Rabu, 15 Januari 2025

Materi Ajar Kelas 4B. Kamis, 16 Januari 2025

Hari/Tanggal               : Kamis, 16 Januari 2025

Kelas                       : IV B

MUATAN PELAJARAN :

1. Bahasa Indonesia        : bertukar dan membayar 

2. PAK                                

3. P5                                  :Tema Kewirausahaan Pernak-pernik Cantik Berbahan Flanel  

4. IPAS                              : cerita tentang daerahku 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.



Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia

BAB 4                                 :  Bertukar dan Membayar 

CP: 

1.       Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.       Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.       Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.       Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.       Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.       Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.       Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.       Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.       Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.   Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.   Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam. 


Mata Pelajaran         : Pendidikan Anti Korupsi


Tujuan Pembelajaran :

1. memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita

2. mengucapkan kata-kata yang panjang

3. membedakan antara kalimat transitif dan kalimat intransitif serta menggunakan dan

4. mencari arti didalam kamus dan membuat proyek kamus kelas empat.

P5                                        :  Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel

Kegiatan  Pembelajaran    :   P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Tujuan Pembelajaran :

- Peserta didik dapat  mengenal istilah P5

- Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5

Mata Pelajaran           :  IPAS

Tujuan Pembelajaran : 

- Peserta didik dapat mengetahui bagian dan fungsi tumbuhan 


BAHASA INDONESIA

Materi Pengecekan Keaslian 
Uang Materi bab lima juga menginformasikan terkait infografik mengecek keaslian uang dengan cara dilihat, diraba, dan diterawang. 

Pertama, melihat warna uang yang terlihat terang dan jelas, baik pada bagian depan maupun bagian belakang. Uang kertas mengandung benang pengaman seperti dianyam pada uang pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu. 
Khusus untuk pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu akan berubah warnanya jika dilihat dari sudut pandang tertentu. 

Kedua, mengecek keaslian uang dengan cara diraba. Uang kertas memiliki permukaan yang kasar apabila diraba. Permukaan yang kasar ini dapat dirasakan pada berbagai pecahan uang kertas. 

Ketika, pengecekan keaslian uang dengan cara diterawang. Uang kertas memiliki tanda air (watermark) berupa gambar pahlawan dan ornamen pada pecahan tertentu. Tanda airnya berupa gambar pahlawan dan ornamen pada pecahan tertentu. 

Penulisan angka dan nilai uang di Indonesia disusun dengan menyingkat Rupiah menjadi Rp dan penulisan angkanya ditempatkan tepat setelah Rp. Berikut penulisan angka dan nilai uang yang benar: Penulisan nilai uang dengan angka = Rp1.000.000. 
Penulisan nilai uang dengan huruf = satu juta rupiah.

Dalam buku materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 5 kurikulum merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 118-119 terdapat kolom bahas bahasa tersebut.

Indonesia memiliki mata uang negara yang pastinya kamu juga sudah enggak asing lagi, yaitu Rupiah yang dilambangkan dengan (Rp).

Rupiah (Rp) akan dituliskan di bagian depan angka yang dinyatakan sebagai nilai uang.

Ada beberapa aturan sederhana untuk penulisan angka dalam paragraf, misalnya bilangan yang dituliskan di bagian awal kalimat harus berupa huruf, ya, Kids.

Contohnya:

Lima buah keranjang buah sudah dipersiapkan, bukannya 5 buah keranjang buah sudah dipersiapkan.

Selanjutnya kamu diminta menulis dan menyalin tabel di buku catatanmu tentang cara membaca bilangan dan angka pada nominal uang yang tertera di daftar berikut ini.

Yuk, kerjakan sama-sama tugas menulisnya bersama GridKids berikut ini.

Menulis nominal angka dan huruf dalam nominal uang hlm. 119

AngkaTerbilang nominalnya
Contoh: Rp 39.400,00Tiga puluh sembilan ribu empat ratus rupiah
Rp 5.000,00Lima ribu rupiah
Rp 14.300,00Empat belas ribu tiga ratus rupiah
Rp 83.750,00Delapan puluh tiga ribu tujuh ratus lima puluh rupiah
Rp 111.000,00Seratus sebelas ribu rupiah
Rp 327.050,00Tiga ratus dua puluh tujuh ribu lima puluh rupiah
Rp 6.550,00Enam ribu lima ratus lima puluh rupiah
Rp 18.600,00Delapan belas ribu enam ratus rupiah
Rp 21.350,00Dua puluh satu ribu tiga ratus lima puluh rupiah
Rp 52.299,00Lima puluh dua ribu dua ratus sembilan puluh sembilan rupiah
Rp 499.999,00

Empat ratus sembilan puluh ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan rupiah

Pertanyaan:
Apa nama mata uang negara Indonesia dan apakah lambangnya?
PAK

PAK ( Pendidikan Anti Korupsi )
Pentingnya hidup sederhana
Manfaat hidup sederhana membuat Anda lebih tenang. Sebab, Anda tidak perlu mengkhawatirkan beban dari hal-hal yang kurang bermanfaat. Hidup sederhana juga membantu menghilangkan stres dalam menghadapi rencana jangka panjang karena Anda sudah lebih siap.

Contoh pola hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari:
Di lingkungan keluarga
- Membiasakan menabung
- Membiasakan berbagi
- menggunakan  barang/alat secara bijaksana
- Menyesuaikan keinginan dengan kemampuan

Contoh pola hidup sederhana di lingkungan sekolah
- Berpakaian sesuai dengan ketentuan dari sekolah
   berangkat ke sekolahg dengan transportasi umum
- Tidak mengenakan perhiasan di sekolah
-  Ikut serta ketika di sekolah ada jadwal piket
- jajan di kantin secukupnya

IPAS

Cerita Tentang Daerahku 

Apa kalian pernah mendengar kata sejarah? Apa yang dimaksud dengan sejarah? Kalian dan orang-orang di sekitar kalian, semuanya pasti memiliki kisah di masa lalu. Begitu pun dengan daerah tempat tinggal kalian. Nah, cerita mengenai berbagai hal yang benar-benar terjadi di masa lalu inilah yang disebut dengan sejarah.

Tahukah kalian, bahwa salah satu faktor perkembangan daerah kalian adalah karena adanya pengaruh dari perkembangan kerajaan-kerajaan di zaman dahulu? Lalu, tahukah kalian bahwa bangsa Indonesia baru mengenal aksara setelah berkembangnya sistem pemerintahan kerajaan? Jauh sebelum menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), wilayah Indonesia merupakan bagian-bagian dari banyak kerajaan. Kerajaan-kerajaan ini juga yang turut membantu berkembangnya Indonesia menjadi sebuah bangsa. Yuk, kita cari tahu bersama mengenai kerajaan-kerajaan ini. 

Kerajaan-Kerajaan di Nusantara Kerajaan-kerajaan yang pernah berkembang di Nusantara, dipengaruhi oleh tiga corak budaya, yakni Hindu, Buddha, dan Islam. 

Kerajaan Bercorak Hindu-Buddha Dari berbagai peninggalan yang ada, diketahui bahwa Hindu Buddha masuk ke Indonesia karena dibawa oleh para Pendeta Brahmana dan pedagang India. Setelah itu, bermunculan kerajaankerajaan Islam di Indonesia. 

Kerajaan Bercorak Islam Agama Islam masuk ke Indonesia melalui para pedagang yang berasal dari Arab, Persia, dan Gujarat. Waktu itu, kekuatan Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya sudah mulai melemah. Kerajaan-kerajaan yang berada di bawah kekuasaan mereka mulai melepaskan diri dan raja-rajanya memeluk agama Islam. Setelah itu, bermunculan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.



PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

AKTIVITAS 1

 

PERKENALAN

 

 

Kegiatan         : Perkenalan

Objektif           : Peserta didik diperkenalkan dengan pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar untuk dijadikan barang yang bernilai.

Materi              :

a.        Gambar pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan

b.       Video pemanfaatan alat dan bahan yang akan digunakan untuk dijadikan barang yang bernilai.

c.        Kertas untuk menggambar

d.       Alat-alat menggambar

 

PERSIAPAN

1.       Guru mencari informasi berupa gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan di lingkungan sekitar yang dapat dijadikan barang yang bernilai.

2.       Guru menyiapkan kertas gambar untuk menggambar hasil pengamatan peserta didik.

PELAKSANAAN

1.       Guru mengajak peserta didik mengamati gambar dan video pemanfaatan alat dan bahan dari lingkungan sekitar yang dapat dijadikan karya yang bernilai.

2.       Peserta didik mengfamati gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.

3.       Peserta didik menceritakan hal yang diamati pada gambar dan video yang telah disaksikan.

4.       Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menggambarkan alat dan bahan yang dapat dijadikan karya yang bernilai.

 

 

PERKENALAN

 

MENGENAL ALAT DAN BAHAN DI LINGKUNGAN SEKITAR

 

 

NAMA : .......................................

NOMOR : ....................................

GAMBARKAN ALAT DAN BAHAN APA SAJA YANG DAPAT DIJADIKAN KARYA YANG BERNILAI.

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 2

MENGENAL JENIS RONCE

 

 

Kegiatan                : Mengenal warna, pola dan bentuk dalam meronce

Objektif                 :  Peserta didik mengenal jenis-jenis ronce

Materi                    : 

a.               Jenis-jenis Ronce

b.              Lembar Kerja Prediksi

c.               Kertas untuk menggambar

d.              Alat-alat menggambar

Peran Guru            : Fasilitator

 

 AYO SIMAK VIDEO BERIKUT INI!

Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan diberikan kemudahan dalam memperoleh ilmu 

KESIMPULAN KEGIATAN HARI INI :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik aktif dan lancar anak-anak semangat sekali dalam kegiatan guru menerangkan materi kalimat persuasif pada mata pelajaran bahasa indonesia, untuk materi proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak-anak melakukan kegiatan menjahit dengan menggunakan kain flanel didampingi oleh guru kelas untuk mata pelajaran IPAS anak-anak dengan semangat mempelajari transformasi gaya. Alhamdulillah kegiatan hari ini tuntas dikerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi Kisi STS kelas 4B. Senin, 10 Maret 2025

  MATERI KISI-KISI SOAL STS    Hari/Tanggal                        : Senin, 10 Maret  2025 Muatan  Pembelajaran      :   1. Matematika      ...