KISI KISI SUMATIF AKHIR SEMESTER KELAS 4B
Hari/ Tanggal : Senin, 2 Desember 2024
Materi : Sumatif Akhir Semester (SAS)
Kelas : IV B
Tujuan pembelajaran :
- Peserta didik mampu mengerjakan SAS dengan baik dan benar.
KISI-KISI SOAL
SUMATIF AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2024/2025
KELAS/ FASE : 4 (Empat)/B
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Fase/Kelas | Muatan Pelajaran | Elemen | Capaian Pembelajaran | Materi | Indikator | Level Kognitif | Bentuk Soal | Nomor Soal |
B/4 | Bahasa Inggris | Menyimak Berbicara Membaca dan Memirsa Menulis Mempresen-tasikan | Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dalam lingkup situasi sosial dan kelas yang makin luas, namun masih dapat diprediksi (rutin) menggunakan kalimat dengan pola yang sesuai dengan konteks yang dibicarakan Peserta didik mampu memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dengan bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu membaca dan memberikan respon terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif. Peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui gambar dan salinan tulisan. | He always get up at five Part of House Things in the Kitchen | Disajikan gambar. Peserta didik dapat menentukan kata yang tepat Disajikan penggalan kalimat. Peserta didik dapat mengartikan kalimat Disajikan gambar. Peserta didik dapat menentukan kata yang tepat Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari. Disajikan penggalan kalimat. Peserta didik dapat memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari. Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan kalimat. Peserta didik mampu menganalisis ruangan dari informasi yang disampaikan Disajikan kalimat. Peserta didik mampu menganalisis ruangan dari informasi yang disampaikan Disajikan percakapan. Peserta didik mampu menganalisis ruangan dari informasi yang disampaikan Disajikan kalimat. Peserta didik mampu menganalisis ruangan dari informasi yang disampaikan Disajikan kalimat. Peserta didik mampu menganalisis ruangan dari informasi yang disampaikan Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan kalimat. Peserta didik mampu menganalisis ruangan dari informasi yang disampaikan Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan kalimat. Peserta didik mampu menganalisis ruangan dari informasi yang disampaikan Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari Disajikan gambar. Peserta didik dapat menjawab soal number berdasarkan gambar Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menjawab soal number. Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menjawab soal number Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menjawab soal number. Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menjawab soal number. Disajikan kalimat. Peserta didik dapat menganalisis soal number Disajikan gambar. Peserta didik dapat menjawab soal number berdasarkan gambar | C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 C4 | PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG | 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 |
KISI-KISI PAS BAHASA LAMPUNG KELAS 4 SEMESTER GANJIL (1)
TAHUN AJARAN 2023-2024
NO | KD | MATERI | INDIKATOR SOAL / STIMULUS | LEVEL KOGNITIF | BENTUK SOAL | NOMOR SOAL |
1. | 4.3.1 memahami wacana dari teks cerita yang berisi tentang indahnya kebersamaan dengan menggunakan bahasa lampung secara tertulis maupun lisan | 1. mengidentifikasi kata dasar dan kata berimbuhan berdasarkan wacana 2. mengidentifikasi pola kalimat | 1. Disajikan teks peserta didik mampu menyebutkan judul teks yang disajikan pada soal. 2. Disajikan teks peserta didik dapat menjawab pertanyaan yang dimaksud sesuai dengan teks yang ada. 3. Disajikan teks peserta didik dapat menyebutkan nama ayahnya radin inten II. 4. Disajikan teks pesereta didik dapat menyebutkan gelar yang didapat oleh radin intenII 5. Disajikan teks peserta didik mampu menyebutkan usia Radin Inten saat beliau wafat. 6. Disajikan gambar peserta didik dapat mengidentifikasi gambar yang disajikan. 7. Disajikan kalimat peserta didik dapat menyebutkan waktu atau kapan beliau wafat/lahir. 8. Disajikan sebuah kalimat peserta didik dapat menentukan pola kalimatnya. berdasarkan pola yang diminta. 9. Disajikan sebuah pola kalimat peserta didik dapat membuat kalimat berdasarkan pola kalimat yang diminta. 10. Disajikan kalimat peserta didik dapat menyebutkan macam-macam pola kalimat. | L2 L3 L2 L2 L2 L3 L3 L3 L4 L4 | PG PG ISIAN PG PG ISIAN URAIAN PG URAIAN ISIAN | 1 2 1 3 4 2 1 5 2 3 |
2. | 4.3.2 memahami bentuk-bentuk kata dari teks yang berisi tentang hemat energi | 1. melengkapi kalimat rumpang 2. Aksara lampung 3. mengelompokkan kata berawalan dan kata berakhiran 4. mengidentifikasi kata ulang dalam bahasa lampung | 11. Disajikan teks,peserta didik dapat mengisi bagian yang rumpang dengan kata-kata yang sesuai. 12. Disajikan teks,peserta didik dapat mengisi bagian yang rumpang dengan kata-kata yang sesuai. 13. Disajikan tulisan aksara,peserta didik dapat membaca aksara dengan benar 14. Disajikan kalimat berbahasa lampung,peserta didik dapat menuliskannya dengan aksara 15. Disajikan kalimat aksara,peserta didik dapat menuliskan bunyi aksara yang dimaksud 16. Disajikan gambar,peserta didik dapat menyebutkan gambar tersebut dalam bahasa lampung. 17. Disajikan sebuah gambar peserta didik dapat menyebutkan gambar apa yang dimaksud. 18. Disajikan kata atau kalimat peserta didik dapat menyebutkan pengertian kata ulang. 19. Disajikan kata atau kalimat peserta didik mampu menyebutkan macam-macam kata ulang. 20. Disajikan kalimat peserta didik mampu menyebutkan contoh kata ulang dalam bahasa lampung 21. Disajikan gambar peserta didik mampu menyebutkan kata ulangnya dalam bahasa lampung 22. Disajikan gambar peserta didik dapat meyebutkan gambar tersebut dalam bahasa lampung | L3 L3 L3 L3 L3 L2 L2 | PG ISIAN PG PG ISIAN PG PG ISIAN PG PG PG PG | 6 4 7 8 5 9 10 6 11 12 13 14 |
3. | 4.3.3. Memahami ragam Perwatin dan ragam bahasa merwatin dalam bahasa lampung dari teks percakapan yang berisi kasih saying terhadap sesame makhluk hidup. | 1. mengidentifikasi kata ganti orang. 2. mengidentifikasi ragam bahasa dalam bahasa lampung. | 23. Disajikan kalimat peserta didik dapat menyebutkan arti kata bercetak tebal pada kalimat. 24. Disajikan teks percakapan peserta didik dapat melengkapi percakapan tersebut dengan kata yang sesuai. 25. Disajikan kalimat peserta didik dapat menentukan kata ganti orang yang tepat yang sesuai dengan kalimat. 26. Disajikan gambar peserta didik mampu menyebutkan gambar yang dimaksud oleh soal. 27. Disajikan kalimat peserta didik mampu membedakan ragam macam-macam bahasa lampung 28. Disajikan kalimat peserta didik dapat menentukan ragam bahasa yang digunakan. 29. Disajikan kalimat peserta didik dapat menyebutkan ragam bahasa perwatin dan merwatin. | PG PG PG PG URAIAN PG ISIAN | 15 16 17 18 3 19 7 | |
4. | 4.3.4. Memahami kata Tanya dalam dialog sederhana berbahasa lampung tentang pekerjaan | 1. Mengamati kata Tanya. 2. mengidentifikasi alat pertanian,peralatan dapur, dan peralatan rumah tangga. Berkaitan dengan pekerjaan/profesi | 30. Disajikan kalimat peserta didik dapat menentukan kata Tanya yang tepat untuk kalimat tersebut. 31. Disajikan gambar peserta didik dapat menyebutkan kalimat Tanya yang tepat untuk gambar tersebut. 32. Disajikan kalimat peserta didik dapat membuat kalimat dengan menggunakan kata Tanya yang tepat. 33. Disajikan gambar pesereta didik mampu menyebutkan jenis pekerjaan yang dimaksud. 34. Disajikan kalimat peserta didik mampu membedakan alat pertanian dengan alat rumah tangga. 35. Disajikan kalimat peserta didik dapat menentukan peralatan yang tepat untuk kalimat tersebut. | PG ISIAN URAIAN PG PG PG | 20 8 4 21 22 23 | |
5 | 4.3.5. Memahami teks cerita mengenai Pahlawan Radin Intend an pahlawan-pahlawan lampung lainnya. | 1. Mengidentifikasi pahlawan –pahlawa dari lampung. 2. Propinsi Lampung 3. Nama ibukota kabupaten dan kota yang ada di propinsi lampung. | 36. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan letak propinsi lampung 37. Disajikan kalimat,peserta didik dapat menyebutkan judul lagu lampung 38. Disajikan kalimat peserta didik dapat menyebutkan hasil pertanian yang terkenal di propinsi lampung. 39. Disajikan teks,peserta didik dapat mengisi bagian yang rumpang dengan kata-kata yang sesuai. 40. Disajikan teks,peserta didik dapat mengisi bagian yang rumpang dengan kata-kata yang sesuai. 41. Disajikan gambar peserta didik dapat meyebutkan gambar tersebut dalam bahasa lampung 42. Disajikan kalimat peserta didik dapat menuliskan nama-nama pahlwan yang berasal dari propinsi lampung. 43. Disajikan kalimat peserta didik mampu menyebutkan nama kakek Radin Inten II yang juga merupakan pahlawan lampung. 44. Disajikan kalimat peserta didik mampu menyebutkan nama ayah Radin Inten II yang juga merupakan pahlawan lampung. 45. Disajikan kalimat peserta didik dapat menyebutkan 2 kotamadya yang ada di lampung. 46. Disajikan kalimat peserta didik dapat menyebutkan jumlah kabupaten yang ada di propinsi lampung. 47. Disajikan kalimat peserta didik dapat menyebutkan nama ibukota kabupaten lampung barat. 48. Disajikan gambar peserta didik dapat menyebutkan nama ibukota kabupaten lampung selatan. 49. Disajikan kalimat peserta didik dapat menyebutkan nama ibukota kabupaten tulang bawang. 50. Disajikan kalimat peserta didik dapat menyebutkan nama ibukota propinsi lampung. | PG PG PG PG PG PG PG PG PG ISIAN URAIAN PG PG PG ISIAN | 24 25 26 27 28 29 30 31 32 9 5 33 34 35 10 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar