Materi Ajar Kelas 4B
Hari : Selasa, 12 September 2023
Kelas : VI (Empat) B
Mata Pelajaran : PKN
BAB 2 : Konstitusi dan norma
Pembelajaran 2 : Norma
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi anak sholeh dan sholehah apa kabarnya hari ini? semoga sehat selalu.
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya dengan tepat.
2. Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya dengan benar.
3. Peserta didik dapat mengidentifkasi hak dan kewajibannya sebagai peserta didik dengan tepat.
4. Peserta didik dapat mengidentifkasi hak dan kewajibannya sebagai anggota keluarga dengan tepat.
5. Peserta didik dapat merumuskan pendapat secara sistematis dan logis.
6. Peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku positif apabila pendapatnya tidak diterima oleh orang lain.
7. Peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya dengan tepat.
Capaian Pembelajaran:
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
3. Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
Pertanyaan
refleksi |
☺ |
😐 |
☹ |
Apakah kalian sudah tahu tata
cara menyampaikan pendapat? |
|
|
|
Apakah kalian sudah tahu akibat apabila
berpendapat tidak sesuai aturan? |
|
|
|
Apakah kalian bisa menyebutkan contoh
musyawarah yang ada di lingkungan masyarakat? |
|
|
|
Apakah kalian sudah tahu manfaat
musyawarah? |
|
|
|
Apakah kamu menyukai
kegiatan pembelajaran keempat dan kelima ini? |
|
|
|
Bagian mana yang paling kamu
sukai?
|
|||
Apa yang tidak kamu sukai
selama kegiatan pembelajaran hari ini?
|
Mata Pelajaran : Matematika
BAB 2 : Operasi hitung bilangan bulat
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu membandingkan dan mengurutkan antarpecahan dengan pembilang satu.
2. Peserta didik mampu membandingkan dan mengurutkan antarpecahan dengan penyebut yang sama.
3. Peserta didik mampu mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
4. Peserta didik mampu menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
5. Peserta didik mampu menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
A. Capaian Pembelajaran
1. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya, 1 2, 1 3, 1 4) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, 2 8, 4 8, 7 8). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.
2. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
Pertanyaan
No |
Soal |
1. |
Isilah titik-titik di bawah ini dengan
bilangan pecahan yang sesuai dengan gambar serta notasi lebih dari ( > ) atau
kurang dari ( < ). |
2. |
|
3. |
|
|
|
4. |
Asep mempunyai tongkat sepanjang 3/6 meter. Azizah mempunyai tongkat sepanjang 2/6 meter. Bandingkan panjang tongkat keduanya.
Tongkat siapakah yang lebih panjang? |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar