MATERI AJAR KELAS 3
Hari / Tanggal : Rabu, 16 Maret 2022
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 3 : Perkembangan Teknologi Komunikasi
Pembelajaran : 4
Assalaamualaikum, Wr. Wb.
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa.
Ayo sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat menemukan kosa kata produk yang dihasilkan teknologi komunikasi dengan tepat dan siswa dapat menjelaskan pentingnya memahami keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
AYO MEMBACA
ALAT KOMUNIKASI
Tulisan Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan. Ada surat yang ditulis pada daun lontar.
Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat akan dikirimkan oleh petugas pos dalam waktu tertentu. Waktu penyampaian surat tergantung pada jarak tujuan dan biaya pengiriman. Biasanya sekitar 3 hari sampai 1 minggu.
Pada abad 21, mulai dikenal surat elektronik atau surel. Surel dikirim melalui jaringan internet dengan alat bantu komputer. Melalui surel, pesan dapat diterima di tempat tujuan sesaat setelah dikirim.Tentu saja, hal tersebut sangat membantu komunikasi.
Kini, surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat.Melalui teleponseluler, kita dapat berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan singkat (SMS).Bahkan, saat ini, kita dapat saling berkirim data penting melalui ponsel dengan berbagai pilihan aplikasi.
Lingkari jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh teknologi komunikasi.
Setelah mendapat izin dari Ibu, Dayu dan teman-teman segera menuju rumah Siti. Mereka mendapat tugas untuk mencari informasi mengenai alat komunikasi.
Siti akan mencari informasi di internet. Dayu akan mencari informasi dari buku-buku dan majalah. Lani akan menelepon pamannya yang bekerja di perusahaan telekomunikasi.
Udin membantu meringkas hasil informasi. Edo akan menuliskannya pada sebuah buku. Beni bertugas membuat gambar dan hiasan pada ringkasan informasi yang telah dibuat. Dayu dan teman-teman memiliki keterampilan yang beragam atau berbeda-beda . Dapatkah kerja sama dapat terlaksana jika kita memiliki kemampuan yang beragam?
Kemampuan dan keterampilan setiap orang berbeda-beda. Namun, perbedaan tidak menghalangi kita untuk bekerja sama. Dengan adanya perbedaan, kita tetap dapat saling membantu.Selain itu, kita dapat saling melengkapi. Hal tersebut dinamakan kolaborasi.Menurut kamus KKBI, kolaborasi artinya perbuatanbekerja sama.
Kerja sama merupakan pengamalan sila keempat Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Apakah kemampuan setiap orang sama? ___________(Berbeda)
Bagaimana sikap kita terhadap keberagaman atau perbedaan dari setiap orang? (Kita harus menghormati, menghargai,dan menerima perbedaan sebagai hal yang positif.
TUGAS HARI INI
Hari ini kita latihan menulis ya anak sholih/ sholihah agar tulisan ananda lebih rapih lagi. Kerjakan Buku Lalisba Halaman 13-14 jika sudah ada buku Lalisba bisa langsung dikerjakan dibuku Lalisba nya ya nak. Bagi yang belum mempunyai buku Lalisba bisa dikerjakan dibuku tulis tematik/buku halus kasar yaa.
Jangan lupa hasilnya kirimkan ke WA bapak/ibu guru yaa… Semangat!
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar