Materi Ajar Kelas 4 B
Hari : Senin, 18 September 2023
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : PKN
BAB 2 : Konstitusi dan norma
Pembelajaran 2 : Norma
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi anak sholeh dan sholehah apa kabarnya hari ini? semoga sehat selalu.
Tujuan Pembelajaran :
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik dapat
mengenal dan mendalami keragaman budaya di lingkungan sekitar dengan baik.
2. Peserta didik dapat
menghargai keberagaman melalui sikap mencintai sesama dan lingkungannya dengan
baik.
3. Peserta didik dapat
memahami contoh sikap dan perilaku yang menghargai keberagaman budaya dengan
benar.
4. Peserta didik dapat
menyampaikan contoh sikap dan perilaku menjaga dan merusak kebhinnekaan dengan
tepat.
Capaian Pembelajaran:
1. Peserta
didik mampu menjelaskan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai
budaya, minat, dan perilakunya.
2. Peserta
didik mampu mengenali dan menyebutkan identitas diri (fisik dan non-fisik)
orang di lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu menghargai perbedaan
karakteristik baik fisik (contoh: warna kulit, jenis rambut, dll) maupun non
fisik (contoh : miskin, kaya, dll) orang di lingkungan sekitar.
3. Peserta
didik mampu menghargai kebinekaan suku bangsa, sosial budaya, dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika.
4. Peserta
didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar.
5. Peserta
didik mampu memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan)
sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
6. Peserta
didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
1. Semboyan
Bhinneka tunggal ika berarti ....
a. Perpecahan
dalam perbedaan |
b. Keanekaragaman
sulit dipersatukan |
c. Walaupun
berbeda-beda, tetap satu jua |
d. Perbedaan
menimbulkan perpecahan |
2. Terusan
kalimat Bhinneka tunggal ika adalah ....
a. Tan
hana dharma mangrwa |
b. Tan
hana dasa dharma |
c. Tan
hana dharma satya |
d. Tan
hana dharma pandita |
3. Semboyan
Bhinneka tunggal ika berasal dari bahasa ....
a. Arab |
b. Jawa |
c. Sansakerta |
d. Bugis |
4. Kalimat
Bhinneka tunggal ika terdapat dalam sebuah buku yang berjudul ....
a. Negara
Kertagama |
b. Sutasoma |
c. Babad
tanah jawi |
d. Mahabarata |
5. Salah
satu alasan digunakannya kalimat Bhinneka tunggal ika sebagai semboyan negara
adalah kondisi bangsa Indonesia yang mirip dengan kondisi kerajaan ....
a. Singosari |
b. Kediri |
c. Sriwijaya |
d. Majapahit |
6. Keanekaragaman
bangsa Indonesia salah satunya dalam hal ....
a. Dasar
negara |
b. Sistem
pemerintahan |
c. Agama |
d. Bahasa
nasional |
7. Bangsa
Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat jika ....
a. Pemerintahannya
kuat |
b. Sumber
daya alamnya melimpah |
c. Rakyatnya
bersatu |
d. Persenjataanya
lengkap |
8. Tari
jaipong merupakan tarian yang menggambarkan ....
a. Pergaulan |
b. Peperangan |
c. Persaudaraan |
d. Perpecahan |
9. Salah
satu cara menghargai budaya suku lain adalah ....
a. Menonjolkan
budaya sendiri |
b. Memusuhi
teman dari suku lain |
c. Mengejek
penampilan kesenian daerah lain |
d. Menikmati
pertunjukan seni suku lain |
10. Sikap
saling menghargai dan menghormati budaya daerah akan meningkatkan ....
a. Harga
diri daerah |
b. Martabat
bangsa |
c. Persatuan
bangsa |
d. Kecintaan
kepada daerah |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
BAB 2 : Dibawah atap
Tujuan Pembelajaran :
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui kegiatan membaca
cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan
tepat.
2. Melalui kegiatan berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan
penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas!” dan mengaitkannya dengan
pengalaman pribadi.
3. Melalui kegiatan mengemukakan
pendapat terhadap kejadian pada cerita “Awas!”, peserta didik menulis
argumentasi dengan benar.
4. Melalui kegiatan
menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan
memahami kosakata baru.
5. Melalui kegiatan
mendiskusikan isi teks yang dibacakan, peserta didik dapat membandingkan objek
dan ciri-cirinya dengan tepat.
6. Melalui kegiatan
berdiskusi memilih kendaraan, peserta didik dapat mempresentasikan topik dengan
antusias dan intonasi yang menarik.
7. Melalui kegiatan
melengkapi kalimat, peserta didik mampu menggunakan awalan ‘ber-’ dengan tepat.
8. Melalui kegiatan menuliskan
pengalaman saat bepergian, peserta didik mampu menulis dengan menggunakan tanda
baca dan huruf kapital dengan tepat.
9. Melalui kegiatan
mengamati denah, peserta didik dapat mengidentifkasi objek dan lokasi, serta
mendeskripsikan cara mencapainya dengan tepat.
10. Melalui kegiatan
memberikan petunjuk cara mencapai suatu tempat, peserta didik mampu
menyampaikan petunjuk arah dengan tepat.
11. Melalui kegiatan
menuliskan perjalanan ke sekolah, peserta didik dapat menulis struktur
deskripsi dengan benar.
Capaian Pembelajaran:
1. Peserta
didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari
media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi
lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta
didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media
audio.
3. Peserta
didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks
narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta
didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah
dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta
didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta
didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks
narasi.
7. Peserta
didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang
dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta
didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun,
menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta
didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan
dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta
didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan
mematuhi tata caranya.
11. Peserta
didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari
teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta
didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan
teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan
akurat dengan topik yang beragam.
13. Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.
No |
Soal |
1. |
Rudi membunyikan bel sepedanya, Bang
Tanto membunyikan … sepeda motornya. |
2. |
Nelayan mendayung sampan, Rudi …. Sepeda. |
3. |
Ayo, bergeraklah dengan …, jangan
bermalas-malasan! |
4. |
Rudi … sepedanya supaya berhenti. |
5. |
… dipakai untuk melindungi kepala. |
6. |
Jika … menyala merah, berarti kendaraan
harus berhenti. |
7. |
Di mana Rudi berada? |
8. |
Mengapa pengendara sepeda motor itu
marah kepada Rudi? |
9. |
Mengapa Rudi memutuskan maju saat lampu
lalu lintas belum berwarna hijau? |
10. |
Menurut kalian, bagaimana perasaan Rudi? |
11. |
Jika kalian menjadi Rudi, apa yang
kalian lakukan? |
12. |
Pernahkah kalian mengalami kejadian
seperti itu? Ceritakanlah! |
Mata Pelajaran : Matematika
BAB 3
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik mampu
mengidentifikasi pola gambar membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan
dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.
2. Peserta didik mampu
mengidentifikasi pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan
dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.
B. Capaian Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau obyek
sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan
dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.
No |
Soal |
1. |
Tentukan banyak benda selanjutnya sesuai
pola gambar yang diberikan! |
2. |
|
3. |
|
4. |
|
5. |
Pilihlah salah satu gambar di kotak
sebelah kanan untuk melengkapi kotak yang kosong di sebelah kiri, sesuai pola
gambar yang diberikan. |
Mata Pelajaran : SBDP
BAB 3 : Gerak dan makna pada permainan tradisional
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu memperagakan ciri khas gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk hidup di sekitar lingkungannya secara individu maupun kelompok
Capaian Pembelajaran :
1. Elemen Mengalami (Experiencing)
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.
2. Menciptakan (Creating)
peserta didik mampu mengidentifikasi dan membuat gerak dengan unsur utama tari, level, perubahan arah hadap.
3. Berpikir dan bekerja artistik (Thinking and working artistically)
peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.
4. Merefleksikan (Reflecting)
peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukan aktivitas pembelajaran tari
5. Berdampak (Impacting)
Peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.
No | Pertanyaan |
1. | Hewan-hewan apa saja yang ada di seekitarmu? |
2. | Apakah makanan pokok yang dikonsumsi kamu setiap hari? |
3. | Bagaimana gerak daun-daun tumbuhan tersebut bila diterpa angin? |
4. | Peralatan apa saja yang kamu bawa disaat sekolah? |
5. | Sebutkan macam-macam profesi yang ada di sekitar lingkunganmu? |
6. | Sebutkan contog busana dan tata rias dari profesi yang kamu ketahui? |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar