MATERI AJAR KELAS 3
Hari / Tanggal : Kamis, 21 April 2022
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 5
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan pembelajaran hari ini setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi makna simbol-simbol pramuka dengan benar, mengidentifikasi perbedaan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya dengan benar dan menjelaskan simbol-simbol sila Pancasila dengan benar.
Siti berlatih agar dapat menjahit dengan mandiri. Siti rajin berlatih menjahit. Siti berlatih menjahit tanda pengenal pramuka. Ibu Siti membimbing Siti menjahit.
Edo berlatih agar dapat membersihkan rumah dengan mandiri. Edo sedang membersihkan rumahbersama ayah. Edo memperhatikan cara ayah membersihkan kaca meja.
Lani berlatih agar dapat memasak secara mandiri. Lani sedang membantu Ibu memasak. Lani memperhatikan cara ibu memasak.
Udin berlatih agar dapat menabung di bank secara mandiri. Udin pergi ke bank bersama ayah. Udin memperhatikan cara ayah menabung di bank.
Semua anak berlatih mandiri. Semua anak berlatih mengerjakan segala sesuatu sendiri. Semua anak menjadi orang yang mandiri.
Siti dan Lani rajin berlatih. Siti dan Lani harus berlatih untuk mendapatkan tanda kecakapan khusus. Tanda kecakapan khusus dapat terlihat pada pakaian pramuka Siti dan Lani. Siti dan Lani juga memiliki banyak tanda kecakapan khusus. Siti dan Lani anggota pramuka yang mandiri. Perhatikan kembali gambar Siti dan Lani di atas!
Siti memiliki tanda jabatan berbentuk persegi panjang. Mari, mengenal sifat persegi panjang melalui kegiatan berikut ini!
Perhatikan gambar persegi panjang berikut ini!
Ikuti kegiatan berikut untuk mengetahui sifat dari bangun persegi panjang! Siapkan tali untuk mengukur panjang sisi persegi panjang!
Siapkan pula pojok siku-siku yang terbuat dari potongan kertas!
Ukur sisi AB menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi CD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi AD menggunakan tali, lalu potong.
Ukur sisi BC menggunakan tali, lalu potong.
Amati potongan tali!
Apa yang kalian temukan?...
Panjang sisi AB = CD dan AD = BC.
Lalu, ukur semua sudut persegi panjang menggunakan pojok siku-siku!
Apa yang kalian temukan?
Besar sudut A 90° sudut B 90° sudut C 90° sudut 90°.
Lakukan kegiatan yang sama untuk persegi
panjang 2 dan 3!
Jawaban pertanyaan akan membantumu membuat simpulan sifat persegi panjang.
Apakah persegi panjang merupakan bangun segi empat? Iya
Bagaimana ukuran panjang sisi-sisinya? Panjang ukuran sisi-sisi yang sejajar sama
Bagaimana ukuran besarnya sudutnya? Besar sudutnya 90°
Buatlah simpulan sifat persegi panjang dari kegiatan tersebut!
Kegiatan menentukan sifat persegi panjang dapat dilakukan secara berkelompok. Bekerja sama dengan teman satu kelompok sangat menyenangkan. Pekerjaan menjadi terasa lebih mudah. Pekerjaan juga dapat dikerjakan lebih cepat. Anggota pramuka dilatih memiliki keterampilan secara berkelompok. Contoh keterampilan secara berkelompok yaitu mendirikan tenda.
Saat mendirikan tenda perlu kerja sama. Anggota pramuka dilatih agar dapat bekerja sama. Anggota pramuka dilatih untuk saling menghargai. Bekerja sama dan saling menolong termasuk pengamalan sila ke tiga Pancasila. Bunyi sila ketiga adalah persatuan Indonesia. Lambang dari sila ketiga Pancasila adalah pohon beringin.
Sekelompok anggota pramuka sedang bermusyawarah. Mereka bermusyawarah, mendiskusikan penyelesaian suatu masalah. Mereka mencari cara untuk menghindari banjir di lingkungan sekolah. Mereka berdiskusi dengan baik. Semua anggota menyampaikan pendapat. Mereka setuju mengadakan kegiatan membersihkan selokan di lingkungan sekolah. Sikap mereka menunjukkan sikap pengamalan dari sila Pancasila.
Bermusyawarah merupakan pengamalan sila ke empat Pancasila. Bunyi sila keempat Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan.
Saat bermusyawarah, semua anggota diberi kesempatan memberikan pendapat. Semua anggota saling menghargai pendapat yang dikemukakan. Mereka mengamalkan sila kedua Pancasila. Bunyi sila kedua Pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab.
Semua peserta musyawarah melaksanakan hasil kesepakatan. Mereka bekerja sama membersihkan selokan sekolah. Bekerja sama merupakan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila. Bunyi sila ketiga Pancasila adalah persatuan Indonesia.
LATIHAN HARI INI
Kerjakan Modul Tematik (Cerdas) Halaman 97-98 Kalian bisa lihat Soal di buku modul tematik (cerdas) untuk jawabannya kalian kerjakan di link berikut ini yaa KLIK DISINI
Jangan lupa hasilnya kirimkan ke WA ibu guru yaa… Semangat!
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar