Selasa, 09 November 2021
Selasa, 09 November 2021
MATERI AJAR
Kelas : III
Tema 4 : Kewajiban dan Hakku
Sub Tema 4 : Kewajiban dan hakku sebagai warga negara
Hari/Tanggal : Selasa, 09 November 2021
Pembelajaran : 2-3
Apa
kabar anak-anak bu guru? semoga anak sholih sholihah semua selalu
dalam keadaan sehat wal’afiyah dan masih dalam lindungan Allah SWT,
amiin ....
Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini, kalian harus tetap waspada, dan selalu lakukan 5 M, yaitu :
1. Memakai masker terutama saat berada di luar rumah dan saat berkomunikasi dengan
orang lain,
2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3. Menjaga jarak,
4. Menghindari kerumunan
5. Mengurangi mobilitas
jangan
lupa agar selalu menjaga imunitas tubuh kita dengan makan makanan
bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kita selalu sehat.
Anak sholih sholihah, kalian sudah sholat duha semua kan,
Baiklah mari kita awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dan dilanjutkan murojaah.
Pembelajaran hari ini adalah :
PKN
Ayo Membaca
Siti Demam
Siti
kepanasan saat pulang sekolah. Di malam harinya ia demam dan badannya
panas. Ibu mengompres Siti dengan air hangat. Ibu pun menyelimutinya
dengan selimut tipis.
Siti
masih merasa demam saat bangun tidur. Ibu ingin Siti sehat. Ibu pun
membawa Siti ke Puskesmas. Sebagai warga negara, kita berhak mendapat
fasilitas tempat berobat. Oleh karena itu, pemerintah mendirikan
Puskesmas dan Rumah Sakit. Di Puskesmas dan Rumah Sakit ada dokter dan
perawat yang bertugas.
Dokter
lalu memeriksa Siti. Setelah diperiksa, dokter memberinya obat dan
vitamin. Dokter menyarankan agar Siti menjaga kesehatan. Ia harus banyak
minum air putih hangat. Ia harus memilih jajanan yang sehat. Ia juga
harus rajin mencuci tangan.
Ibu dan Siti berterima kasih kepada dokter. Mereka senang berobat di Puskesmas.
Amati kembali teks ‘Siti Demam’! Temukan kewajiban dan hak pada teks!
Ayo Berdiskusi
Dapatkah kamu menemukan kewajiban dan hak lain? Diskusikan dengan keluargamu!
Kewajiban | Hak |
---|---|
|
|
Ayo Menulis
Amati kembali teks “Siti Demam”! Tuliskan kalimat-kalimat yang menunjukkan masalah!
Masalah dan Cara Mengatasinya | |
---|---|
Masalah | Cara Mengatasi |
Siti demam dan badanya panas |
|
Siti masih merasa demam saat bangun tidur. |
|
Bahasa Indonesia
Ayo Membaca
Di Kantor Kelurahan
Siti
sangat senang dapat ke sekolah lagi. Siti sudah tidak demam. Siti dan
teman-temannya mengunjungi kantor kelurahan. Mereka mengajukan
permintaan bibit pohon angsana. Mereka membawa surat dari sekolah.
Pak
Lurah sangat senang dikunjungi anak-anak. Beliau menyampaikan agar
semua orang menjaga lingkungan. Lingkungan harus bersih dan hijau.
Setiap anak seharusnya memiliki satu pohon untuk dirawat. Pak Lurah
memberikan anak-anak beberapa bibit pohon angsana untuk ditanam.
Anak-anak
merasa sangat senang menerima bibit pohon angsana tersebut. Tidak lupa
mereka mengucapkan terima kasih kepada Pak Lurah. Mereka berjanji untuk
menanam dan merawat pohonnya dengan baik.
Kalimat yang menunjukan saran diantaranya adalah :
- Pak Lurah menyampaikan agar semua orang menjaga lingkungan. Lingkungan harus bersih dan hijau.
- Beliau juga menyarankan agar setiap anak seharusnya memiliki satu pohon untuk dirawat.
Ayo Mencoba
Semua orang berhak mendapat lingkungan yang hijau dan bersih. Akan tetapi, masih banyak saluran air yang tertutup sampah. Pohon-pohon juga banyak yang habis ditebang bukan? Bagaimana perasaanmu mengenai hal ini? Bagaimana pula saranmu mengenai hal ini?
Saluran air yang tertutup sampah tentu sangat mengganggu. Saluran air bukanlah tempat sampah, melainkan tempat mengalirnya air. Jika saluran air tersebut banyak digenangi sampah maka air tidak dapat mengalir dengan lancar. Beberapa saran mengenai saluran air yang tertutup sampah antara lain sebagai berikut :
- Warga masyarakat sebaiknya membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.
- Sebaiknya setiap bulan sekali diadakan kegiatan gotong royong membersihkan saluran air.
- Sebaiknya warga masyarakat mendaur ulang sampah sehingga tidak menambah jumlah sampah.
- Setiap warga sebaiknya memiliki satu lobang sampah sehingga sampah tidak dibuang ke saluran air.
Pohon-pohon yang tumbuh di lingkungan sekitar rumah meniciptakan lingkungan bersih dan hijau. Namun saat ini banyak pohon yang ditebang untuk berbagai alasan. Penebangan pohon tentunya sangat memperihatinkan. Beberapa saran mengenai banyak pohon yang habis ditebang antara lain sebagai berikut :
- Setiap warga sebaiknya tidak menebang pohon secara sembarangan.
- Warga sebaiknya melakukan penanaman kembali (tebang-tanam) daerah yang pohonya telah ditebang.
- Warga sebaiknya merawat pohon sehingga pohon-pohon terjaga kelestariannya.
- Warga sebaiknya membuat dan melaksanakan program lingkungan hijau.
Matematika
Ayo Berlatih
Pak
Lurah ingin membuat wilayahnya hijau. Beliau menugaskan setiap Rukun
Tetangga (RT) untuk menanam pohon angsana. Di wilayah itu terdapat 10
RT. Beliau menugaskan 10 RT untuk menanam. Berapa banyak bibit yang
dimiliki Pak Lurah? Berapa banyak bibit yang diterima setiap RT?
Tentukan Jumlah bibit yang dimiliki Pak Lurah! Tentukan banyak bibit
yang diterima setiap RT! Berlatihlah dengan menulis lima kemungkinan!
Banyak Bibit di Kelurahan | Dibagi | Banyak Bibit untuk RT | Sama Dengan | Banyak RT yang Ditugaskan |
---|---|---|---|---|
950 | : | 95 | = | 10 |
1.000 | : | 100 | = | 10 |
900 | : | 90 | = | 10 |
980 | : | 98 | = | 10 |
920 | : | 92 | = | 10 |
Ayo Mencoba
Buatlah
cerita seperti teks "Di Kantor Kelurahan"! Tentukan banyaknya RT,
banyaknya bibit di Kelurahan, dan banyaknya bibit yang diterima RT!
Bapak
Ketua Rukun Warga 04 Desa Lumbir ingin melaksanakan program penghijauan
di lingkungan wilayahnya. Beliau menugaskan setiap Rukun Tetangga (RT)
untuk menanam pohon mahoni. Di wilayah RW 04 Desa Lumbir terdapat 8 RT.
Beliau menugaskan 8 RT untuk menanam pohon mahoni. Berapa banyak bibit
yang dimiliki Pak Ketua RW? Berapa banyak bibit yang diterima setiap RT?
Tentukan Jumlah bibit yang dimiliki Pak Ketua RW! Tentukan banyak bibit
yang diterima setiap RT! Berlatihlah dengan menulis lima kemungkinan!
Banyak Bibit di RW 04 | Dibagi | Banyak Bibit untuk RT | Sama Dengan | Banyak RT yang Ditugaskan |
---|---|---|---|---|
1.000 | : | 125 | = | 8 |
880 | : | 110 | = | 8 |
920 | : | 115 | = | 8 |
720 | : | 90 | = | 8 |
960 | : | 120 | = | 8 |
Ayo Berlatih
Siti dan teman-temannya sangat senang mendapat bibit pohon angsana. Mereka akan menanam bibit itu pada hari Sabtu. Mereka membuat topi untuk dikenakan pada saat menanam bibit pohon angsana.
Masih ingatkah kamu cara membuat topi? Sebutkan urutan membuat topi!
- Ambil selembar kertas koran.
- Lipat kertas koran menjadi dua bagian. Sisi yang terbuka berada di bawah.
- Lipat ujung kanan dan kiri ke tengah, lalu tekan membentuk segitiga.
- Lipat kertas kedua sisi bagian bawah ke atas, lalu tekan.
- Bukalah kertas perlahan, lalu rapikan.
- Topi sudah siap dipakai. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepalamu!
Latihan
Kerjakan Modul tematikmu (cerdas) Uji Komptensi 4 Tema 4 Subtema 4 halaman 103-104 bagian I ( PPKn dan B. Indonesia).
Contoh : PPKN
1. A
Tuliskan jawabannya di buku latihanmu! Kirimkan hasil tugasmu melalui aplikasi WA Ibu guru ya.
Selamat belajar dan semoga selalu dalam lindungan Alloh.
Wassalaamualaikum Wr.Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar