Minggu, 03 September 2023

Materi Ajar Kelas 4B. Senin, 4 September 2023

 

Materi Ajar Kelas 4 B 

Hari                          : Senin, 4 September 2023

Kelas                        : VI (Empat) B

Mata Pelajaran       : PKN 

BAB   2                    : Konstitusi dan norma 

Pembelajaran 2       : Norma

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi anak sholeh dan sholehah apa kabarnya hari ini? semoga sehat selalu.

 Tujuan Pembelajaran :

1.      Peserta didik dapat mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya dengan tepat.

2.      Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya dengan benar.

3.      Peserta didik dapat mengidentifkasi hak dan kewajibannya sebagai peserta didik dengan tepat.

4.      Peserta didik dapat mengidentifkasi hak dan kewajibannya sebagai anggota keluarga dengan tepat.

5.      Peserta didik dapat merumuskan pendapat secara sistematis dan logis.

6.      Peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku positif apabila pendapatnya tidak diterima oleh orang lain.

7.      Peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya dengan tepat.

 

Capaian Pembelajaran:

1.      Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.

2.      Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

3.      Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.


Soal

1.      Tahukah kamu yang dimaksud dengan norma?

2.      Apakah peraturan dan norma itu sama?

3.      Peraturan apa yang kamu temui dalam kehidupan sehari-hari?

4.      Pernahkah kamu tidak mentaati peraturan? Dan apa akibatnya?

5.       Pernahkah kamu melaksanakan/mentaati peraturan? Apa yang kamu rasakan?

6.      Tahukah kamu apa yang dimaksud hak dan kewajiban? Apakah keduanya sama?

7.      Kewajiban apa yang harus kamu lakukan di dalam kehidupan sehari-hari?

8.      Hak apa yang kamu dapatkan di dalam kehidupan sehari-hari?

9.      Pernahkah kamu melakukan musyawarah?

10.  Untuk apa melakukan musyawarah?


Kesimpulan : 

1. Siswa dapat memberikan contoh dari norma dan aturan yang berlaku di linngkungan sekitar.

2. Siswa dapat membedakan peraturan yang berlaku di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal.

3. Siswa dapat menerapkan peraturan yang berlaku di kelas dengan baik. 

Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia

BAB   2                    :  Dibawah atap

Tujuan Pembelajaran :

1.      Melalui kegiatan memasangkan kata, peserta didik dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar.

2.      Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak dengan tepat.

3.      Melalui latihan, peserta didik dapat mengenali perubahan bentuk awalan ‘me-’ dan menggunakannya sesuai ketentuan bahasa Indonesia dengan benar.

4.      Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik.

5.      Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.

6.      Melalui kegiatan menjawab pertanyaan, peserta didik dapat memahami isi bacaan, menemukan informasi, dan menarik kesimpulan dengan tepat.

7.      Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia.

8.      Melalui kegiatan presentasi, peserta didik mampu mencari informasi pendukung dari berbagai sumber dan mempresentasikannya dengan baik.

9.      Melalui kegiatan menulis pengalaman, peserta didik dapat menggunakan struktur deskripsi dengan baik.

 

Capaian Pembelajaran:

1.      Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.      Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.      Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.      Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.      Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.      Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.      Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.      Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.      Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.  Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.  Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

12.  Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

13.  Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.


Soal

1.      Apa sajakah tugas harian yang biasanya dilakukan di rumah?

2.      Tugas mana yang pernah kalian lakukan atau menjadi tugas harian kalian di rumah?

3.      Dapatkah kamu menuliskan kata berimbuhan sesuai aturan tata bahasa Indonesia?


Kesimpulan :

1. Siswa dapat memberikan contoh dari kata kata yang memiliki  makna jamak dengan tepat.

2. Siswa berani untuk mengemukakan pendapatnya di depan kelas dengan jelas dan intonasi yang baik.

Mata Pelajaran       : SBDP

BAB   2                    :  Gerak dan makna pada permainan tradisional 

Tujuan Pembelajaran :

1.      Peserta didik mampu memperagakan ciri khas gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk hidup di sekitar lingkungannya secara individu maupun kelompok

 

Capaian Pembelajaran :

1.      Elemen Mengalami (Experiencing)

Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.

2.      Menciptakan (Creating)

peserta didik mampu mengidentifikasi dan membuat gerak dengan unsur utama tari, level, perubahan arah hadap.

3.      Berpikir dan bekerja artistik (Thinking and working artistically)

peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

4.      Merefleksikan (Reflecting)

peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukan aktivitas pembelajaran tari

5.      Berdampak (Impacting)

     Peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.

Kesimpulan : 

Peserta didik dapat mencontohkan ciri khas gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk hidup di sekitar lingkungannya secara individu maupun kelompok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar kelas 4B. Selasa, 26 November 2024

 Hari/Tanggal : Selasa, 19 November 2024 Kelas : IV B Muatan Pelajaran :  1. Matematika  2. Pendidikan Pancasila  3. Bahasa Indonesia  4. IP...