Minggu, 27 Agustus 2023

Materi Ajar Kelas 4B. Senin, 28 Agustus 2023

Materi Ajar Kelas 4 B 

Hari                          : Senin, 28 Agustus 2023

Kelas                        : VI (Empat) B

Mata Pelajaran       : PKN 

BAB   2                    : Konstitusi dan norma 

Pembelajaran 2       : Norma

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi anak sholeh dan sholehah apa kabarnya hari ini? semoga sehat selalu.

 Tujuan Pembelajaran :

1.      Peserta didik dapat mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya dengan tepat.

2.      Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya dengan benar.

3.      Peserta didik dapat mengidentifkasi hak dan kewajibannya sebagai peserta didik dengan tepat.

4.      Peserta didik dapat mengidentifkasi hak dan kewajibannya sebagai anggota keluarga dengan tepat.

5.      Peserta didik dapat merumuskan pendapat secara sistematis dan logis.

6.      Peserta didik dapat menunjukkan sikap dan perilaku positif apabila pendapatnya tidak diterima oleh orang lain.

7.      Peserta didik dapat menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya dengan tepat.

 

Capaian Pembelajaran:

1.      Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru.

2.      Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

3.      Peserta didik melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

 

Pertanyaan refleksi

😐

Apakah kalian sudah tahu hak dan kewajiban?

 

 

 

Apakah kalian bisa membedakan antara hak dan kewajiban?

 

 

 

Apakah kamu bisa menyebutkan kewajiban dan hakmu di kehidupan sehari-hari?

 

 

 

Apakah kamu menyukai kegiatan pembelajaran ketiga ini?

 

 

 

Bagian mana yang paling kamu sukai?
Apa yang tidak kamu sukai selama kegiatan pembelajaran hari ini?

 

Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia

BAB   2                    :  Dibawah atap

Tujuan Pembelajaran :

1.      Melalui kegiatan memasangkan kata, peserta didik dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar.

2.      Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak dengan tepat.

3.      Melalui latihan, peserta didik dapat mengenali perubahan bentuk awalan ‘me-’ dan menggunakannya sesuai ketentuan bahasa Indonesia dengan benar.

4.      Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik.

5.      Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.

6.      Melalui kegiatan menjawab pertanyaan, peserta didik dapat memahami isi bacaan, menemukan informasi, dan menarik kesimpulan dengan tepat.

7.      Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia.

8.      Melalui kegiatan presentasi, peserta didik mampu mencari informasi pendukung dari berbagai sumber dan mempresentasikannya dengan baik.

9.      Melalui kegiatan menulis pengalaman, peserta didik dapat menggunakan struktur deskripsi dengan baik.

 

Capaian Pembelajaran:

1.      Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

2.      Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

3.      Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.

4.      Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.

5.      Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.

6.      Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.

7.      Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.

8.      Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

9.      Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.

10.  Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.

11.  Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.

12.  Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.

13.  Peserta didik terampil menulis tegak bersambung.

 

Pengalaman Saya

Sudah Bisa

Masih Perlu Belajar

Menyimak dan memahami isi cerita yang dibacakan guru.

 

 

Memasangkan kata dengan artinya.

 

 

Memahami kata-kata yang bermakna ganda (homonim).

 

 

Memahami kapan huruf awal kata dasar luluh saat diberi awalan ‘me-’.

 

 

Berdiskusi dan membuat kesepakatan pembagian tugas bersama teman.

 

 

Menceritakan kembali isi cerita dengan kata-kata sendiri.

 

 

Memahami kata-kata terkait kelistrikan di rumah dan menggunakannya dalam kalimat.

 

 

Mempresentasikan hasil diskusi.

 

 

Memahami kalimat majemuk setara.

 

 

Menulis paragraf deskripsi.

 

 

Lengkapi pernyataan-pernyataan berikut ini di buku tulis kalian!

1.      Bagian yang paling saya sukai di Bab II ini adalah:

…………………………………………………………………………..

Karena

…………………………………………………………………………..

2.      Tugas rumah yang ingin saya kerjakan adalah:

…………………………………………………………………………..

Karena

…………………………………………………………………………..

 

Mata Pelajaran       : SBDP

BAB   2                    :  Gerak dan makna pada permainan tradisional 

Tujuan Pembelajaran :

1.      Peserta didik mampu memperagakan ciri khas gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk hidup di sekitar lingkungannya secara individu maupun kelompok

 

Capaian Pembelajaran :

1.      Elemen Mengalami (Experiencing)

Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.

2.      Menciptakan (Creating)

peserta didik mampu mengidentifikasi dan membuat gerak dengan unsur utama tari, level, perubahan arah hadap.

3.      Berpikir dan bekerja artistik (Thinking and working artistically)

peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

4.      Merefleksikan (Reflecting)

peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukan aktivitas pembelajaran tari

5.      Berdampak (Impacting)

peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.

 

No

Pertanyaan

1.       

Hewan-hewan apa saja yang ada di seekitarmu?

2.       

Apakah makanan pokok yang dikonsumsi kamu setiap hari?

3.       

Bagaimana gerak daun-daun tumbuhan tersebut bila diterpa angin?

4.

Peralatan apa saja yang kamu bawa disaat sekolah?

5.

Sebutkan macam-macam profesi yang ada di sekitar lingkunganmu?

6.

Sebutkan contog busana dan tata rias dari profesi yang kamu ketahui?

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar kelas 4B. Selasa, 26 November 2024

 Hari/Tanggal : Selasa, 19 November 2024 Kelas : IV B Muatan Pelajaran :  1. Matematika  2. Pendidikan Pancasila  3. Bahasa Indonesia  4. IP...