Hari/Tanggal : Kamis/27 Juli 2023
Mata Pelajaran : P5
Kelas : VI (Empat) B
Kegiatan Pembelajaran :
P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat mengenal istilah P5
Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5
Peserta didik dapat mengenal manfaat tumbuhan
Mengenal P5
Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profill pelajar Pancasila (pembelajaran kokurikuler), dan ekstrakurikuler.
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi utama meliputi:
- Beriman, bertakwa kepada Allah SWT, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Kreatif
- Bernalar kritis
Mengenal Bagian Tumbuhan
Daun
Daun adalah bagian tumbuhan yang tumbuh dari ranting. Biasanya, daun akan berwarna hijau karena mengandung klorofil, yaitu zat warna hijau tumbuhan. Daun terdiri dari tiga bagian, di antaranya pelepah, tangkai, dan helai daun.
Daun memiliki fungsi yang sangat penting bagi tumbuhan, loh, yaitu sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis. Nah, kamu tahu nggak, apa itu fotosintesis? Simpelnya, fotosintesis adalah proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan menggunakan bantuan sinar matahari.
Pada proses fotosintesis, terjadi pertukaran gas karbon dioksida (CO2) dan oksigen (O2) melalui stomata. Jadi, stomata ini ibarat hidung kita, ya. Nantinya, fotosintesis akan menghasilkan berbagai zat, seperti glukosa (gula), air, dan oksigen yang bermanfaat untuk kita.
Oh, iya, daun juga memiliki bentuk yang bermacam-macam. Ada yang menyirip, sejajar, melengkung, ataupun menjari.
- Contoh tumbuhan dengan daun menyirip: daun mangga, daun jambu, daun rambutan, dsb.
- Contoh tumbuhan dengan daun sejajar: rumput, padi, daun kelapa, daun jagung, daun tebu, dsb.
- Contoh tumbuhan dengan daun melengkung: daun sereh, daun genjer, daun gadung, dsb.
- Contoh tumbuhan dengan daun menjari: daun singkong, daun pepaya, daun jarak, daun kapas, dsb.
Persiapan
1. Guru sudah mengolah data tanaman yang memiliki kadar air yang sedikit
2. Guru menyiapkan video mengenai pemanfaatan tanaman
3. Guru menyiapkan buku gambar dan alat mewamai
Pelaksanaan :
1. Guru meminta beberapa perwakilan peserta didik untuk mempresentasikan hasil kerjanya mengenai tabel tanaman berdasarkan bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan
2. Peserta didik dapat saling bertukar pendapat mengenai perbedaan data.
3. Guru mengaitkan hasil data yang diperoleh peserta didik dengan isu terkait pemanfaatan tanaman yang tidak tepat.
4. Peserta didik dibagi menjadi ke dalam beberapa kelompok (setiap kelompok terdiri dari 3- 4 peserta didik) untuk melakukan diskusi terkait permasalahan yang sedang dibahas dan inenuliskan pada lembar diksusi.
5. Perwakilan kelompok dapat melakukan presentasi hasil diskusinya. Kcmudian peserta didik diajak untuk menyimpulkan hasil diskusinya.
Contoh Lembar diskusi kelompok
Informasi yang di dapatkan | |
Masalah yang terjadi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar