Senin, 22 April 2024

Materi Ajar Kelas 4B. Selasa, 23 April 2024

 Materi Ajar Kelas 4B

Hari                          : Selasa, 23 April 2024

Kelas                        : VI (Empat) B

Mata Pelajaran       : PKN 

Negaraku

     Muslim Waving GIF - Muslim Waving Hi GIFs

  Apa kabar anak-anak bu Dessy hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..

Capaian Pendidikan Pancasila

Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.


PENDIDIKAN PANCASILA

1.    Gotong royong merupakan salah satu jenis tanggung jawab warga masyarakat. Apa sebenarnya gotong royong itu? Mengapa gotong royong menjadi tanggung jawab warga masyarakat? Gotong royong menjadikan kehidupan manusia Indonesia lebih berdaya dan sejahtera. Dengan gotong royong, berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah, demikian halnya dengan kegiatan pembangunan masyarakat.


Contoh bentuk kegiatan gotong royong adalah saat membangun rumah di daerah pedesaan. 
Gotong Royong
Berdasarkan gambar di atas, buatlah kesimpulan tentang pengertian gotong royong, unsur-unsur gotong royong, dan manfaat gotong royong.

A. Pengertian Gotong Royong

Gotong adalah bentuk kerja sama antara sejumlah orang atau warga masyarakat dalam kehidupan sosial dalam menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama.

Gotong royong yang dikenal oleh masyarakat Indonesia dapat dikategorikan ke dalam dua jenis, yakni gotong royong tolong menolong dan gotong royong kerja bakti. Budaya gotong royong tolong menolong terjadi pada aktivitas pertanian, kegiatan sekitar rumah tangga, kegiatan pesta, kegiatan perayaan, dan pada peristiwa bencana atau kematian. Sedangkan budaya gotong royong kerja bakti biasanya dilakukan untuk mengerjakan sesuatu hal yang sifatnya untuk kepentingan umum.

B. Unsur-unsur Gotong Royong
Gotong royong sendiri dilakukan dengan ikhlas tanpa meminta imbalan karena nanti hasil gotong royong pun dinikmati secara bersama. Manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan harus bersama orang lain; manusia adalah makhluk sosial. Tanggung jawab bersama yang menyangkut kepentingan orang banyak tidak hanya dipikul oleh orang tertentu saja, melainkan semua orang yang terlibat di dalamnya. Unsur-unsur dalam gotong royong antara lain sebagai berikut.
  1. Usaha atau kegiatan kerja bersama
  2. Setiap partisipan berpartisipasi menurut kemampuan masing-masing
  3. Berdasarkan keikhlasan dan suka rela
  4. Tanpa pamrih (tanpa harapan balas jasa)
  5. Kerja atau usaha tersebut bermanfaat bagi kepentingan bersama.

C. Manfaat Gotong Royong
Gotong royong memiliki arti penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan dengan sesama. Oleh karena itu, gotong royong menjadi tanggung jawab semua warga masyarakat. Beberapa manfaat dari kegiatan gotong royong antara lain sebagai berikut
  1. Meringankan beban, waktu dan biaya
  2. Meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama
  3. Menambah kokohnya rasa persatuan dan kesatuan
  4. Mempertinggi ketahanan bersama.
  5. Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat
  6. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional.

Pada dasarnya, setiap orang tidak bisa hidup sendiri tanpa pertolongan orang lain. Sejak dalam kandungan sampai mati, setiap orang membutuhkan pertolongan orang lain. Orang-orang yang saling membutuhkan dan mempunyai kepentingan yang sama dalam suatu tempat yang disebut masyarakat.


Hidup bersama dalam masyarakat sangat penting karena Tuhan menciptakan manusia untuk saling melengkapi, saling membantu, dan saling menyayangi, serta saling menjaga hubungan baik dengan orang lain. Untuk menjaga hubungan baik dalam kehidupan masyarakat, maka setiap anggota masyarakat hendaknya sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.



Mata Pelajaran       : PJOK 

https://arsthaalpa.blogspot.com

Mata Pelajaran        : Matematika


B.     Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya,) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, ). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.



Matematika

bSegi empat adalah salah satu bangun datar dua dimensi segi banyak (polygon) yang dibentuk oleh 4 buah sisi dan 4 buah titik sudut. Ukuran sisi pada segi empat ada yang beraturan dan tidak beraturan. Contoh bentuk segi empat dengan sisi beraturan adalah persegi dan belah ketupat, di mana setiap sisinya memiliki ukuran yang sama panjang. Sedangkan jenis segi empat dengan ukuran sisi tidak beraturan (tidak sama panjang) seperti persegi panjang, jajar genjang, trapesium, dan layang-layang.


Ada beberapa jenis bangun yang masuk ke dalam bangun datar segi empat, ada persegi, persegi panjang, jajargenjang, trapesium, belah ketupat, dan juga layang-layang.

1. Trapesium
Suatu segiempat yang memiliki sepasang sisi yang sejajar disebut trapesium.

1 Segiempat manakah di halaman 60 yang memiliki sepasang garis sejajar?
Trapesium
Segiempat B, E. dan K
2. Ayo, cari trapesium di sekitar kita.
Kap Lampu
Penutup lampu, kotak pop corn, bagian bawah tiang lampu jalanan, atap rumah, dan tangga bertingkat
3. Ayo, gunakan sepasang garis sejajar untuk menggambar trapesium
Membuat Trapesium
Menggambar trapesium dimulai dengan menggambar garis sejajar.
2. Jajar genjang
Sebuah segi empat yang dua pasang sisi yang saling berhadapan sejajar satu sama lain disebut jajaran genjang. Pada jajargenjang, sisi-sisi yang berhadapan sama panjangnya dan sudut-sudut yang berhadapan sama besarnya.

Sifat dari jajaran Genjang
① Panjang dua pasang sisi yang berhadapan sama.
②Ukuran dari dua pasang sudut yang berhadapansama.
③ Dua garis diagonal berpotongan dititik tengahnya.
④ Merupakan bangun titik-simetris yang pusatsimetrisnya adalah perpotongan dari garis diagonal.

4. Segiempat manakah pada halaman 60 yang memiliki dua pasang garis sejajar?
jajar

Segiempat yang memiliki dua pasang garis sejajar adalah C, D, F, G, I, J, dan L. Segi empat dengan dua pasang sisi yang saling berhadapan, yang bentuknya berbeda seperti D dan I, adalah jajar genjang.

5. Ayo, cari jajargenjang di sekitar kita.
Besi pada jendela kaca dan Pola pada kertas kado
Latihan
Ayo, gunakan kertas berpetak untuk menggambar jajargenjang.
Membuat jajar
6. Ayo, gunakan sebuah penggaris segitiga untuk menggambar bermacam-macam bentuk jajargenjang di buku catatanmu
Membuat
7. Ayo, pelajari sifat-sifat jajargenjang.
Soal 7
Bagaimana:
① Panjang sisi-sisi yang berhadapan.
Sisi AD dan BC sama panjang, serta sisi AB dan DC juga sama panjang.
② Besarnya sudut-sudut yang berhadapan.
Sudut A dan C sama besar, serta sudut B dan D juga sama besr karena ukuran sudut yang berseberangan adalah sama.
Pada jajargenjang, sisi-sisi yang berhadapan sama panjangnya dan sudut-sudut yang berhadapan sama besarnya

③ Pada sebuah jajargenjang, berapa besar sudut-sudut yang bersebelahan jika dijumlahkan?
Sudut B dan C sejajar pada satu garis lurus, dan jumlah dari ukuran sudut yang berdekatan adalah 180°. 
8. Ayo, pikirkan cara menggambarjajargenjang seperti gambar di samping kanan. Jelaskan cara Kadek dan Yosef.
Kadek
"Kadek" menggambar dari sifat jajaran genjang yang panjang sisi berhadapannya sama, sedangkan ide "Yosef" berdasarkan sifat garis sejajar yang memiliki kesamaan sudut kesetaraan.
Cara Kristi menggambar jajargenjang.
Sisi-sisi yang berhadapan pada jajargenjang sejajar dan sama panjang
Menggunakan jangka untuk menentukan titik D.
① Menggunakan jangka, buatlah busur lingkaran dengan pusat A dan jari-jari BC.
② Menggunakan sebuah jangka , buatlah busur lingkaran dengan pusat C dan jari-jari AB.
③ Perpotongan kedua busur lingkaran dinamai titik D

3. Belah Ketupat
Segiempat dengan empat sisi yang sama panjang disebut belah ketupat.

Sifat Belah Ketupat
① Dua pasang sisi yang berlawanan sejajar satu sama lain.
② Ukuran dari dua pasang sudut yang menghadapsama.
③ Kedua diagonal berpotongan secara vertikal dititik tengahnya.
④ Merupakan gambar simetris garis dengan duagaris diagonal sebagai sumbu simetrisnya.
⑤ Merupakan gambar titik-simetris yang pusatsimetrisnya adalah perpotongan dari dua garis diagonal

9.  Ayo, bandingkan empat sisi pada segiempat C dan J pada halaman 60.
C dan J
Keempat sisinya sama panjang
10. Gambar di bawah ini menunjukkan dua busur lingkaran dengan titik pusat lingkaran di A dan C dan panjang jari-jari yang sama. Dua busur tersebut berpotongan di B dan D.
Belah
① Hubungkan titik-titik A→B→C→D→A untuk menggambar suatu segi empat.
② Periksalah panjang sisi dan sudutnya. Segiempat apakah ini? (Belah ketupat)

11.Periksalah sifat-sifat belah ketupat berikut pada gambar yang kamu buat di halaman sebelumnya.
Sudut
① Apakah sudut-sudut yang berhadapan sama besar?(sama besar)
② Apakah sisi-sisi yang berhadapan sejajar?(sejajar)

12. Ayo, pikirkan bagaimana cara menggambar belah ketupat.
Karena belah ketupat memiliki panjang yang sama di keempat sisinya, pastikan panjang ketiga sisinya adalah 4 cm. Setelah mengukur 70° dengan busur derajat, selanjutnya mengukur sudut berseberangan yaitu 108 - 70 = 110°.

Latihan
Ayo, cari bentuk-bentuk belah ketupat di sekotar kita
Bentuk wajik yang ada dalam kartu permainan, jaring untuk membungkus buah-buahan. dan kue beras ketan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar kelas 4B. Selasa, 26 November 2024

 Hari/Tanggal : Selasa, 19 November 2024 Kelas : IV B Muatan Pelajaran :  1. Matematika  2. Pendidikan Pancasila  3. Bahasa Indonesia  4. IP...