan tepat.
8. Melalui kegiatan menuliskan
pengalaman saat bepergian, peserta didik mampu menulis dengan menggunakan tanda
baca dan huruf kapital dengan tepat.
9. Melalui kegiatan
mengamati denah, peserta didik dapat mengidentifkasi objek dan lokasi, serta
mendeskripsikan cara mencapainya dengan tepat.
10. Melalui kegiatan
memberikan petunjuk cara mencapai suatu tempat, peserta didik mampu
menyampaikan petunjuk arah dengan tepat.
11. Melalui kegiatan
menuliskan perjalanan ke sekolah, peserta didik dapat menulis struktur
deskripsi dengan benar.
Capaian Pembelajaran:
1. Peserta
didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari
media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi
lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta
didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media
audio.
3. Peserta
didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta
didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah
dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta
didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta
didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks
narasi.
7. Peserta
didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang
dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta
didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun,
menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta
didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan
dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta
didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan
mematuhi tata caranya.
11. Peserta
didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari
teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta
didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan
teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan
akurat dengan topik yang beragam.
13. Peserta
didik terampil menulis tegak bersambung.
No |
Pertanyaan |
1. |
Apakah
kamu pernah melihat rambu-rambu lalu lintas? |
2. |
Rambu
lalu lintas apa yang sering kamu temui di jalan? |
3. |
Pernahkah kamu menyampaikan pendapat? |
4. |
Jenis alat transportasi apa saja yang
kamu ketahui? |
5. |
Dapatkah kamu membaca maps/peta? |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar