MATERI AJAR KELAS 3
Hari/ Tanggal : Kamis 6 Januari 2022
Tema 5 : Cuaca
Subtema 2 : Perubahan Cuaca
Pembelajaran : 5
Assalaamualaikum Wr. Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa.Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan pembelajaran hari ini: Dengan membaca, siswa dapat menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca secara lisan/tulisan dengan benar. Serta dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan
berpenyebut sama dengan benar.
AYO MEMBACA
Beberapa hari ini cuaca berubah tak menentu.Terkadang hari ini cerah, esok cuaca hujan.Bahkan cuaca dapat juga berubah-ubah dalam sehari.Sore ini, Lani dan teman-teman sedang bermain di lapangan desa.Mereka menikmati sejuknya udara dan hembusan angin.Sinar matahari bersinar dari celah-celah awan.
Lani dan teman-teman beristirahat sejenak dari permainan mereka.Mereka duduk-duduk di pinggir lapangan.Lani lalu bercerita tentang berita tadi malam di radio. Ternyata, pengaruh cuaca terhadap kehidupan manusia itu sangat besar.
Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?
Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini.
Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering.
Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal
agar tubuh tidak kedinginan.
Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat.Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerapkeringat.
AYO MENGAMATI
Pecahan pada gambar di atas memiliki angka pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya berbeda.Makin besar angka penyebutnya, makin kecil pula bagian pecahan tersebut.
Bagaimana jika angka penyebutnya sama namun angka pembilangnya yang berbeda-beda? Manakahyang lebih besar?
Perhatikan gambar berikut ini.
Dapat disimpulkan bahwa untuk pecahan dengan penyebut yang sama: “Makin besar pembilangnya,
makin besar nilai pecahan tersebut.”
Anak sholih dan sholihah sebelum mengerjakan tugas dibawah ini yuk menonton video dibawah ini terlebih dahulu bisa di klik di link berikut ini: https://youtu.be/3b0-NJSLlgU
TUGAS HARI INI
Tuliskan tanda “>” (Lebih dari) atau “<” (Kurang dari) pada latihan berikut:
1. 1/2 ..... 1/4
2. 1/4 ..... 1/8
3. 1/4 ..... 2/4
4. 2/2 ..... 1/2
5. 2/2 ..... 1/4
Tuliskan jawaban pada Buku Tulis lalu kirimkan hasilnya ke Whatsapp Ibu guru ya nak.
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar