Rabu, 12 November 2025

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az-Zahra kamis 13 November 2025

 

Materi Ajar      : Kamis 13 November 2025

Hari/Tanggal  : Kamis 13 November 2025

Kelas                : IV Fatimah Az Zahra

 

A cartoon of a child and a child giving thumbs up

AI-generated content may be incorrect.


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah…

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah Dhuha.

1.Matematika

Capaian Pembelajaran : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. 

- Tujuan Pembelajaran : 

1. Mengenal pecahan dengan pembilang 1 sebagai bagian dari keseluruhan.

2. Menyebutkan dan menuliskan pecahan satuan dengan benar.

3. Menunjukkan pecahan satuan menggunakan gambar atau benda konkret.

4. Membandingkan pecahan satuan secara sederhana (mana yang lebih besar atau kecil).

A cartoon of a child with a pizza

AI-generated content may be incorrect.

Materi Inti

1. Pengertian Pecahan

Pecahan adalah bilangan yang menunjukkan bagian dari keseluruhan.

Contoh: jika sebuah kue dibagi menjadi 4 bagian sama besar, maka 1 bagian dari kue itu disebut seperempat (¼) dari keseluruhan kue.

2. Pecahan dengan Pembilang 1 (Pecahan Satuan)

Pecahan dengan pembilang 1 disebut pecahan satuan.

Ciri-cirinya:

Pembilang = 1

Menunjukkan satu bagian dari keseluruhan yang dibagi sama besar

Contoh:

Pecahan Cara Baca Arti

½ Seperdua Satu dari dua bagian sama besar

⅓ Sepertiga Satu dari tiga bagian sama besar

¼ Seperempat Satu dari empat bagian sama besar

⅕ Seperlima Satu dari lima bagian sama besar

3. Menunjukkan Pecahan dalam Gambar

Contoh:

Sebuah kue dibagi menjadi 4 bagian sama besar.

Jika diambil 1 bagian, berarti kita mengambil ¼ dari kue itu.

Diarsir 1 bagian → menunjukkan pecahan ¼.

4. Membandingkan Pecahan Satuan

Semakin banyak penyebutnya, semakin kecil nilainya.

Contoh:

½ lebih besar dari ⅓

⅓ lebih besar dari ¼

Karena: semakin banyak bagian yang dibagi, maka setiap bagian semakin kecil.

 Contoh Soal

1. Kue dibagi menjadi 3 bagian sama besar. Jika kamu makan 1 bagian, berapa pecahan kue yang kamu makan?

Jawaban: ⅓

2. Manakah yang lebih besar: ½ atau ¼?

Jawaban: ½ lebih besar dari ¼

3. Lingkari pecahan satuan berikut:

a. ½ b. ⅔ c. ¼ d. ¾

Jawaban: ½ dan ¼

2. Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran: 

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran (TP)

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik dapat:

1. Menjelaskan pengertian majas.

2. Mengidentifikasi berbagai jenis majas dalam kalimat atau teks sederhana.

3. Menyebutkan contoh kalimat yang menggunakan majas.

4. Menggunakan majas dalam membuat kalimat atau karangan pendek.

5. Menunjukkan sikap kreatif dan menghargai keindahan bahasa dalam karya sastra.

A white sign with black text

AI-generated content may be incorrect.

https://youtu.be/meajXnuDDzo?si=iHgQBSrKnFppxnJ4

https://youtu.be/meajXnuDDzo?si=iHgQBSrKnFppxnJ4

 Materi Pokok: 

1. Pengertian Majas

Majas adalah gaya bahasa yang digunakan untuk menyampaikan makna secara tidak langsung atau kiasan, agar kalimat menjadi lebih indah, menarik, dan hidup.

2. Jenis-Jenis Majas yang Dipelajari di Kelas 4

a. Majas Perbandingan

Mengungkapkan sesuatu dengan membandingkannya dengan hal lain.

Contoh:

Dia bagaikan bintang di langit.

Wajahnya seperti bulan purnama.

b. Majas Personifikasi

Memberi sifat manusia kepada benda mati.

Contoh:

Daun-daun menari tertiup angin.

Matahari tersenyum pagi ini.

c. Majas Hiperbola

Mengungkapkan sesuatu secara berlebihan untuk menimbulkan kesan kuat.

Contoh:

Suaranya menggelegar hingga mengguncang bumi.

Aku menunggumu seribu tahun lamanya.

d. Majas Metafora

Mengungkapkan perbandingan langsung tanpa kata pembanding.

Contoh:

Anak itu adalah bintang kelas.

Dia tangan kanan kepala sekolah.

3. Seni Rupa

A hand drawing a pattern on a paper

AI-generated content may be incorrect.

https://youtu.be/IgTHC5oONXQ?si=U9sUCJR6StyCyNbL

https://youtu.be/IgTHC5oONXQ?si=U9sUCJR6StyCyNbL

Membuat Ragam Hias Dekoratif Sederhana

Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat memahami konsep ragam hias dekoratif.

2. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis ragam hias dekoratif.

3. Siswa dapat membuat ragam hias dekoratif sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar.

Konsep Ragam Hias Dekoratif

Ragam hias dekoratif adalah suatu karya seni yang dibuat untuk memperindah atau menghiasi suatu objek atau ruangan. Ragam hias dekoratif dapat berupa gambar, pola, atau bentuk yang memiliki nilai estetika dan keindahan.

Jenis-Jenis Ragam Hias Dekoratif

1. Ragam hias flora (tumbuhan)

2. Ragam hias fauna (hewan)

3. Ragam hias geometris (bentuk-bentuk geometris)

4. Ragam hias abstrak (bentuk-bentuk tidak beraturan)

Bahan-Bahan yang Digunakan

- Kertas

- Pensil

- Spidol

- Krayon

- Glem

- Bahan-bahan alam (daun, bunga, dll)

Langkah-Langkah Membuat Ragam Hias Dekoratif Sederhana

1. Pilihlah tema atau objek yang ingin dibuat.

2. Buatlah sketsa atau gambar dasar.

3. Tambahkan detail dan hiasan.

4. Warnai dengan menggunakan spidol atau krayon.

5. Tambahkan glem atau hiasan lainnya.

Contoh Ragam Hias Dekoratif Sederhana

- Gambar bunga dengan pola geometris

- Gambar hewan dengan hiasan abstrak

- Gambar tumbuhan dengan hiasan flora

Penilaian

1.     Kreativitas dan originalitas

2.     Keterampilan menggambar dan mewarnai

3.     Keseluruhan hasil karya

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Kelas 4 Fatimah Az-Zahra kamis 13 November 2025

  Materi Ajar      : Kamis 13 November 2025 Hari/Tanggal  : Kamis 13 November 2025 Kelas                : IV Fatimah Az Zahra   A...