Rabu, 12 Januari 2022

Kamis, 13 Januari 2022

 MATERI AJAR KELAS 3

Hari/ Tanggal     : Kamis 6 Januari 2022

Tema 5                : Cuaca

Subtema 2           : Perubahan Cuaca

Pembelajaran      : 5

 

Assalaamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa.Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Tujuan pembelajaran hari ini: Dengan membaca, siswa dapat menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca secara lisan/tulisan dengan benar. Serta dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan

berpenyebut sama dengan benar.

 

AYO MEMBACA

Beberapa hari ini cuaca berubah tak menentu.Terkadang hari ini cerah, esok cuaca hujan.Bahkan cuaca dapat juga berubah-ubah dalam sehari.Sore ini, Lani dan teman-teman sedang bermain di lapangan desa.Mereka menikmati sejuknya udara dan hembusan angin.Sinar matahari bersinar dari celah-celah awan.

Lani dan teman-teman beristirahat sejenak dari permainan mereka.Mereka duduk-duduk di pinggir lapangan.Lani lalu bercerita tentang berita tadi malam di radio. Ternyata, pengaruh cuaca terhadap  kehidupan manusia itu sangat besar.

Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?

Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini.

Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering.

Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal

agar tubuh tidak kedinginan.

Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat.Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerapkeringat.


AYO MENGAMATI

Gambar bisa dilihat di Buku Cetak halaman 106-107.

Pecahan pada gambar di atas memiliki angka pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya berbeda.Makin besar angka penyebutnya, makin kecil pula bagian pecahan tersebut.

Bagaimana jika angka penyebutnya sama namun angka pembilangnya yang berbeda-beda? Manakahyang lebih besar?


Perhatikan gambar berikut ini.

Gambar bisa dilihat di Buku Cetak halaman 106-107.

Dapat disimpulkan bahwa untuk pecahan dengan penyebut yang sama: “Makin besar pembilangnya,

makin besar nilai pecahan tersebut.”


Anak sholih dan sholihah sebelum mengerjakan tugas dibawah ini yuk menonton video dibawah ini terlebih dahulu bisa di klik di link berikut ini: https://youtu.be/3b0-NJSLlgU


TUGAS HARI INI

Tuliskan  tanda “>” (Lebih dari) atau “<” (Kurang dari) pada latihan berikut:

1. 1/2 ..... 1/4

2. 1/4 ..... 1/8 

3. 1/4 ..... 2/4

4. 2/2 ..... 1/2

5. 2/2 ..... 1/4


Tuliskan jawaban pada Buku Tulis lalu kirimkan hasilnya ke Whatsapp Ibu guru ya nak.

Selamat mengerjakan!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi kisi SAS Kelas 4B. Kamis, 28 November 2024

KISI-KISI SAS: Kamis, 28 November 2024  Kelas : 4B   KISI-KISI SOAL Bahasa Indonesia BAB I SUDAH BESAR  ( Tema: Aku ) Materi pokok yang akan...