MATERI AJAR KELAS 3
Hari/ Tanggal : Kamis 12 Januari 2023
Tema 5 : Cuaca
Subtema 2 : Perubahan Cuaca
Pembelajaran : 5
Assalaamualaikum Wr. Wb
Selamat pagi anak sholeh
dan sholehah semoga kita semua dakam lindungan Allah SWT. Sebelum melakukan
kegiatan pembelajaran di kelas mari kita awali dengan mendengarkan tausiah,
berdoa, menyanyikan lagu wajib nasional, sholat dhuha dan murajaah Bersama.
Tujuan
pembelajaran hari ini: dengan membaca, siswa dapat menjelaskan
makna/istilah yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca secara lisan/tulisan
dengan benar. Serta dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan
berpenyebut sama dengan benar.
AYO MEMBACA
Beberapa hari ini cuaca berubah tak menentu. Terkadang hari ini cerah, esok
cuaca hujan. Bahkan cuaca dapat juga berubah-ubah dalam sehari. Sore ini, Lani
dan teman-teman sedang bermain di lapangan desa. Mereka menikmati sejuknya
udara dan hembusan angin. Sinar matahari bersinar dari celah-celah awan.
Lani dan teman-teman beristirahat sejenak dari permainan mereka. Mereka duduk-duduk
di pinggir lapangan. Lani lalu bercerita tentang berita tadi malam di radio.
Ternyata, pengaruh cuaca terhadap
kehidupan manusia itu sangat besar.
Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?
Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan
menyukai kondisi seperti ini.
Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian
yang kita jemur akan cepat kering.
Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca
hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal
agar tubuh tidak kedinginan.
Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat. Kita membutuhkan pakaian yang
dapat menyerapkeringat.
AYO MENGAMATI
Pecahan pada gambar di atas memiliki angka
pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya
berbeda. Makin besar angka penyebutnya, makin kecil pula bagian
pecahan tersebut.
Bagaimana jika angka penyebutnya sama namun angka pembilangnya yang
berbeda-beda? Manakah yang lebih besar?
Perhatikan gambar berikut ini.
Dapat disimpulkan bahwa untuk pecahan dengan penyebut yang sama: “Makin besar pembilangnya, makin besar nilai pecahan tersebut.”
TUGAS HARI INI
Tuliskan
tanda “>” (Lebih dari) atau “<” (Kurang
dari) pada latihan berikut:
1. 1/2 ------- 1/4
2. 1/4 ------- 1/8
3. 1/4 ------- 2/4
4. 2/2 ------- 1/2
5. 2/2-------- 1/2
Terimakasih anak sholeh
dan sholehah yang sudah mengerjakan tugas yang diberikan oleh ibu guru. Tetap
semangat belajar.sampai jumpa besok.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar